Logo BeritaSatu

Ade Yasin Didakwa Suap Tim Auditor BPK Jabar Rp 1,9 M demi WTP

Rabu, 13 Juli 2022 | 19:46 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendakwa Bupati nonaktif Bogor Ade Munawaroh Yasin atau Ade Yasin menyuap tim auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Jawa Barat (Jabar) senilai Rp 1,9 miliar. Suap itu diberikan Ade Yasin supaya laporan keuangan Pemkab Bogor tahun anggaran 2021 meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

Perbuatan Ade Yasin tersebut dilakukan bersama dengan Kepala Sub Bidang Kas Daerah pada BPKAD Pemkab Bogor, Ihsan Ayatullah; Sekretaris Dinas PUPR Pemkab Bogor, Maulana Adam; dan pejabat pembuat komitmen (PPK) dan Sub Koordinator Pembangunan Jalan dan Jembatan Wilayah 2 pada Dinas PUPR Pemkab Bogor, Rizki Taufik Hidayat.

“Melakukan atau turut serta melakukan beberapa perbuatan yang ada hubungannya sedemikian rupa sehingga dipandang sebagai perbuatan berlanjut memberi atau menjanjikan sesuatu yaitu memberikan uang yang keseluruhannya berjumlah Rp 1.935.000.000,” ujar jaksa KPK di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (13/7/2022).

Uang tersebut diberikan kepada Anthon Merdiansyah, Arko Mulawan, Hendra Nur Rahmatullah Kartiwa, dan Gerri Ginanjar Trie Rahmatullah selaku tim pemeriksa BPK Jabar terkait audit keuangan Pemkab Bogor tahun anggaran 2021.

Dalam surat dakwannya, jaksa KPK memaparkan, Ade Yasin memberikan arahan ke Ihsan Ayatullah untuk mengondisikan temuan-temuan oleh tim pemeriksa BPK Jabar untuk laporan keuangan tahun anggaran 2020. Hal itu dilakukan dengan memberikan sejumlah uang ke tim pemeriksa tersebut agar Pemkab Bogor meraih opini WTP.

Jaksa KPK mengungkapkan, dari aliran suap yang diberikan Ade Yasin, ternyata ada aliran uang demi biaya sekolah Agus Khotib selaku Kepala BPK Jabar senilai Rp 100 juta. Pemberian uang tersebut disetujui Ade Yasin, kemudian Ihsan Ayatullah memberikannya ke Hendra Nur.

Selanjutnya, pada Januari 2022 Ade Yasin dan Ihsan Ayatullah mengetahui BPK Jabar kembali melakukan pemeriksaan tahunan terhadap laporan keuangan Pemkab Bogor tahun anggaran 2021.

“Sebagaimana arahan terdakwa Ade Yasin pada pemeriksaan-pemeriksaan tahunan oleh BPK-RI perwakilan Provinsi Jabar pada tahun anggaran sebelumnya, Ihsan Ayatullah kembali melakukan pengondisian terkait pemeriksaan oleh BPK RI perwakilan Provinsi Jabar agar tidak ada temuan-temuan sehingga LKPD (laporan keuangan pemerintah daerah) Kabupaten Bogor TA 2021 tetap mendapatkan opini WTP seperti tahun anggaran sebelumnya,” tutur jaksa.

Baca selanjutnya
Ihsan Ayatullah bersama Maulana Adam dan Rizky Taufik mengumpulkan uang dari ...


hal 1 dari 3 halaman

Halaman: 123selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Metro, Jakarta Selatan terkait konten prank KDRT yang dibuat keduanya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar Naik ke Penyidikan

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora, naik ke penyidikan dari penyelidikan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pengobatan Kanker Perlukan Tim dari Multidisiplin Ilmu

Keseluruhan pengobatan penyakit kanker membutuhkan tim dari multidisiplin ilmu dalam penatalaksanaannya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tabur Bunga di Kanjuruhan, Pemain dan Pelatih Arema Menangis

Para pemain dan pelatih Arema FC menangis saat tabur bunga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Bola Medan Gelar 1.000 Lilin

Ratusan suporter bola di Kota Medan, Sumatera Utara menyalakan 1.000 lilin dan doa bersama sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

Organisasi masyarakat Sahabat Polisi Indonesia resmi melaporkan pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven terkait pembuatan konten prank KDRT

NEWS | 4 Oktober 2022

Surya Paloh Ungkap Respons Jokowi soal Pencapresan Anies

Surya Paloh mengungkap respons Jokowi ketika Nasdem hendak mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 202

NEWS | 3 Oktober 2022

TACB: Halte Transjakarta Jatinegara Ganggu Cagar Budaya

Pembangunan revitalisasi Halte Transjakarta yang menghalangi visual ke arah cagar budaya juga terjadi di Jatinegara, Jakarta Timur.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Buntut Konten <em>Prank</em> KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

NEWS | 19 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings