Logo BeritaSatu

Menelusuri Visi Misi 5 Sosok Potensial Pengganti Lili di KPK

Rabu, 13 Juli 2022 | 23:07 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / CAR

Jakarta, Beritasatu.comLili Pintauli Siregar telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia resmi menanggalkan jabatannya di tengah penanganan kasus dugaan pelanggaran etik oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Sidang etik Lili sendiri kemudian dinyatakan gugur oleh Dewas KPK, karena pengundurannya itu.

Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean menjelaskan pengganti Lili Pintauli nantinya adalah salah satu dari lima calon komisioner periode 2019-2023 yang tidak dipilih Presiden Jokowi.

“Prosedur pergantian Ibu Lili itu ada di tangan presiden. Ada dalam Pasal 32 Undang-Undang Nomor 19/2019, silakan dibaca di situ,” kata Tumpak dalam konferensi pers di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi (ACLC) KPK, Jakarta, Senin (11/7/2022).

Majelis Etik KPK menyatakan sidang dugaan pelanggaran kode etik dan kode perilaku Lili Pintauli Siregar gugur. Alasannya karena telah terbit Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 71/P/2022 tertanggal 11 Juli 2022 berisi pemberhentian Lili sebagai Wakil Ketua merangkap Anggota/Pimpinan KPK oleh Presiden Jokowi.

“Nanti presiden akan menyampaikan beberapa nama, nama-nama ini yang dulu tidak terpilih diajukan ke DPR, ada lima nama. Presiden dulu mengajukan 10, lalu terpilih lima, jadi sisa lima. Lima nama ini yang diajukan presiden kepada DPR, berapa yang jumlahnya diajukan? Terserah beliau berapa yang nanti diajukan ke DPR untuk dimintakan persetujuannya,” ungkap Tumpak.

Beritasatu.com pada Rabu (13/7/2022) berupaya untuk memaparkan visi misi dari lima calon komisioner yang tidak terpilih pada pemilihan sebelumnya yang berpotensi menggantikan posisi Lili Pintauli di KPK.

1. Sigit Danang Joyo
Sigit adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Dia pernah menjadi Anggota Pelaksana Tim Reformasi Perpajakan pada 2016. Saat pemilihan calon pimpinan (capim) KPK secara voting di DPR pada 2019, dia mendapatkan 19 suara.

Dalam agenda fit and proper test di Komisi III DPR, dia memandang perlu adanya badan atau unit yang bertugas mengawasi KPK sebagai institusi negara. Hal itu disampaikan Sigit terkait dengan revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK yang salah satu poinnya pembentukan dewan pengawas.

Sigit mengatakan di banyak negara, setiap lembaga yang memiliki kewenangan sangat kuat pasti ada pengawasnya. Unit pengawasan ini diperlukan untuk mengevaluasi agar lembaga tersebut berjalan sesuai dengan kewenangannya.

Baca selanjutnya
Diakuinya, KPK memang memiliki unit pengawasan. Hanya saja, unit tersebut hanya ...


hal 1 dari 3 halaman

Halaman: 123selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jusuf Kalla Kenang Ferry Mursyidan Baldan Sebagai Sosok Humoris

Jusuf Kalla (JK) mengenang mantan menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan sebagai sosok humoris.

NEWS | 2 Desember 2022

Presiden Jokowi Melayat ke Rumah Duka Almarhum Ferry Mursyidan Baldan

Presiden Jokowi melayat ke rumah duka almarhum Ferry Mursyidan Baldan di daerah Slipi, Jakarta Barat, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Yudo Margono Bakal Perhatikan Kesejahteraan Prajurit

Peningkatan kesejahteraan prajurit TNI menjadi salah satu hal yang diperhatikan Laksamana Yudo Margono.

NEWS | 2 Desember 2022

Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Didominasi XBB dan BQ.1

Kasus positif Covid-19 selama satu minggu ini mengalami penurunan meski di 12 provinsi justru terjadi peningkatan.

NEWS | 2 Desember 2022

Lebih 200 WNI Pemetik Buah di Inggris Terkatung-katung dan Terbelit Utang

Lebih dari 200 WNI yang bekerja memetik buah di Inggris hidup terkatung-katung dan terbelit utang hingga ratusan juta rupiah.

NEWS | 2 Desember 2022

Suara Bulat, Komisi I DPR Setujui Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Komisi I DPR menyetujui Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI dengan suara bulat, tanpa lewat voting.

NEWS | 2 Desember 2022

Pemberhentian dengan Hormat Jenderal Andika Perkasa Disetujui

Komisi I DPR menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Hasil Gelar Perkara Tambang Ilegal Tak Disampaikan, Ini Alasan Polri

Bareskrim Polri menyatakan tidak menyampaikan hasil gelar perkara kasus tambang ilegal untuk kepentingan investigasi selanjutnya.

NEWS | 2 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Gempa Susulan di Cianjur Terjadi 373 Kali

Gempa susulan di Cianjur, Jawa Barat hingga saat ini sudah terjadi sebanyak 373 kali hingga hari ini, Jumat (2/12/2022) sore.

NEWS | 2 Desember 2022

Telkom Raih Penghargaan Indonesia's SDGs Action Awards 2022

Penghargaan ini diserahkan Menteri Bappenas Suharso Monoarfa dan diterima langsung oleh Direktur Human Capital Management (HCM) Telkom, Afriwandi.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jusuf Kalla Kenang Ferry Mursyidan Baldan Sebagai Sosok Humoris

Jusuf Kalla Kenang Ferry Mursyidan Baldan Sebagai Sosok Humoris

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE