Logo BeritaSatu

Kemendagri Bagikan Bantuan 300.000 Masker ke Daerah

Selasa, 12 Juli 2022 | 22:02 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.comKementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membagikan bantuan masker kepada 10 daerah untuk mendukung penggunakan masker dalam aktivitas masyarakat sekaligus mencegah penyebaran Covid-19. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA dalam Apel Kesiapan Penyelenggaraan Fungsi Trantibumlinmas dalam Mendukung Kebijakan PPKM Menghadapi Peningkatan Kasus Covid-19, yang dilaksanakan di Plaza Kemendagri, Jakarta, Selasa (12/7/2022).

Sebanyak 300.000 masker yang diperoleh dari bantuan Kemendagri, CSR, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu diserahkan secara simbolis kepada perwakilan 10 daerah penerima, yaitu DKI Jakarta, Banten, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Tangerang, Kota Depok, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Safrizal mengatakan terhitung sejak 10 Juni 2022 hingga 10 Juli 2022, Indonesia mengalami kenaikan kasus Covid-19 yang terkonfirmasi sebanyak 51.942 kasus. Dengan kenaikan tertinggi pada 7 Juli 2022 yaitu 2.881 kasus konfirmasi harian. Meskipun kenaikan ini masih jauh berada di bawah puncak varian Delta maupun varian Omicron, tetapi masyarakat tetap perlu berhati-hati karena penularan Covid-19 masih terjadi.

“Kita berkumpul pada hari ini untuk menegakkan kembali, menggerakkan kembali gerakan menggunakan masker,” kata Safrizal.

Menurutnya, kenaikan kasus terbesar disumbang oleh wilayah Jabodetabek mencapai 53,7% dari kasus yang ada. Oleh karenanya, upaya untuk menekan kasus di Jabodetabek menjadi sangat strategis karena wilayah ini memiliki karakteristik tingkat mobilitas warga yang sangat tinggi.

“Situasi masih terkendali, memang ada kenaikan, tetapi masih terkendali. Jabodetabek masih (PPKM) level 1, tetapi kita terus tingkatkan kewaspadaan,” ujar Safrizal.

Selain karena faktor subvarian BA.4 dan BA.5, menurut Safrizal, kenaikan kasus terjadi diakibatkan menurunnya kedisiplinan masyarakat dalam menggunakan masker, baik di dalam maupun luar ruangan. Karena itu, dalam arahannya Presiden Joko Widodo meminta masyarakat kembali mengenakan masker di dalam maupun di luar ruangan.

“Kembali menyosialisasikan untuk menggunakan masker baik di dalam maupun di luar ruangan, terutama di tempat yang ramai,” terang Safrizal.

Safrizal menegaskan kenaikan kasus penularan Covid-19 disumbang oleh kelengahan masyarakat dalam menegakkan protokol kesehatan. “Karena merasa ini sudah berakhir, padahal angka ini disumbang oleh kelupaan (lengah), menganggap Covid sudah tidak ada,” ungkap Safrizal.

Ia meminta Dinas Pemadam Kebakaran dan Satuan Polisi Pamong Praja menjadi garda terdepan dalam menegakkan protokol kesehatan. Caranya, dengan diawali tindakan persuasi untuk kembali menggunakan masker.

“Gerakan ini adalah persuasif sambil menasehati, jangan lakukan penindakan dulu. Bagikan masker kepada masyarakat,” tegas Safrizal.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wapres: Perlu Kerja Bersama Turunkan Angka Stunting di Indonesia

Wapres KH Ma'ruf Amin menegaskan perlu kerja bersama yang makin intens antara semua stakeholder dalam menurunkan angka stunting di Indonesia.

NEWS | 7 Desember 2022

Destinasi Wisata di Nusa Penida Disiapkan Secara Optimal

Destinasi wisata Kepulauan Nusa Penida, Klungkung disiapkan secara optimal karena memiliki pemandangan alam yang indah yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

NEWS | 7 Desember 2022

Drone Serang Pangkalan Udara Rusia, Analis: Sistem Pertahanan Gagal

Dua serangan drone di pangkalan udara di dalam wilayah Rusia telah membuat Moskwa mendapat pukulan besar.

NEWS | 7 Desember 2022

Musra XIX Digelar di DIY Awal Tahun Depan

Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY bakal menjadi tuan rumah Musyawarah Rakyat alias Musra ke XIX bulan Januari tahun depan.

NEWS | 7 Desember 2022

Al Jazeera Ajukan Kasus Shireen Abu Akleh ke Pengadilan Internasional

Al Jazeera telah mengajukan kasus pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh, yang ditembak di kepala saat meliput serangan Israel ke Pengadilan Kriminal Internasional.

NEWS | 7 Desember 2022

Ganjar Pranowo dan Cerita Dapur Megawati di Kebagusan

Ganjar Pranowo mengaku banyak mendapat ilmu dan pengalaman politik di dapur rumah Megawati Soekarno Putri di Kebagusan, Jakarta Selatan.

NEWS | 7 Desember 2022

7 Desember, Polda Metro Uji Coba Tilang Elektronik Mobile

Polda Metro Jaya uji coba penindakan menggunakan sistem tilang elektronik mobile atau electronic traffic law enforcement/ETLE mobile mulai 7 Desember

NEWS | 6 Desember 2022

KKB Tembak Mati 3 Tukang Ojek di Pegunungan Bintang Papua

KKB tembak mati tiga tukang ojek di Kampung Mangabib, Distrik Oksebang Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

NEWS | 6 Desember 2022

Ganjar: Pemanfaatan Medsos Penting bagi Pemimpin Masa Kini

Ganjar Pranowo membeberkan pentingnya pemanfaatan medsos bagi pemimpin masa kini.  Medsos sangat penting untuk menjangkau banyak masyarakat.

NEWS | 6 Desember 2022

Foto Prewedding, Kaesang Sempat Kabur Saat Mau Didandani Rama Jee

Make up Artist (MUA) Rama Jee mengaku, Kaesang Pangarep sempat kabur saat akan didandani untuk foto prewedding.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cetak Gol Kedua Portugal, Pepe Kalahkan Rekor Ronaldo

Cetak Gol Kedua Portugal, Pepe Kalahkan Rekor Ronaldo

SEMESTA BOLA 2022 | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE