Logo BeritaSatu

Waspada KPK Gadungan, Sudah Tipu Pengacara dan Hakim

Jumat, 15 Juli 2022 | 18:56 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapatkan laporan soal adanya oknum yang mengeklaim sebagai pegawai KPK. Diungkapkan, oknum tersebut telah menipu berbagai pihak, dari pengacara sampai hakim.

“KPK gadungan ini telah banyak melakukan penipuan terhadap sejumlah pejabat publik seperti pengacara, polisi, dan hakim,” ungkap Inspektur KPK Subroto dalam keterangannya, Jumat (15/7/2022).

Oknum tersebut mengaku dari Dewan Pengawas (Dewas) KPK dan pelayanan publik dengan membuat surat penugasan palsu berlogo KPK. Oknum dimaksud melakukan tindakan penipuan, pemerasan dan pemalsuan.

Tindakan tersebut dilakukan dengan membuat surat-surat palsu, kartu identitas palsu, seragam, dan atribut lencana berlogo KPK. Untuk itu, Subroto meminta masyarakat lebih berhati-hati dan memerhatikan detail prosedur kegiatan operasional KPK.

Subroto menegaskan pegawai KPK dalam menjalankan tugas selalu dilengkapi dengan surat penugasan dan kartu identitas resmi. Selain itu, pegawai KPK dilarang menjanjikan/menerima, bahkan meminta imbalan berbentuk apa pun.

Tidak lupa, dia menyatakan tidak benar bila terdapat pihak menjanjikan dapat mengurus sebuah kasus yang tengah ditangani KPK.

“KPK tidak pernah menunjuk organisasi atau lembaga manapun sebagai perpanjangan tangan, mitra, konsultan, pengacara, maupun perwakilan dari KPK,” ujar Subroto.

Selain itu, KPK tidak pernah meluncurkan atau bekerja sama dengan media yang menggunakan nama persis atau serupa dengan KPK. Dijelaskan, KPK tidak membuka kantor cabang atau kantor perwakilan khusus KPK di daerah.

Publik juga diharapkan mengacu pada laman kpk.go.id untuk informasi resmi. Tidak lupa, media sosialisasi antikorupsi yang diluncurkan oleh KPK untuk diberikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan tidak pernah dipungut biaya. Demikian halnya dengan pelayanan KPK untuk masyarakat yang juga dilaksanakan secara gratis.

“KPK juga meminta masyarakat untuk melaporkan aduan langsung ke KPK atau ke kantor kepolisian setempat jika menemukan pihak-pihak yang mengaku sebagai pegawai KPK dan diduga melakukan pelanggaran. Masyarakat dapat melaporkannya ke KPK melalui call center 198,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

LRT Jabodebek Tanpa Masinis, KAI Siapkan SDM Andal

LRT Jabodebek akan beroperasi tanpa masinis, oleh karena itu PT KAI akan menyiapkan SDM andal.

NEWS | 30 November 2022

Keluarga Tewas di Kalideres, Polisi Tunggu Hasil Pemeriksaan Patologi Anatomi

Polda Metro Jaya menunggu hasil pemeriksaan patologi anatomi untuk menyimpulkan penyebab satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat. 

NEWS | 30 November 2022

Kuasa Hukum Bharada E Gali Fakta Sarung Tangan Ferdy Sambo

Kuasa hukum Bharada E menyatakan akan menggali keterangan dari Kuat Ma'ruf dan Bripka Ricky Rizal mengenai sarung tangan yang digunakan Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022

Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

Ismail Bolong mangkir atau tidak memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik Dit Tipidter Bareskrim Polri terkait kasus tambang ilegal dengan alasan sakit. 

NEWS | 30 November 2022

Ditembak OTK, Anggota Polres Yahukimo di Dekai Tewas

Orang tak dikenal atau OTK, Selasa (29/11/2022) sekitar pukul 23.09 WIT menembak Brigadir Polisi Muhammad Yusdar, anggota Polres Yahukimo hingga tewas.

NEWS | 30 November 2022

Cianjur Bangkit, Warga Sarampad Wetan Bangun Kembali Masjid

Sepekan lebih bencana gempa Cianjur, Jawa Barat, warga mulai semangat untuk kembali bangkit dari bencana.

NEWS | 30 November 2022

Kamis, Bareskrim Polri Akan Periksa Keluarga Ismail Bolong

Bareskrim Polri akan memeriksa keluarga Ismail Bolong pada Kamis (1/11/2022) terkait kepemilikan saham perusahaan dalam kasus tambang ilegal.

NEWS | 30 November 2022

Sidang Kasus Brigadir J Hari Ini, 3 Terdakwa Saling Bersaksi

Sidang perkara dugaan pembunuhan Brigadir J di PN Jaksel hari ini akan menghadirkan Bharada E, Kuat Maruf, dan Bripka RR yang saling bersaksi. 

NEWS | 30 November 2022

Polri Kerahkan 261 Personel Layani Kesehatan Korban Gempa Cianjur

Polri mengerahkan 21 dokter spesialis untuk melayani korban gempa Cianjur. Total ada 261 personel dari jajaran medis yang tangani korban gempa Cianjur.

NEWS | 30 November 2022

Korban Gempa Cianjur, Paboi: Layanan Ortopedi Butuh 4 Bulan

Paboi menyatakan tindakan medis bedah untuk korban gempa Cianjur membutuhkan waktu hingga 4 bulan.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Strategi Industri Telekomunikasi Hadapi Resesi Global

Ini Strategi Industri Telekomunikasi Hadapi Resesi Global

EKONOMI | 54 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE