Logo BeritaSatu

Indonesia Kehilangan Pakar Linguistik, Harimurti Kridalaksana

Rabu, 13 Juli 2022 | 00:05 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Indonesia kehilangan pakar linguistik Harimurti Kridalaksana yang wafat pada usia 82 tahun di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Senin (11/7/2022) pada pukul 03.49 WIB. Jenazah almarhum sempat disemayamkan dengan Misa Requiem di rumah duka, sebelum akhirnya dikremasi di Oasis Lestari, Tangerang.

Selama ini, Harimurti dikenal sebagai Tokoh Bahasa Indonesia dan sempat menjabat Guru Besar Universitas Indonesia (UI) dan Rektor Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Di kalangan mahasiswa Fakultas Sastra UI, almarhum dikenal sebagai sosok pengajar yang ramah dan murah senyum.

Harimurti memiliki nama lengkap Prof. Dr. K.P.H. Hubert Emmanuel Harimurti Kridalaksana Martanegara S.S., M.A. Ia lahir di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah Sabtu, 23 Desember 1939.

Pakar Bahasa Indonesia ini telah berkecimpung, mengabdi dan menyumbang banyak prestasi selama lebih dari 4 dasawarsa dalam kancah pengembangan riset dan pendidikan ilmu kebahasaan.

Dalam salah satu buku Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia (1990), Harimurti mengusulkan 13 kelas kata. Untuk setiap kelas kata, sebagai penulis, dia menyertakan pula sejumlah contoh kelas kata terkait, lengkap dengan contoh penggunaannya, serta tabel untuk mempermudah. Harimurti juga penyusun Kamus Linguistik (1982) yang memuat lebih dari 3.000 istilah linguistik.

Harimurti Kridalaksana menamatkan pendidikan tingkat sarjana di Universitas Indonesia pada 1963. Dia lalu melanjutkan studi pascasarjana dalam bidang didaktif bahasa di Pittsburgh University pada 1970.

Satu tahun kemudian, Harimurti menerima penghargaan ilmiah Fulbright Scholar dari universitas yang sama. Tahun 1973, dia mengikuti program musim untuk bertindak selaku pengajar tamu pada University of Michigan, Amerika Serikat.

Tahun 1985, Harimurti Kridalaksana terpilih sebagai penerima salah satu penghargaan paling bergengsi di dunia akademik internasional, Humboldt Fellow. Dia bertugas meneliti serta mengajar pada Johann Wolfgang Goethe University yang berlokasi di Frankfrut am Main, Jerman. Gelar akademik tertinggi tingkat doktoral diselesaikan Harimurti selang 2 tahun berikutnya dari Universitas Indonesia.

Mengawali karier sebagai penerjemah lepas dan guru Kewarganegaraan, karir akademik Kridalaksana terus menanjak dengan menjadi staf pengajar di berbagai universitas baik dalam maupun luar negeri. Sempat menjabat sebagai Ketua Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra UI, pakar bahasa ini juga pernah menjabat Ketua Yayasan Atma Jaya dan Rektor Universitas Katolik Atma Jaya periode 1999-2003.

Harimurti Kridalaksana aktif terlibat dalam berbagai penelitian kebahasaan serta dalam berbagai organisasi keilmuan baik dalam maupun luar negeri. Nama Harimurti Kridalaksana pernah tercatat sebagai Ketua Masyarakat Linguistik Indonesia dan anggota Royal Asiatic Society serta banyak organisasi keilmuan lain.

Hingga kini, Harimurti Kridalaksana telah menghasilkan lebih dari 100 makalah ilmiah dan sekitar 30 buku yang telah diterbitkan, termasuk sebagai editor Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI) edisi pertama dan kedua. Tahun 2004, Kridalaksana memperoleh gelar kebangsawanan Pangeran Sentana dari Pura Pakualaman Yogyakarta dan sejak itu berhak menyandang nama panjang Kanjeng Pangeran Harya Harimurti Kridalaksana Martanegara.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Deretan Wanita Kuat dan Berpengaruh Mulai Kuasai Eropa

Fenomena deretan nama wanita kuat dan berpengaruh mulai menguasai benua Eropa. pemimpin sayap kanan Italia Giorgia Meloni tampaknya akan bergabung.

NEWS | 29 September 2022

Kepala WTO Undur Jadwal Pembahasan Topik Sulit ke Awal 2024

Kepala Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Ngozi Okonjo-Iweala mengundurkan jadwal pembahasan topik sulit ke awal 2024

NEWS | 29 September 2022

Putin Prediksi Rusia Capai Rekor Panen 150 Juta Ton Gandum

Presiden Vladimir Putin mengatakan Rusia mengharapkan panen gandum rekor tertinggi pada 2022.

NEWS | 29 September 2022

Iriana Jokowi Dijadwalkan Menanam Pohon di Pulau Rinca

Iriana Jokowi melanjutkan kegiatan kunjungan kerjanya di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (29/9/2022), dengan menanam pohon di Pulau Rinca.

NEWS | 29 September 2022

Malaysia Akan Cabut Aturan Wajib Masker di Penerbangan

Malaysia akan mencabut aturan wajib masker di dalam penerbangan yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Satgas Covid-19: Kebijakan Wajib Masker Masih Berlaku

Satgas Covid-19 menyatakan, pemerintah belum berencana mencabut kebijakan wajib masker seperti yang dilakukan negara lain.

NEWS | 29 September 2022

Tiongkok Tolak Keras Perbandingan Ukraina dengan Taiwan

Tiongkok bereaksi terhadap perbandingan antara Ukraina dengan Taiwan. Hal itu ditegaskan juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Wang Wenbin.

NEWS | 29 September 2022

Kebanjiran Pengungsi Rusia, Latvia Nyatakan Negara Darurat

Latvia mengumumkan keadaan darurat di dekat perbatasannya dengan Rusia pada Rabu (28/9/2022) setelah kebanjiran pengungsi Rusia.

NEWS | 29 September 2022

TNI AU Selidiki Penemuan Granat Asap dan Peluru di Bekasi

TNI AU masih mendalami penemuan granat asap dan peluru yang ditemukan di sebuah rumah, di Pondokgede, Kota Bekasi, Selasa, 27 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Hari Ini, Jaksel dan Jaktim Berpotensi Diguyur Hujan

BMKG DKI Jakarta menerangkan, potensi hujan disertai petir terjadi di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hingga menjelang malam hari.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Literasi Anak, Erha Clinic Luncurkan 3 Taman Baca di Semarang

Literasi Anak, Erha Clinic Luncurkan 3 Taman Baca di Semarang

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings