Logo BeritaSatu

Uni Eropa Dukung Vaksin Booster Kedua Covid-19 untuk Lansia

Selasa, 12 Juli 2022 | 18:38 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Brussels, Beritasatu.com- Badan kesehatan Uni Eropa (UE) pada Senin (11/7/2022) merekomendasikan vaksin booster kedua Covid-19 untuk semua orang di atas 60 tahun. Seperti dilaporkan Reuters, rekomendasi itu diberikan untuk orang-orang yang rentan secara medis, di tengah peningkatan baru infeksi dan rawat inap di seluruh Eropa.

Saat vaksin virus corona yang ada terus memberikan perlindungan yang baik terhadap rawat inap dan kematian, efektivitas vaksin telah terpukul seiring dengan berkembangnya virus.

Badan kesehatan Uni Eropa sejak April merekomendasikan vaksin booster kedua hanya untuk mereka yang berusia lebih dari 80 tahun dan yang paling rentan.

Rekomendasi baru ini diharapkan dapat memfasilitasi keputusan nasional untuk mempercepat kampanye vaksinasi, yang telah melambat hingga hampir terhenti dalam beberapa bulan terakhir.

“Kita saat ini melihat peningkatan tingkat pemberitahuan kasus Covid-19 dan tren peningkatan penerimaan dan hunian di rumah sakit dan ICU di beberapa negara terutama didorong oleh sublineage BA 5 dari Omicron (varian virus corona),” kata Andrea Ammon, Direktur Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC).

"Ini menandakan dimulainya gelombang Covid-19 baru yang tersebar luas di seluruh Uni Eropa," katanya, seraya menambahkan bahwa memberikan dorongan kedua kepada orang-orang yang berusia di atas 60 tahunan dan rentan secara medis sekarang akan mencegah sejumlah besar kasus rawat inap dan kematian.

Pembuat vaksin, seperti Moderna Inc dan mitra Pfizer Inc dan BioNTech, telah menguji versi vaksin Covid-19 mereka yang dimodifikasi untuk memerangi varian Omicron BA.1.

Meskipun mengatakan vaksin tersebut menghasilkan respon imun yang baik terhadap BA.1 dan varian yang lebih baru beredar, mereka melihat respon yang lebih rendah terhadap BA.4 dan BA.5.

European Medicines Agency (EMA mengharapkan vaksin generasi berikutnya pertama disetujui pada bulan September. Saat ini, EMA sedang meninjau dua varian vaksin yang diadaptasi.

"Sementara itu, penting untuk mempertimbangkan penggunaan vaksin resmi saat ini sebagai vaksin booster kedua pada orang yang paling rentan," kata Direktur Eksekutif EMA Emir Cooke.

Pada Senin, ECDC menambahkan tidak ada bukti yang jelas untuk mendukung pemberian dosis booster kedua kepada orang-orang di bawah usia 60 tahun yang tidak berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

2 Orang Terluka Dampak Gempa Garut Sudah Ditangani Medis

Dua orang yang terluka tertimpa material bangunan akibat gempa Garut sudah mendapatkan penanganan medis dengan kondisi mulai membaik

NEWS | 4 Desember 2022

Polda Metro Tetapkan 2 Tersangka Pinjol Ilegal di Manado

Polda Metro Jaya menetapkan dua orang sebagai tersangka dalam kasus pinjaman daring atau pinjaman online/pinjol ilegal di Manado, Sulawesi Utara.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasal Baru Harus Memiliki Kemampuan Diplomasi Tingkat Tinggi

Calon Kasal pengganti Laksamana Yudo Margono harus sosok memiliki kemampuan diploasi tingkat tinggi dan paham tentang geopolitik maritim Indonesia.

NEWS | 4 Desember 2022

Hingga 4 Desember, Cianjur Diguncang 384 Kali Gempa Susulan

BMKG mencatat total gempa susulan di Cianjur hingga 4 Desember 2022 pukul 15.00 WIB mencapai 384 kali.

NEWS | 4 Desember 2022

Rem Blong Diduga Penyebab Bus Masuk Jurang di Magetan

Bus masuk jurang yang menewaskan tujuh orang di Magetan, Jawa Timur, diduga karena rem blong, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Pemkab: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Cianjur Jadi 8.151 Unit

Jumlah rumah yang rusak berat akibat gempa Cianjur bermagnitudo 5,6 bertambah menjadi 8.151 rumah hingga Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Kabur, Satu Tahanan Lapas Pangkalan Bun Bawa Senjata Petugas

Seorang tahanan kabur dan diduga mencuri senjata petugas yang berisi enam butir peluru dari Lapas Pangkalan Bun, Kalteng, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Delapan Korban Hilang Gempa Cianjur Belum Ditemukan

Hari ini upaya pencarian 8 korban gempa Cianjur belum membuahkan hasil, sehingga total jumlah korban yang meninggal dunia masih 334 jiwa.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasus Keluarga Tewas di Kalideres Rampung Sebelum HUT Polda Metro

Kasus keluarga tewas di Kalideres rampung sebelum hari ulang tahun (HUT) Polda Metro Jaya, 6 Desember 2022.

NEWS | 4 Desember 2022

Penerbangan di Bandara Juanda Tak Terganggu Erupsi Semeru

Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, tidak terganggu adanya erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Liga 1: Seto Minta Pemain PSS Tidak Gugup Hadapi Bhayangkara FC

Liga 1: Seto Minta Pemain PSS Tidak Gugup Hadapi Bhayangkara FC

BOLA | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE