Logo BeritaSatu

Batal Selasaikan KTT G-20, Menlu Inggris Memilih Pulang

Jumat, 8 Juli 2022 | 08:34 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Bali, Beritasatu.com- Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss batal menghadiri pertemuan menteri luar negeri G-20 di Bali dan kembali pulang ke Inggris. Seperti dilaporkan RT, Kamis (7/7/2022), Tuss dilaporkan kembali ke London karena dampak dari pengunduran diri PM Boris Johnson menyebar.

Setelah Johnson mengumumkan keputusannya untuk mengundurkan diri sebagai pemimpin Tory dan perdana menteri, Truss mengatakan Johnson "membuat keputusan yang tepat" dan memuji rekornya di kantor.

“Kami membutuhkan ketenangan dan persatuan sekarang dan untuk tetap memerintah sementara pemimpin baru ditemukan,” tambahnya dalam satu cuitan Twitter.

Truss dianggap sebagai salah satu pesaing kuat untuk kepemimpinan partai. Johnson mengajukan pengunduran dirinya sebagai kepala Partai Konservatif setelah puluhan pejabat pemerintah menolak bekerja untuknya minggu ini.

Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss terpaksa pulang lebih awal dari pertemuan penting G-20 di Indonesia untuk menggalang dukungan bagi kampanyenya untuk menggantikan Boris Johnson sebagai perdana menteri baru Inggris. Situasi terjadi setelah Johnson memutuskan untuk mundur dari jabatannya pada Kamis, 7 Juli

Batal Selasaikan KTT G-20, Menlu Inggris Memilih Pulang
Menteri Luar Negeri Liz Truss (kiri) berbincang dengan Menlu Retno Marsudi ketika menghadiri KTT para menteri luar negeri G20 saat Boris Johnson mengundurkan diri, Kamis 7 Juli 2022.

The Guardian melaporkan beberapa diplomat menyatakan keterkejutannya atas keputusan Truss karena mereka percaya KTT G-20 akan menjadi kesempatan penting bagi barat untuk secara langsung menghadapi Rusia atas invasi yang tidak dapat dibenarkan ke Ukraina.

Kepergian Truss yang tergesa-gesa dari Bali juga menunjukkan bahwa dia sadar akan kebutuhan untuk mempengaruhi anggota parlemen Tory yang akan memilih dua kandidat terakhir untuk posisi kepemimpinan melalui nominasi mereka.

Menurut jajak pendapat awal YouGov dari anggota partai Konservatif, Truss bisa kalah dari Menteri Pertahanan Ben Wallace, dengan selisih dua banding satu. Namun, Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss dipandang sebagai salah satu pesaing utama untuk menjadi perdana menteri negara berikutnya.

Menurut laporan terpisah oleh penyiar Inggris, Johnson ingin mempertahankan pekerjaannya sebagai kepala pemerintahan Inggris hingga musim gugur.

Pemogokan para menteri dan anggota partai konservatif dipicu oleh pengakuan Downing Street bahwa perdana menteri tahu tentang tuduhan pelanggaran seksual terhadap anggota parlemen Chris Pincher ketika dia menunjuknya sebagai wakil ketua. Pincher mengundurkan diri dari posisinya minggu lalu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Didominasi XBB dan BQ.1

Kasus positif Covid-19 selama satu minggu ini mengalami penurunan meski di 12 provinsi justru terjadi peningkatan.

NEWS | 2 Desember 2022

Lebih 200 WNI Pemetik Buah di Inggris Terkatung-katung dan Terbelit Utang

Lebih dari 200 WNI yang bekerja memetik buah di Inggris hidup terkatung-katung dan terbelit utang hingga ratusan juta rupiah.

NEWS | 2 Desember 2022

Suara Bulat, Komisi I DPR Setujui Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Komisi I DPR menyetujui Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI dengan suara bulat, tanpa lewat voting.

NEWS | 2 Desember 2022

Pemberhentian dengan Hormat Jenderal Andika Perkasa Disetujui

Komisi I DPR menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Hasil Gelar Perkara Tambang Ilegal Tak Disampaikan, Ini Alasan Polri

Bareskrim Polri menyatakan tidak menyampaikan hasil gelar perkara kasus tambang ilegal untuk kepentingan investigasi selanjutnya.

NEWS | 2 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Gempa Susulan di Cianjur Terjadi 373 Kali

Gempa susulan di Cianjur, Jawa Barat hingga saat ini sudah terjadi sebanyak 373 kali hingga hari ini, Jumat (2/12/2022) sore.

NEWS | 2 Desember 2022

Telkom Raih Penghargaan Indonesia's SDGs Action Awards 2022

Penghargaan ini diserahkan Menteri Bappenas Suharso Monoarfa dan diterima langsung oleh Direktur Human Capital Management (HCM) Telkom, Afriwandi.

NEWS | 2 Desember 2022

Zulhas: PAN Pertimbangkan Aspirasi Dukung Ganjar untuk 2024

Zulhas menampung aspirasi dari DPW PAN Jawa Tengah (Jateng) untuk mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PAN di Pemilu Presiden 2024.

NEWS | 2 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur 29.989 Unit

Bupati Cianjur Herman Suherman mengungkapkan, total rumah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat hingga hari ini, Jumat (2/12/2022) mencapai 29.989 unit.

NEWS | 2 Desember 2022

Pemilu 2024, Yudo Margono Pastikan TNI Bakal Netral

Laksamana Yudo Margono memastikan bahwa TNI akan tetap netral pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lebih 200 WNI Pemetik Buah di Inggris Terkatung-katung dan Terbelit Utang

Lebih 200 WNI Pemetik Buah di Inggris Terkatung-katung dan Terbelit Utang

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE