Logo BeritaSatu

Bambang Widjojanto Cuti dari TGUPP untuk Bela Mardani Maming

Selasa, 12 Juli 2022 | 19:54 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Bambang Widjojanto menjadi kuasa hukum Bendahara Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Mardani Maming. Dia menjadi kuasa hukum Maming bersama dengan mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Denny Indrayana.

Terkait hal itu, Bambang menegaskan sudah mengambil cuti dari TGUPP, sehingga tidak melanggar kode etik advokat. “Saya cuti kalau saya hadapi kasus besar seperti ini,” ujar Bambang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atau PN Jaksel, Selasa (12/7/2022).

Sebagai informasi, advokat tidak boleh menjalankan praktik jika sedang menjabat pada lingkup eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Ketentuan itu diatur pada Pasal 3 huruf i Kode Etik Advokat Indonesia.

Mengenai hal itu, dia menekankan tidak melanggar ketentuan tersebut. Dia mengaku keabsahan cuti untuk menjalankan praktik pernah diuji. “Saya sudah diuji di anggota profesi dan sekarang saya dalam waktu cuti,” tutur Bambang.

Bambang turut menjelaskan soal amanah mendamping Mardani Maming dalam proses hukum kali ini. Dikatakan, ada kepentingan lebih besar yang tengah dipertaruhkan.

“Karena ada kepentingan yang jauh lebih besar yang harus dipertukarkan dan dipertaruhkan. Itu sebabnya dengan terhormat saya ambil amanah atas penunjukan dari PBNU ini dan mari kita uji di lembaga praperadilan,” ucap Bambang.

Diketahui, Mardani Maming mengajukan gugatan praperadilan atas penetapan dirinya sebagai tersangka oleh KPK. Praperadilan diajukannya ke PN Jakarta Selatan, Senin (27/6/2022). “Benar (mengajukan praperadilan), hari ini Senin, 27 Juni 2022,” kata Humas PN Jaksel.

Gugatan praperadilan yang diajukan Mardani Maming tercatat dengan nomor perkara 55/pid.prap/2022/PN Jkt.Sel. Sidang perdana praperadilan itu dijadwalkan digelar pada Selasa (12/7/2022). Rencananya, sidang digelar pukul 10.00 WIB di Ruang Sidang 1. Hanya saja, sidang tersebut ditunda hingga pekan depan.

KPK sedang menyidik kasus dugaan suap terkait pemberian izin usaha pertambangan di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Kasus itu diduga melibatkan Mardani Maming saat menjabat sebagai bupati Tanah Bumbu periode 2010-2018.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri juga membenarkan tim penyidik telah mengirimkan surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) kepada Mardani Maming. “Tim penyidik sesuai prosedur sudah sampaikan ke yang bersangkutan terkait surat pemberitahuan dimulainya penyidikan perkara dimaksud,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jalan ke Lokasi Wisata Salib Putih Tertutup Longsor Seusai Gempa Tapanuli Utara

Gempa Tapanuli Utara magnitudo 5,8 menyebabkan longsor dan tanah retak selain kerusakan rumah dan fasilitas umum.

NEWS | 1 Oktober 2022

Waspada Gempa Susulan, BMKG: Jangan Tinggal di Rumah yang Rusak

BMKG mengingatkan kepada warga korban gempa Tapanuli Utara untuk mewaspadai gempa susulan, dan meminta warga tidak tinggal di rumah yang rusak akibat gempa.

NEWS | 1 Oktober 2022

"Tuhan! Tuhan!" Ini Video Detik-detik Gempa Tapanuli Utara

Viral video gempa memperlihatkan kepanikan warga Tapanuli Utara ketika merasakan gempa bumi tektonik dengan kekuatan magnitudo (M) 6,0 pada Sabtu (1/10/2022).

NEWS | 1 Oktober 2022

Gempa Tapanuli Utara Terjadi Saat Warga Sedang Tertidur Lelap

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 6 yang mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) terjadi saat itu banyak warga sedang tertidur lelap.

NEWS | 1 Oktober 2022

Kembangkan Food Estate, Suharso Gandeng Airlangga dan Prabowo

Guna mengembangkan food estate, Menteri PPN Suharso Monoarfa berkolaborasi dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menhan Prabowo Subianto.

NEWS | 1 Oktober 2022

Gempa Tapanuli Utara Picu Kebakaran Pasar, 18 Kios Hangus

Gempa Tapanuli Utara, Sumatera Utara menyebabkan kebakaran Pasar Sarulla, Kecamatan Pahae Jae. Sebanyak 18 kios hangus.

NEWS | 1 Oktober 2022

Gempa Tapanuli Utara Akibat Aktivitas Sesar Besar Sumatera Segmen Renun

BMKG melaporkan gempa Tapanuli Utara, Sumatera Utara, pada Sabtu dini hari (1/10/2022), akibat aktivitas sesar besar Sumatera segmen Renun.

NEWS | 1 Oktober 2022

BMKG: 68 Kali Gempa Susulan Guncang Tarutung, Tapanuli Utara

BMKG terus mencatat frekuensi gempa yang mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara pada Sabtu, dengan sebanyak 68 kali gempa susulan.

NEWS | 1 Oktober 2022

Gempa Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Renggut Korban Jiwa

Satu orang dilaporkan tewas akibat gempa Tapanuli Utara yang berkekuatan M6,0 pada Sabtu (1/10/2022) dini hari.

NEWS | 1 Oktober 2022

Pamer Robot Humanoid, Elon Musk Janji Tak Akan Jadi Ancaman Umat Manusia

Elon Musk pada hari Jumat memamerkan versi terbaru dari robot humanoid (seperti manusia) yang dijanjikannya tak akan jadi ancaman umat manusia.

NEWS | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jalan ke Lokasi Wisata Salib Putih Tertutup Longsor Seusai Gempa Tapanuli Utara

Jalan ke Lokasi Wisata Salib Putih Tertutup Longsor Seusai Gempa Tapanuli Utara

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings