Logo BeritaSatu

Indonesia Jadi Pasar Potensial untuk Dunia Digital

Minggu, 10 Juli 2022 | 11:38 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Dengan jumlah penduduk lebih dari 270 juta jiwa, Indonesia menjadi pasar potensial untuk dunia digital.

Berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia per 2022, mencapai 210 juta pengguna. Atau naik 35 juta pengguna dari sebelum pandemi Covid-19. Data We Are Social menunjukkan per Januari 2022, pengguna aktif media sosial (medsos) di Indonesia mencapai 191 juta orang.

Berangkat dari fakta itu, maka Business Director Matamaya, Anton Kurnianto mengatakan meningkatkan digital exposure melalui digital marketing adalah jalan yang harus diambil oleh brand. Melalui digital marketing, merek dapat menjangkau target pasar yang lebih luas karena tak terbatas oleh letak geografis dan juga bisa membidik konsumen yang spesifik sebagai target promosi.

"Untuk memastikan bahwa aktivitas digital yang brand lakukan sudah benar dan relevan dengan target pasarnya, maka brand membutuhkan sebuah parameter yang dapat mengukur performa upaya-upaya yang sudah mereka lakukan di media sosial," kata dia dalam keterangannya pada Minggu (10/7/2022).

Namun sebagai hal yang relatif baru, umumnya para marketer tidak memiliki atau minim pengalaman di bidang digital marketing untuk bisa melakukan evaluasi tersebut.

"Tingginya kebutuhan akan sebuah tools yang bisa digunakan untuk melihat dan menilai performa aktivitas digital di media sosial, yang mendorong kami untuk mengembangkan tools Matamaya," tambah Head Developer Sahri Ramadhan.

Dikatakan, tools tersebut merupakan media sosial monitoring performance dan listening tools yang bisa digunakan untuk melihat performa sebuah brand di semua aset media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok, Twitter, dan YouTube.

Matamaya juga menyediakan unduhan berupa data olahan yang berformat pptx untuk mempermudah marketer dalam mempresentasikan data, ataupun format xlsx sebagai sumber data untuk membuat grafik sesuai kebutuhan.

"Singkat kata, Matamaya merupakan tools yang memudahkan marketer memperoleh data segala brand dari semua aset media sosial secara cepat dan akurat,” imbuh Anton.

Marketing Manager Palmia dan Happy Soya Oil, Surya Dharmanto turut bicara soal pengalaman sebagai pengguna tools Matamaya.

“Dalam memaksimalkan digital campaign sebagai strategi bisnis, kami perlu menganalisis result dari aktivitas digital kami sekaligus melakukan perbandingan dengan aktivitas digital yang dijalankan kompetitor,” tuturnya.

Namun kendalanya adalah banyaknya platform medsos yang digunakan konsumen, mengharuskan untuk menggali data dari banyak platform yang berbeda-beda. Hal tersebut membuat proses analisis data menjadi lama dan repot.

"Di sini Matamaya hadir sebagai solusi bagi para marketer untuk bisa memantau aktivitas digital dari campaign mereka ataupun kompetitor dengan mudah, efektif, dan efisien,” imbuhnya.

Pada dasarnya, Matamaya merupakan jawaban atas minimnya tools buatan lokal yang memiliki technical support dan kemampuan kustomisasi report yang sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia.

Ada delapan fitur analytics Matamaya berfungsi memantau dan menganalisis insight mulai dari percakapan digital, performa aktivitas digital dan performa influencer dari lima media sosial yang aktif digunakan konsumen.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kapolri Pastikan Putri Candrawathi Bisa Bertemu Anak

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa Putri Candrawathi tetap bisa bertemu dengan anaknya kendati menjalani penahanan.

NEWS | 30 September 2022

Kasus KDRT Rizky Billar ke Lesti, Polisi: Bukan Settingan

Kepolisian menegaskan bahwa dugaan tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan oleh Rizky Billar terhadap Lesti Kejora dipastikan bukan rekayasa.

NEWS | 30 September 2022

Sandiaga Optimistis Restorasi Desa Wisata Hanjeli Bangkitkan Ekonomi Sukabumi

Menparekraf Sandiaga Uno optimis restorasi desa wisata Hanjeli mampu membangkitkan ekonomi Sukabumi, Jawa Barat.

NEWS | 30 September 2022

Anggota DPR Intan Fauzi Meriahkan Visionary Leader IMGS 2022

Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PAN Intan Fauzi, bersama puluhan tokoh muda akan memeriahkan perhelatan Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022.

NEWS | 30 September 2022

Kasus Brigadir J, Kapolri: Pelimpahan Tahap 2 Senin Pekan Depan

Kapolri mengungkapkan, pelimpahan tahap kedua tersangka dan barang bukti kasus tewasnya Brigadir J dilakukan Senin atau Rabu.

NEWS | 30 September 2022

Etana Mampu Sediakan Vaksin dalam 2 Bulan sejak Pandemi Terjadi

PT Etana Biotechnologies Indonesia (PT Etana) menyanggupi proses uji klinik vaksin berplatform mRNA dalam dua bulan saat terjadi pandemi di masa depan.

NEWS | 30 September 2022

Putri Candrawathi Ditahan, Kapolri: Tak Ada Perlakuan Khusus

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa tidak ada perlakuan khusus bagi Putri Candrawathi yang mulai ditahan terkait pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 30 September 2022

Istana Matangkan Persiapan Upacara HUT Ke-77 TNI

Upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan digelar di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, (5/10/2022).

NEWS | 30 September 2022

ART dan Karyawan Melihat KDRT Rizky Billar ke Lesti Kejora

Dari pemeriksaan yang dilakukan polisi, ART dan karyawan mengaku melihat KDRT yang dilakukan Rizky Billar terhadap Lesti Kejora. 

NEWS | 30 September 2022

Konflik Berakhir, Kevin Sanjaya Kembali ke Pelukan Herry IP

Kevin Sanjaya kembali ke pelukan pelatihnya, Herry IP. Permasalahan mereka yang sempat mencuat ke publik berakhir bahagia.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kesembuhan Terendah Covid-19 di 10 Provinsi pada 30 September

Kesembuhan Terendah Covid-19 di 10 Provinsi pada 30 September

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings