Logo BeritaSatu

Spanyol dan Portugal Dilanda Gelombang Panas 40 Derajat Celsius

Selasa, 12 Juli 2022 | 22:18 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Madrid, Beritasatu.com- Spanyol dan Portugal dilanda gelombang panas hingga 40 derajat Celsius pada Senin (11/7/2022). Seperti dilaporkan AFP, Semenanjung Iberia menghadapi gelombang panas kedua dalam waktu kurang dari sebulan.

“Panas matahari itu mencapai 42 derajat Celsius di wilayah tenggara Spanyol Extremadura dan 41 derajat di Andalusia,” kata badan meteorologi Spanyol AEMET.

Suhu di wilayah barat laut Galicia yang biasanya lebih dingin di Spanyol diperkirakan akan naik di atas 35 derajat Celsius.

"Gelombang panas ini benar-benar berpotensi menjadi luar biasa,” kata juru bicara AEMET Ruben del Campo.

Menurut Del Campo, gelombang panas mulai Minggu dan bisa "berlangsung sembilan atau sepuluh hari, yang akan menjadikannya salah satu dari tiga gelombang panas terpanjang yang pernah dialami Spanyol sejak 1975.

Gelombang panas menjadi lebih mungkin karena perubahan iklim, kata para ilmuwan. Saat suhu global meningkat dari waktu ke waktu, gelombang panas diperkirakan akan menjadi lebih sering dan intens.

Bulan Juni juga mencatat Spanyol bergulat dengan suhu di atas 40 derajat di petak negara. Bulan sebelumnya adalah Mei terpanas di Spanyol sejak awal abad ini.

Pada Agustus 2021 Spanyol mencatat suhu tertinggi ketika merkuri mencapai 47,4 derajat Celsius di kota selatan Montoro.

Di negara tetangga Portugal, termometer mencapai 44 derajat selama akhir pekan, memicu kebakaran hutan dan awan asap besar yang terlihat di ibu kota Lisbon.

“Petugas pemadam kebakaran pada Senin berhasil mengendalikan kobaran api terbesar yang berkobar di pusat kota Ourem,” kata pejabat setempat.

Saat agak mereda di Portugal pada Senin, suhu diperkirakan akan melonjak lagi dalam beberapa hari mendatang dengan perkiraan 44 derajat Celsius untuk kota tenggara Evora.

Seperti dilaporkan Al Jazeera, Minggu (10/7/2022),Portugal mengerahkan 3.000 petugas pemadam kebakaran untuk memerangi kebakaran hutan akibat gelombang panas. Lebih dari 60 pesawat berjuang untuk memadamkan api di tengah suhu yang panas.

Pihak berwenang mengatakan 12 petugas pemadam kebakaran dan 17 warga sipil membutuhkan bantuan medis untuk mengobati luka ringan yang disebabkan oleh kobaran api. Televisi pemerintah Portugal RTP dan media lokal lainnya melaporkan situasi itu pada hari Minggu.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Brigadir J, Ferdy Sambo dan Tersangka Lainnya Segera Diadili

Perkembangan terbaru kasus pembunuhan Brigadir J, yakni tersangka Ferdy Sambo dan sejumlah tersangka lainnya segera diadili di pengadilan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Korban Tewas Akibat Bom Bunuh Diri di Ruang Kelas di Kabul Jadi 35 Orang

PBB pada Sabtu (1/10/2022) melaporkan, jumlah korban tewas akibat bom bunuh diri di sebuah ruang kelas di Kabul, Afghanistan telah meningkat menjadi 35 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Pemkab Malang Tanggung Semua Biaya Korban Kerusuhan Kanjuruhan

Pemkab Malang, Jatimmenanggung semua biaya perawatan korban kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jatim, Sabtu malam.

NEWS | 2 Oktober 2022

Cerita di Balik Guntur Hamzah Jadi Hakim MK Gantikan Aswanto

Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi (MK) Guntur Hamzah awalnya mengaku tidak tahu akan menjadi hakim konstitusi usulan DPR untuk menggantikan Aswanto.

NEWS | 2 Oktober 2022

Korban Tragedi Kanjuruhan Jadi 127 Tewas, 2 di Antaranya Polisi

Sebanyak 127 orang dilaporkan meninggal dunia dalam tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, (tragedi Kanjuruhan).

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, PSSI Hentikan Liga 1 Selama Sepekan

Buntut tragedi Kanjuruhan, PSSI memutuskan untuk menghentikan BRI Liga 1 2022/2023 selama satu pekan dan melarang Arema FC menjadi tuan rumah.

NEWS | 2 Oktober 2022

Korban Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan Dikabarkan Bertambah Jadi 62 Orang

Korban tewas dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya dikabarkan bertambah menjadi 62 orang. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Arema FC Akan Dilarang Jadi Tuan Rumah di Sisa Musim Liga 1

Komisi Disiplin PSSI menegaskan bahwa Arema FC bisa terkena sanksi tidak dapat menjadi tuan rumah di sisa laga BRI Liga 1 2022/2023.

NEWS | 2 Oktober 2022

Video: Gas Air Mata Bikin Massa di Kanjuruhan Panik

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya, Sabtu (1/10/2022) diduga disebabkan karena penggunaan gas air mata di Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ini Video Ribuan Suporter Merangsek Masuk Lapangan

Beredar video yang menunjukkan suporter merangsek masuk lapangan usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Berawal dari Konser Musik, Rivalitas Arema dan Persebaya Memanas di Stadion

Berawal dari Konser Musik, Rivalitas Arema dan Persebaya Memanas di Stadion

BOLA | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings