Logo BeritaSatu

Uni Eropa Setujui Kroasia Gunakan Euro pada Tahun 2023

Selasa, 12 Juli 2022 | 20:37 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Brussels, Beritasatu.com- Uni Eropa (UE) memberikan persetujuan akhir kepada Kroasia untuk mengadopsi mata uang euro pada tahun 2023. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Selasa (12/7/2022), Kroasia akan menjadi negara ke-20 yang bergabung dengan zona euro pada 1 Januari 2023.

Menteri keuangan Uni Eropa telah memberikan Kroasia persetujuan akhir untuk mengadopsi mata uang tunggal euro pada 1 Januari 2023, menggantikan kuna Kroasia.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada rekan saya, Zdravko Maric, dan seluruh Kroasia karena menjadi negara ke-20 yang bergabung dengan kawasan euro,” ujar Menteri Keuangan Republik Ceko Zbynek Stanjura, yang memegang jabatan presiden bergilir Uni Eropa pada Selasa (12/7).

Ini adalah ekspansi pertama dari blok mata uang dalam hampir delapan tahun tepat ketika euro telah turun ke level terendah terhadap dolar AS dalam 20 tahun.

Di 27 negara UE, mengadopsi euro menawarkan manfaat ekonomi yang berasal dari hubungan keuangan yang lebih dalam dengan anggota blok mata uang lainnya dan dari otoritas moneter Bank Sentral Eropa.

Bank berencana menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam 11 tahun bulan ini untuk mengatasi rekor inflasi 8,6 persen.

Lebih nyata, itu berarti bahwa salah satu dari 340 juta penduduk zona euro saat ini yang mengunjungi Kroasia tidak perlu lagi menukar uang mereka dengan kuna.

Entri Euro juga memiliki imbalan politik karena mata uang bersama adalah proyek paling ambisius di Eropa untuk mengintegrasikan negara-negara, memberi mereka tempat di inti UE. Itu berarti kursi di meja pengambilan keputusan teratas UE.

Perubahan terjadi karena nilai tukar euro sempat menyentuh US$1 untuk pertama kalinya dalam 20 tahun pada hari Selasa sebelum segera pulih.

Ada kekhawatiran bahwa krisis energi yang memburuk di Eropa terkait dengan perang Rusia di Ukraina dapat mengirim ekonomi zona euro ke dalam kejatuhan.

Dibuat pada tahun 1999 di antara 11 negara, termasuk Jerman dan Prancis, euro telah melalui tujuh peningkatan sebelumnya dimulai dengan Yunani pada tahun 2001.

Daya tarik keanggotaan euro tercermin dari tiga ekspansi terakhir, yang membawa negara-negara Baltik antara 2011 dan 2015.

Selama periode itu, zona euro berjuang untuk menahan krisis utang yang dipicu oleh Yunani dan yang mengancam akan memecah aliansi mata uang.

Kombinasi pinjaman darurat Eropa untuk lima negara anggota yang rentan secara finansial dan janji ECB untuk melakukan "apa pun yang diperlukan" untuk menyelamatkan euro memungkinkan blok mata uang untuk mengatasi turbulensi dan muncul lebih kuat.

Bergabung dengan euro mengharuskan suatu negara untuk memenuhi serangkaian kondisi ekonomi. Ini terkait dengan inflasi yang rendah, keuangan publik yang sehat, nilai tukar yang stabil dan biaya pinjaman yang terbatas.

Kroasia relatif kecil dan miskin, sehingga masuknya euro akan memiliki implikasi ekonomi internasional yang terbatas.

Negara ini memiliki populasi sekitar 4 juta dan kekayaan per kapita yang, pada 13.460 euro (US$ 13.500 atau Rp 202 juta) tahun lalu, kurang dari setengah dari rata-rata kawasan euro.

Meskipun demikian, dengan latar belakang perang Rusia di Ukraina dan pengajuan Kyiv yang tergesa-gesa untuk keanggotaan UE, adopsi euro yang akan segera dilakukan Kroasia mengirimkan sinyal politik yang berpotensi signifikan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Update Korban Gempa Cianjur: 323 Meninggal Dunia dan 9 Orang Hilang

BNPB mencatat 323 korban meninggal dunia akibat gempa Cianjur, per Senin 28 November 2022. Sementara itu sebanyak 9 orang masih dinyatakan hilang.

NEWS | 28 November 2022

Cegah Politik Uang, Bawaslu Kerja Sama dengan Gopay dan OVO

Bawaslu akan lakukan kerja sama dengan platform digital seperti Gopay dan OVO untuk mencegah terjadinya politik uang.

NEWS | 28 November 2022

Calon Panglima TNI Yudo Margono Punya Harta Rp 17,9 Miliar

Kasal Laksamana Yudo Margono yang diusulkan oleh Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI memiliki harta Rp 17,9 miliar.  

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Gali 5 Hal Ini kepada Yudo Margono Saat Fit and Proper Test

DPR akan menggali lima hal utama kepada Kasal Laksamana Yudo Margono saat fit and proper test calon Panglima TNI nanti. 

NEWS | 28 November 2022

Puan Ungkap Alasan Kasal Yudo Margono Dipilih Jadi Calon Panglima TNI

Ketua DPR, Puan Maharani mengungkapkan alasan Kasal Laksamana Yudo Margono menjadi calon panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. 

NEWS | 28 November 2022

Solidaritas Guru, Alumni UPI Himpun Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

56 guru tewas akibat gempa Cianjur, Alumni UPI serentak bergerak menggalang bantuan untuk para korban.

NEWS | 28 November 2022

Tilang Manual Masih Diberlakukan terhadap Sejumlah Pelanggaran

Polda Metro Jaya masih melakukan tilang manual terhadap sejumlah pelanggaran di jalan raya, seperti kendaraan tanpa pelat nomor.

NEWS | 28 November 2022

Menangis, Ferdy Sambo Sebut Sia-sia Pangkat Jenderal jika Tak Bisa Jaga Istri

Ferdy Sambo menangis karena menilai sia-sia bagi dirinya sudah berpangkat jenderal jika tidak mampu menjaga istrinya, Putri Candrawathi.

NEWS | 28 November 2022

Putri Terus Menangis Saat Beberkan Skenario Ferdy Sambo

Putri Candrawathi terus menangis saat membeberkan skenario Ferdy Sambo terkait peristiwa tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 28 November 2022

UMP DKI Naik 5,6% Jadi Rp 4,9 Juta, Ini Penjelasan Disnaker

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menetapkan upah minimum provinsi (UMP) naik 5,6% menjadi sebesar Rp 4,9 juta pada 2023.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Komisi III DPR Puji Langkah Kejagung Sita Aset Benny Tjokro

Komisi III DPR Puji Langkah Kejagung Sita Aset Benny Tjokro

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE