Logo BeritaSatu

Cacar Monyet Merebak, AS Kewalahan Penuhi Permintaan Vaksin

Sabtu, 16 Juli 2022 | 12:25 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Amerika Serikat (AS) kewalahan untuk memenuhi permintaan vaksin cacar monyet. Seperti dilaporkan AFP, Jumat (15/7/2022), AS memperkirakan peningkatan kasus cacar monyet dalam beberapa minggu mendatang. Kekhawatiran telah berkembang terutama di New York, pusat penyebaran virus di AS, dengan hampir 390 kasus dihitung pada 14 Juli. Amerika Serikat telah melihat total 1.470 kasus.

"Saya ingin mengakui bahwa saat ini permintaan vaksin dari yurisdiksi lebih tinggi daripada pasokan yang tersedia saat ini. Dan kita tahu bahwa ini membuat frustrasi," kata Rochelle Walensky, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Penyakit ini ditandai dengan lesi pada kulit - yang dapat muncul pada alat kelamin atau mulut - dan sering disertai dengan demam, sakit tenggorokan dan nyeri pada kelenjar getah bening. Biasanya, lesi hilang dengan sendirinya tetapi bisa sangat menyakitkan.

"Kami belum memiliki semua vaksin yang kami inginkan saat ini. Pihak berwenang mengantisipasi peningkatan kasus dalam beberapa minggu mendatang," katanya kepada wartawan saat konferensi pers.

Otoritas kesehatan masyarakat New York terpaksa meminta maaf awal pekan ini ketika sebuah situs web pemerintah menjadi kewalahan ketika ribuan orang mencoba masuk untuk memesan janji vaksin sekaligus.

"Pasokan vaksin sangat terbatas, sangat terbatas, di seluruh negeri ini, dan terutama di sini di New York," kata kepala departemen kesehatan masyarakat kota Ashwin Vasan, Kamis.

Pada Mei, ketika wabah dimulai di Amerika Serikat, hanya ada 2.000 dosis vaksin Jynneos - satu-satunya yang secara khusus disetujui untuk melawan cacar monyet - tersedia di negara tersebut.

Sejak itu, 156.000 dosis telah didistribusikan secara nasional. Lebih dari 130.000 dosis telah ditambahkan ke cadangan strategis nasional dan diharapkan mulai disebarluaskan pada Senin.

“Putaran distribusi vaksin berikutnya akan memprioritaskan daerah yang paling parah terkena dampak terlebih dahulu. Saya mengantisipasi bahwa akan ada lebih banyak pasokan untuk New York City,” kata Walensky.

Melanjutkan kekurangan, pengiriman 786.000 dosis telah terhenti di Denmark menunggu pemeriksaan dari Food and Drug Administration (FDA).

“Peninjauan sekarang selesai, menurut pejabat FDA Peter Marks, dan kami memberi tahu produsen (Bavarian Nordic) bahwa mereka mungkin mengirimkan vaksin,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Fadel Muhammad Akhirnya Laporkan La Nyalla ke Badan Kehormatan DPD

Wakil Ketua MPR dari unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fadel Muhammad akhirnya melaporkan Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalliti ke BK DPD.

NEWS | 30 September 2022

TPDI Minta KPK Tidak Intimidasi Pengacara Lukas Enembe

Koordinator TPDI Petrus Selestinus meminta KPK tidak mengintimidasi pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe, Roy Rening dkk saat menyampaikan pembelaan terhadap kliennya.

NEWS | 30 September 2022

13.809 Mahasiswa Jalani Pendidikan Profesi Guru di 72 LPTK

Kemendikbudristek menyerahkan 13.809 mahasiswa program Pendidikan Profesi Guru (PPG) ke 72 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

NEWS | 30 September 2022

Lantik 3 Anggota MRP, Wamendagri: Jangan Terjebak Dinamika Politik Praktis

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo melantik tiga anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) sisa masa jabatan 2017-2022.

NEWS | 30 September 2022

Legislator: RUU Sisdiknas Tak Ikuti Peta Jalan Pendidikan

Syaiful Huda menuturkan bahwa RUU Sisdiknas dibuat tidak berdasarkan peta jalan pendidikan nasional.

NEWS | 30 September 2022

Pemuka Gereja Kingmi Papua Minta Lukas Enembe Jujur ke KPK

Pemuka gereja Kingmi, Yones Wenda meminta Gubernur Papua Lukas Enembe untuk jujur kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 30 September 2022

Moeldoko: Pemerintah Akselerasi Reformasi Fundamental Sektor Kesehatan

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menegaskan pemerintah sedang mengakselerasi reformasi besar-besaran di sektor kesehatan, terutama di daerah.

NEWS | 30 September 2022

Bangun PLTS, Green Lifestyle DPR Dinilai Patut Dicontoh

Langkah DPR membangun PLTS untuk memenuhi tambahan kebutuhan energi di lingkungan kompleks parlemen, Gedung DPR, Senayan, Jakarta mendapat apresiasi.

NEWS | 30 September 2022

Parpol Mulai Tawar-menawar Koalisi Menuju Pilpres 2024

Partai politik (parpol) mulai tawar-menawar koalisi menuju Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

NEWS | 30 September 2022

Wamendagri Tegaskan Peran MRP Perjuangkan Kepentingan Orang Asli Papua

Wamendagri, John Wempi Wetipo membeberkan peran strategis MRP dalam memperjuangkan kepentingan orang asli Papua. 

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Fadel Muhammad Akhirnya Laporkan La Nyalla ke Badan Kehormatan DPD

Fadel Muhammad Akhirnya Laporkan La Nyalla ke Badan Kehormatan DPD

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings