Logo BeritaSatu

Kemendagri Bagikan Bantuan 300.000 Masker ke Daerah

Selasa, 12 Juli 2022 | 22:02 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.comKementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membagikan bantuan masker kepada 10 daerah untuk mendukung penggunakan masker dalam aktivitas masyarakat sekaligus mencegah penyebaran Covid-19. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA dalam Apel Kesiapan Penyelenggaraan Fungsi Trantibumlinmas dalam Mendukung Kebijakan PPKM Menghadapi Peningkatan Kasus Covid-19, yang dilaksanakan di Plaza Kemendagri, Jakarta, Selasa (12/7/2022).

Sebanyak 300.000 masker yang diperoleh dari bantuan Kemendagri, CSR, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu diserahkan secara simbolis kepada perwakilan 10 daerah penerima, yaitu DKI Jakarta, Banten, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Tangerang, Kota Depok, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Safrizal mengatakan terhitung sejak 10 Juni 2022 hingga 10 Juli 2022, Indonesia mengalami kenaikan kasus Covid-19 yang terkonfirmasi sebanyak 51.942 kasus. Dengan kenaikan tertinggi pada 7 Juli 2022 yaitu 2.881 kasus konfirmasi harian. Meskipun kenaikan ini masih jauh berada di bawah puncak varian Delta maupun varian Omicron, tetapi masyarakat tetap perlu berhati-hati karena penularan Covid-19 masih terjadi.

“Kita berkumpul pada hari ini untuk menegakkan kembali, menggerakkan kembali gerakan menggunakan masker,” kata Safrizal.

Menurutnya, kenaikan kasus terbesar disumbang oleh wilayah Jabodetabek mencapai 53,7% dari kasus yang ada. Oleh karenanya, upaya untuk menekan kasus di Jabodetabek menjadi sangat strategis karena wilayah ini memiliki karakteristik tingkat mobilitas warga yang sangat tinggi.

“Situasi masih terkendali, memang ada kenaikan, tetapi masih terkendali. Jabodetabek masih (PPKM) level 1, tetapi kita terus tingkatkan kewaspadaan,” ujar Safrizal.

Selain karena faktor subvarian BA.4 dan BA.5, menurut Safrizal, kenaikan kasus terjadi diakibatkan menurunnya kedisiplinan masyarakat dalam menggunakan masker, baik di dalam maupun luar ruangan. Karena itu, dalam arahannya Presiden Joko Widodo meminta masyarakat kembali mengenakan masker di dalam maupun di luar ruangan.

“Kembali menyosialisasikan untuk menggunakan masker baik di dalam maupun di luar ruangan, terutama di tempat yang ramai,” terang Safrizal.

Safrizal menegaskan kenaikan kasus penularan Covid-19 disumbang oleh kelengahan masyarakat dalam menegakkan protokol kesehatan. “Karena merasa ini sudah berakhir, padahal angka ini disumbang oleh kelupaan (lengah), menganggap Covid sudah tidak ada,” ungkap Safrizal.

Ia meminta Dinas Pemadam Kebakaran dan Satuan Polisi Pamong Praja menjadi garda terdepan dalam menegakkan protokol kesehatan. Caranya, dengan diawali tindakan persuasi untuk kembali menggunakan masker.

“Gerakan ini adalah persuasif sambil menasehati, jangan lakukan penindakan dulu. Bagikan masker kepada masyarakat,” tegas Safrizal.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Janur Pernikahan Kaesang Hiasi Jalanan Menuju Pura Mangkunegaran

Janur kuning menghiasi jalanan menuju Pura Mangkunegaran menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022) besok. 

NEWS | 10 Desember 2022

Warga Solo Berbondong-bondong Melihat Persiapan Pernikahan Kaesang

Sejumlah warga di Kota Solo, Jawa Tengah penasaran ingin melihat sejumlah persiapan jelang resepsi pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran, Solo.

NEWS | 10 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Perajin Karangan Bunga di Solo Kebanjiran Order

Pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gundono menjadi berkah bagi pengusaha karangan bunga di Kota Solo. Para perajin karangan bungan kebanjiran order. 

NEWS | 10 Desember 2022

Tiga Miliarder Kripto Meninggal dalam Sebulan, Kebetulan atau Terencana?

Dalam kurun waktu sebulan, tiga miliarder kripto meninggal dunia. Ketiga kematian itu terjadi secara tidak terduga di tengah anjloknya aset-aset kripto.

NEWS | 10 Desember 2022

2 Menteri Jokowi Jadi Saksi Akad Nikah Kaesang dan Erina

Dua menteri Kabiner Jokowi, yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan menjadi saksi nikah Kaesang Pangarep dan Mensesneg Pratikno menjadi saksi Erina Gudono.

NEWS | 10 Desember 2022

KPK Tegaskan Penahanan Hakim Agung Gazalba Saleh Sesuai Aturan

KPK menegaskan tidak melanggar aturan saat menahan Hakim Agung Gazalba Saleh terkait kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 10 Desember 2022

Pemprov DKI Gunakan AI Google untuk Urai Kemacetan

Dishub DKI akan menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) Google untuk mengatasi kemacetan di Ibu Kota.

NEWS | 10 Desember 2022

Ini Alasan Kemendes PDTT Revitalisasi 619 Kawasan Transmigrasi

Revitalisasi dan modernisasi 619 kawasan transmigrasi bertujuan menyukseskan program ketahanan pangan nasional.

NEWS | 10 Desember 2022

Kaesang Orang Biasa Pertama yang Gelar Resepsi di Pura Mangkunegaran

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono adalah resepsi pertama dari luar keluarga kerajaan Mangkunegara yang digelar di Pura Mangkunegaran.

NEWS | 10 Desember 2022

Midea Donasikan Bantuan untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur

PT Midea Planet Indonesia (Midea) memberikan donasi berupa ratusan perangkat elektronik untuk memulihkan kehidupan warga terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Anak 8 Tahun Meninggal Tertimbun Longsor di Purwakarta

Anak 8 Tahun Meninggal Tertimbun Longsor di Purwakarta

NEWS | 24 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE