Logo BeritaSatu

Peran Penting Media Ciptakan Perdamaian di Tengah Konflik

Senin, 11 Juli 2022 | 11:46 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Peran media sangat penting terhadap terciptanya perdamaian di tengah-tengah konflik yang tengah terjadi. Hal itu diungkapkan oleh Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Theofransus Litaay. Theofransus menyampaikan bahwa peran media sangat penting terhadap terciptanya perdamaian sehingga diperlukan adanya langkah-langkah untuk mempelajari situasi saat ini dan memikirkan kemungkinan cara untuk merealisasikan perdamaian bagi semua masyarakat di dunia, khususnya di Indonesia.

Hal itu ia sampaikan dalam webinar yang diselenggarakan International Women's Peace Group (IWPG) dengan mengangkat tema “Perdamaian Tercipta Melalui Peran Media, Komunikasi dan Hukum” pada Selasa (5/7/2022) lalu.

“Untuk dapat menciptakan perdamaian dalam konteks konflik yang sudah terjadi, perlu dilakukan identifikasi faktor-faktor konflik melalui studi mendalam melalui penelitian/riset yang mendalam untuk dapat dengan cepat mengantisipasi eskalasi faktor-faktor konflik yang ada," ujarnya.

Theofransus yang merupakan pendiri Pusat Studi Perdamaian/Indonesia dari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga itu menambahkan bahwa penafsiran konflik yang benar juga diperlukan agar komunikasi tetap terjaga dan pada akhirnya konflik dapat ditekan bahkan dapat dihilangkan.

“Saya berharap akan ada penguatan peraturan hukum, penguatan budaya hukum serta penguatan dari sisi sosiologi hukum dan undang-undang terkait. Demikian juga media yang profesional, kredibel, dan bertanggung jawab," tandasnya.

Senada dengan Theofransus, Direktur dan Pemimpin Redaksi Lima detik Media, Achmad Wahyudi menyampaikan dalam pemaparannya bahwa media memiliki peran yang tinggi terhadap terciptanya perdamaian dan menghentikan perang.

“Peran penting media adalah mendorong seluruh elemen bangsa untuk segera mengambil tindakan pemberhentian, perpecahan, peperangan dan sebagainya dengan rasa keadilan dan perdamaian itu sangat penting," katanya.

Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) ini juga mengajak rekan-rekan media untuk ambil bagian bersama dengan IWPG untuk menyuarakan perdamaian dan ikut andil menciptakan perdamaian.

"Apresiasi setinggi-tingginya kepada IWPG yang bergerak menyuarakan dengan lantang ke organisasi dunia seperti PBB agar beberapa kejadian atau peperangan segera diberhentikan, itu juga menjadi tanggung jawab pelaku media," pungkasnya.

Diketahui, acara tersebut dihadiri oleh wartawan dan redaktur dari berbagai media cetak dan online, pemimpin dan aktivis dari berbagai organisasi LSM, beserta para anggota IWPG.

IWPG sendiri adalah sebuah organisasi perdamaian internasional yang memiliki status konsultatif spesial di Dewan Ekonomi dan Sosial PBB (UN ECOSOC). Ada lebih dari 100 cabang yang tersebar di 130 negara dengan kantor pusat di Seoul, Korea Selatan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bantah Desmond, Komnas HAM Tegaskan Timsel Telah Bekerja Sesuai Aturan

Komisioner Komnas HAM Amiruddin membantah tuduhan anggota DPR Desmond J Mahesa yang menyebut Timsel calon komisioner Komnas HAM melanggar tata tertib.

NEWS | 30 September 2022

Stok Vaksin Meningitis Jemaah Haji dan Umrah Diperbanyak

Kemenkes mengupayakan normalisasi stok vaksin Meningitis Meningokokus (MM) bagi pelaku perjalanan termasuk calon jemaah haji dan umrah.

NEWS | 30 September 2022

Indonesia Akan Sesuaikan Syarat Haji dan Umrah dengan Saudi

Kemenkes dan Kementerian Agama (Kemenag) bakal menyesuaikan aturan syarat haji dan umrah dari Pemerintah Arab Saudi.

NEWS | 30 September 2022

Nasdem Minta Anies Lanjutkan Program Jokowi jika Ingin Diusung

Partai Nasdem mensyaratkan Anies Baswedan melanjutkan program Jokowi jika ingin diusung Partai Nasdem sebagai capres di Pilpres 2024.

NEWS | 30 September 2022

Sekjen PBB Tolak Akui Pencaplokan Wilayah Ukraina oleh Rusia

Dia juga menolak hasil referendum di empat wilayah tersebut, yang oleh Rusia diklaim bahwa 97-99% warga di sana ingin bergabung dengan Rusia.

NEWS | 30 September 2022

Firli Bahuri: Bahaya Laten Korupsi Wajib Diperangi hingga Akarnya

Terkait peringatan G30S/PKI, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, seperti halnya komunisme, bahaya laten korupsi harus diperangi dan diganyang hingga ke akarnya.

NEWS | 30 September 2022

Mulai Jalani Penahanan, Putri Candrawathi: Saya Ikhlas

Putri Candrawathi menyatakan bahwa dirinya ikhlas harus menjalani penahanan terkait kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 30 September 2022

Jalani Penahanan, Ini Pesan Putri Candrawathi ke Anak

Sebelum ditahan, Putri Candrawathi menyempatkan diri menyampaikan pesan kepada anak-anaknya.

NEWS | 30 September 2022

Penyaluran BLT BBM di Kepri Dekati Angka 100 Persen

Pos Indonesia tengah berupaya menyelesaikan proses penyaluran BLT BBM di Provinsi Kepulauan Riau yang saat ini hampir menyentuh angka 100%.

NEWS | 30 September 2022

Menipis, Stok Vaksin Covid-19 Tersisa Sekitar 5 Juta Dosis

Kemenkes menyebutkan bahwa hingga saat ini stok vaksin Covid-19 yang ada di Indonesia menipis dan hanya sisa sekitar 5 juta dosis.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menperin: Indonesia Jangan Hanya Jadi Konsumen Produk Halal

Menperin: Indonesia Jangan Hanya Jadi Konsumen Produk Halal

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings