Logo BeritaSatu

Sejak Zelensky Berkuasa, Idulfitri dan Iduladha Jadi Libur Nasional di Ukraina

Sabtu, 9 Juli 2022 | 16:58 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Kyiv, Beritasatu.com - Sejak Presiden Volodymyr Zelensky terpilih, hari raya Idulfitri dan Iduladha dijadikan hari libur nasional di Ukraina. Sempat seolah menjadi anak tiri di negeri sendiri, sejak tahun 2020, seiring terpilihnya Volodymyr Zelenskyy sebagai presiden Ukraina, dua hari raya terbesar dalam kalender Islam, Iduladha dan Idulfitri, diakui dan dijadikan hari libur nasional.

Idulfitri atau Ramadan atau Oraza Bayram, serta Iduladha atau Qurban Bayram dalam istilah Muslim Ukraina, menjadi hari libur nasional mulai 18 Mei 2020. Hari libur nasional tersebut diumumkan secara resmi Presiden Zelensky pada Hari Peringatan untuk Korban Genosida Tatar Krimea.

Pada pertemuan yang diadakan dengan perwakilan orang Tatar Krimea tersebut, Presiden Zelensky menyatakan, dirinya ingin membangun negara di mana setiap orang merasa nyaman menjadi warga negara Ukraina.

“Saya ingin semua orang merasa nyaman, laiknya kebanggaan sebagai warga negara penuh, dengan tidak melupakan sejarah dan tradisi rakyat mereka sendiri. Kami ingin mendukung Anda tidak hanya dalam kata-kata tetapi dalam perbuatan di tingkat legislatif,”kata Zelensky, pada peresmian hari libur nasional guna memperingati dua hari suci umat Islam sedunia tersebut.

Islam adalah agama terbesar kedua di Ukraina setelah Kristen, mengingat penduduk asli semenanjung Krimea Ukraina sebagian besar adalah Muslim.

Pada 2020, atau hanya setahun setelah memegang kursi eksekutif puncak di Ukraina, Zelensky juga memprakarsai pembentukan kelompok kerja di Kantor Presiden untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh orang Tatar Krimea. Menurut presiden, kelompok itu akan fokus pada masalah hukum dan ekonomi, termasuk masalah-masalah yang menjadi agenda persoalan warga Tatar Krimea.

Baca selanjutnya
Pemimpin Komunitas Muslim Tatar Krimea, Mustafa Dzhemilev, kala itu mengucapkan terima ...


hal 1 dari 3 halaman

Halaman: 123selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Kyiv Post

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemilu 2024, Ini Cara Cek Nama di DPT secara Online

KPU meminta masyarakat melindungi hak pilihnya di Pemilu 2024 dengan memastikan namanya tertera di daftar pemilih tetap (DPT). Ini cara cek DPT secara online.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

KPU meminta partai politik (parpol) untuk membuka diri kepada masyarakat, khususnya calon pemilih menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 3 Desember 2022

Hasyim Asy'ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menyatakan seluruh personel KPU sehat dan siap menggelar Pemilu 2024. Hal ini ditandai acara gerak jalan sehat yang digelar pihaknya.

NEWS | 3 Desember 2022

Konsolidasi Nasional Jelang Pemilu 2024, KPU Gelar Jalan Sehat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara jalan sehat sebagai upaya konsolidasi nasional jelang Pemilu 2024. 

NEWS | 3 Desember 2022

Warga dan Petugas Damkar Lebak Tangkap Ular Piton Panjang 3 Meter

Warga dan petugas pemadam kebakaran (damkar) Lebak, menangkap ular piton sepanjang 3 meter, Sabtu (3/12/2022) dini hari.

NEWS | 3 Desember 2022

Jokowi Hadiri Acara Puncak HUT Ke-77 PGRI dan HGN 2022

Acara puncak peringatan HUT ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 dihadiri Presiden Jokowi.

NEWS | 3 Desember 2022

Pernyataan Benny Rhamdani soal Siap Perang Dinilai Harus Dilihat Utuh

Efriza menilai pihak-pihak mempersoalkan diksi siap perang dan menyerang Benny Rhamdani saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlalu berlebihan.

NEWS | 3 Desember 2022

8 Pemprov Desak RUU Daerah Kepulauan Disahkan pada 2023

Delapan pemerintah provinsi (pemprov) mendesak agar Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Kepulauan yang sudah masuk Prolegnas agar disahkan pada 2023.

NEWS | 3 Desember 2022

DPR Optimistis Yudo Margono Mampu Pimpin TNI secara Profesional

Anggota Komisi I DPR Christina Aryani menyampaikan selamat kepada Laksamana TNI Yudo Margono yang sudah mendapat persetujuan sebagai Panglima TNI.

NEWS | 3 Desember 2022

Soal Calon Kasal, Laksamana Yudo Margono: Rahasia

Calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono belum dapat mengungkapkan calon Kepala Staf Angkata Laut (Kasal) yang akan menggantikannya. 

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kripto November Hancur-hancuran, Intip Proyeksi Desember

Kripto November Hancur-hancuran, Intip Proyeksi Desember

EKONOMI | 24 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE