Logo BeritaSatu

Edaran Mendagri, Ini 3 Tugas Gubernur soal Vaksinasi Booster

Selasa, 12 Juli 2022 | 16:15 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 440/3917/SJ tanggal 11 Juli 2022 tentang Percepatan Vaksinasi Dosis Lanjutan (booster) bagi Masyarakat. Dalam SE ini tertuang tugas kepala daerah untuk mempercepat vaksinasi booster.

Secara khusus dalam SE tersebut, Tito memberikan tiga tugas kepada gubernur di seluruh Indonesia. Pertama, melakukan pembinaan dan pengawasan secara ketat terhadap percepatan pelaksanaan vaksinasi dosis lanjutan di wilayahnya. Kedua, melakukan monitoring dan evaluasi secara intensif terhadap percepatan pelaksanaan vaksinasi booster di seluruh kabupaten/kota pada wilayahnya.

Ketiga, melakukan sosialisasi secara masif dengan mengoptimalkan semua media baik media cetak, media radio, dan televisi serta media online/digital mengenai pentingnya vaksinasi dosis lanjutan (booster) bagi semua lapisan masyarakat,” kata Tito dalam SE tersebut yang dikutip Beritasatu.com, Selasa (12/7/2022).

Sementara itu, untuk para bupati/wali kota, Tito memberikan tujuh tugas yang merupakan langkah-langkah untuk percepatan vaksinasi booster.

Pertama, mewajibkan vaksinasi dosis lanjutan (booster) sebagai persyaratan untuk memasuki fasilitas publik/fasilitas umum antara lain perkantoran, pabrik, taman umum, tempat wisata, lokasi seni, budaya, restoran/rumah makan, kafe, pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan, dan area publik lainnya.

“Hal ini dikecualikan bagi masyarakat yang tidak bisa divaksinasi karena alasan kondisi kesehatan khusus dengan mensyaratkan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit/fasilitas kesehatan pemerintah dan anak usia di bawah 18 tahun,” ujar Tito dalam SE tersebut.

Kedua, melaksanakan percepatan vaksinasi dosis lanjutan (booster) sampai dengan tingkat pemerintahan berbasis kecamatan, kelurahan, desa, Rukun Warga (RW), Rukun Tetangga (RT).

Pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan dengan melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tim penggerak pembinaan kesejahteraan keluarga (PKK), organisasi masyarakat, organisasi pemuda, organisasi profesi, perguruan tinggi ilmu kesehatan yang memobilisasi dokter muda, perawat, dan sumber daya manusia lainnya.

Ketiga, menggencarkan pelaksanaan vaksinasi dosis lanjutan secara terpusat di tempat-tempat umum antara lain seperti kantor, pabrik, tempat ibadah, pasar, dan terminal;

Keempat, melakukan kampanye dan sosialisasi secara masif dengan mengoptimalkan semua media baik media cetak maupun media radio dan televisi serta media online/digital;

Kelima, melakukan sosialisasi penggunaan dan melakukan pengawasan rutin terhadap implementasi penggunaan aplikasi PeduliLindungi secara masif sebagai syarat untuk memasuki/menggunakan fasilitas publik. Dengan penekanan bahwa hanya pengunjung dengan kategori hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang diperkenankan masuk kecuali tidak dapat divaksin dengan alasan kesehatan.

Keenam, mengintensifkan segenap upaya dan sumber daya dalam rangka percepatan vaksinasi dosis lanjutan.

Ketujuh, melaporkan pelaksanaan surat edaran ini kepada Mendagri melalui Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Dirjen Bina Adwil).

Sementara itu, Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal mengatakan upaya untuk memperluas cakupan vaksinasi booster ini tentunya membutuhkan kolaborasi intensif di lapangan, baik dalam ruang lingkup forkopimda tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, termasuk penguatan kembali kerja sama pentahelix dengan melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat maupun media.

“Melalui terbitnya SE ini diharapkan dapat mengakselerasi peningkatan capaian vaksinasi dosis lanjutan secara konkret di lapangan,” terang Safrizal.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bantah Desmond, Komnas HAM Tegaskan Timsel Telah Bekerja Sesuai Aturan

Komisioner Komnas HAM Amiruddin membantah tuduhan anggota DPR Desmond J Mahesa yang menyebut Timsel calon komisioner Komnas HAM melanggar tata tertib.

NEWS | 30 September 2022

Stok Vaksin Meningitis Jemaah Haji dan Umrah Diperbanyak

Kemenkes mengupayakan normalisasi stok vaksin Meningitis Meningokokus (MM) bagi pelaku perjalanan termasuk calon jemaah haji dan umrah.

NEWS | 30 September 2022

Indonesia Akan Sesuaikan Syarat Haji dan Umrah dengan Saudi

Kemenkes dan Kementerian Agama (Kemenag) bakal menyesuaikan aturan syarat haji dan umrah dari Pemerintah Arab Saudi.

NEWS | 30 September 2022

Nasdem Minta Anies Lanjutkan Program Jokowi jika Ingin Diusung

Partai Nasdem mensyaratkan Anies Baswedan melanjutkan program Jokowi jika ingin diusung Partai Nasdem sebagai capres di Pilpres 2024.

NEWS | 30 September 2022

Sekjen PBB Tolak Akui Pencaplokan Wilayah Ukraina oleh Rusia

Dia juga menolak hasil referendum di empat wilayah tersebut, yang oleh Rusia diklaim bahwa 97-99% warga di sana ingin bergabung dengan Rusia.

NEWS | 30 September 2022

Firli Bahuri: Bahaya Laten Korupsi Wajib Diperangi hingga Akarnya

Terkait peringatan G30S/PKI, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, seperti halnya komunisme, bahaya laten korupsi harus diperangi dan diganyang hingga ke akarnya.

NEWS | 30 September 2022

Mulai Jalani Penahanan, Putri Candrawathi: Saya Ikhlas

Putri Candrawathi menyatakan bahwa dirinya ikhlas harus menjalani penahanan terkait kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 30 September 2022

Jalani Penahanan, Ini Pesan Putri Candrawathi ke Anak

Sebelum ditahan, Putri Candrawathi menyempatkan diri menyampaikan pesan kepada anak-anaknya.

NEWS | 30 September 2022

Penyaluran BLT BBM di Kepri Dekati Angka 100 Persen

Pos Indonesia tengah berupaya menyelesaikan proses penyaluran BLT BBM di Provinsi Kepulauan Riau yang saat ini hampir menyentuh angka 100%.

NEWS | 30 September 2022

Menipis, Stok Vaksin Covid-19 Tersisa Sekitar 5 Juta Dosis

Kemenkes menyebutkan bahwa hingga saat ini stok vaksin Covid-19 yang ada di Indonesia menipis dan hanya sisa sekitar 5 juta dosis.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kepemilikan Asing di SBN Turun, Ternyata Ada Untungnya

Kepemilikan Asing di SBN Turun, Ternyata Ada Untungnya

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings