Logo BeritaSatu

Cacar Monyet di AS Hampir 800 Kasus, Pakar Lontarkan Kritik

Senin, 11 Juli 2022 | 16:25 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Cacar monyet di Amerika Serikat (AS) hampir mencapai 800 kasus. Seperti dilaporkan Xinhua, Minggu (10/7/2022), para pakar pun mengkritik kelemahan dalam sistem kesehatan masyarakat untuk mengatasi wabah yang merebak cepat. AS telah melaporkan 767 kasus cacar monyet yang dikonfirmasi di 39 negara bagian pada Jumat (8/7).

“Kami mengalami masalah dengan manajemen rantai pasokan dan logistik ketika menyangkut vaksin dan pengujian,” kata Amira Albert Roess, profesor kesehatan global dan epidemiologi di Universitas George Mason.

New York memiliki jumlah kasus cacar monyet tertinggi di negara itu dengan 153 kasus, diikuti oleh California pada 136 dan Illinois pada 91, menurut data terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS (HHS) mengumumkan pada Kamis bahwa mereka akan mendistribusikan 144.000 dosis vaksin Jynneos dua suntikan, yang disetujui untuk cacar monyet dan cacar, ke kota-kota dan negara bagian mulai Senin untuk mengatasi wabah tersebut.

Dosis ini berada di atas 56.000 dosis yang disediakan departemen minggu lalu, di mana 41.000 dosis telah dikirimkan.

Awal pekan ini, CDC juga mengumumkan bahwa perusahaan kesehatan AS Labcorp telah mulai menguji cacar monyet di lab utamanya di North Carolina, yang dapat menerima sampel dari seluruh negeri.

Menurut CDC, Labcorp berharap dapat melakukan hingga 10.000 tes seminggu, yang akan menggandakan kapasitas pengujian negara itu.

Menurut HHS, empat laboratorium komersial lainnya juga diperkirakan akan memulai pengujian dalam beberapa minggu mendatang.

“Para ahli khawatir bahwa kelemahan lama dalam sistem kesehatan masyarakat AS memberi virus kesempatan untuk mengakar,” bunyi satu laporan dari The New York Times.

Tanggapan di Amerika Serikat lamban dan malu-malu, mengingatkan pada hari-hari awal pandemi Covid-19, menimbulkan pertanyaan yang meresahkan tentang kesiapan negara untuk ancaman pandemi, The New York Times mengutip pernyataan para ahli.

Kasus cacar monyet pertama di AS dilaporkan pada bulan Mei, tetapi tes tidak akan tersedia sampai sekitar bulan ini.

Vaksin akan kekurangan pasokan selama berbulan-bulan lebih lama. Pengawasan tidak merata, dan jumlah kasus resmi kemungkinan terlalu rendah, menurut laporan itu.

Bahkan ketika Covid-19 memasuki tahun ketiga, sistem kesehatan masyarakat AS tetap menjadi tambal sulam yang lumpuh, birokrasi yang kekurangan dana tampaknya tidak mampu melakukan tindakan cepat dan kuat, kata laporan itu.

“Kekurangannya telah bertahan selama beberapa dekade, melalui banyak pemerintahan. Kami memiliki peluang yang sangat bagus untuk memadamkan wabah ini jika kami menerapkan pengetahuan dan sumber daya yang kami miliki dengan tepat,” kata Amira Albert Roess, profesor kesehatan global dan epidemiologi di Universitas George Mason.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BMKG: Jakarta Berpeluang Diguyur Hujan hingga Selasa Malam

BMKG memperingatkan hujan deras disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi hingga Selasa (4/10/2022) malam.

NEWS | 4 Oktober 2022

Polda: Lesti Kejora Terbaring Lemah dengan Leher Digips

Lesti Kejora terbaring lemah dengan leher digips. Kondisi itu terlihat dari foto yang tersebar di media sosial. Foto itu saat Lesti dirawat di rumah sakit.

NEWS | 4 Oktober 2022

Jokowi Minta TGIPF Selesaikan Tragedi Kanjuruhan Kurang dari Sebulan

TGIPF tragedi Kanjuruhan diminta untuk menyelesaikan investigasi peristiwa yang memakan ratusan korban jiwa dalam waktu kurang satu bulan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Anggota DPR Hillary Lasut Laporkan Komika Mamat Alkatiri

Polda Metro Jaya telah menerima laporan yang dibuat anggota DPR Fraksi Nasdem, Hillary Brigitta Lasut, Hillary Lasut melaporkan komika Mamat Alkatiri.

NEWS | 4 Oktober 2022

Prakiraan Cuaca, Ada 25 Titik Genangan di DKI Jakarta

Prakiraan cuaca di Ibu Kota DKI Jakarta pada hari ini bakal turun hujan di lima wilayah kota madya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Dibanting Rizky Billar, Leher Lesti Kejora Alami Pergeseran

Lesti kejora mengalami pergeseran pada lehernya akibat ulah Rizky Billar yang mencekik dan membantingnya. Lesti pun memakai gips di lehernya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Army Indonesia Galang Dana untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Dana yang telah dikumpulkan Army Indonesia untuk korban tragedi Kanjuruhan telah mencapai lebih dari Rp 400 juta.

NEWS | 4 Oktober 2022

Redam Inflasi, Pemda Diminta Pakai Anggaran Tak Terduga

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta pemerintah daerah (pemda) fokus menganggarkan penanganan dan pengendalian inflasi di daerah.

NEWS | 4 Oktober 2022

Catat, Mulai Hari Ini Transjakarta Berlakukan Tap In dan Tap Out

Transjakarta mulai memberlakukan kebijakan satu kartu untuk satu penumpang atau one passenger-one card, sehingga penumpang wajib melakukan tap in dan tap out.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Duga Lukas Enembe Naik Pesawat Pribadi dengan Layanan First Class

KPK mendalami dugaan Gubernur Papua Lukas Enembe menggunakan private jet atau pesawat pribadi dengan layanan first class.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BMKG: Jakarta Berpeluang Diguyur Hujan hingga Selasa Malam

BMKG: Jakarta Berpeluang Diguyur Hujan hingga Selasa Malam

NEWS | 24 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings