Logo BeritaSatu

AS dan Arab Saudi Sepakat Hentikan Senjata Nuklir Iran

Minggu, 17 Juli 2022 | 07:43 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jeddah, Beritasatu.com- Amerika Serikat (AS) dan Arab Saudi sepakat menghentikan program senjata nuklir Iran. Seperti dilaporkan Reuters, Minggu (17/7/2022), Presiden Joe Biden dan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman mengambil langkah untuk memperbaiki hubungan mereka yang bermasalah.

Pemimpin AS meninggalkan kerajaan Arab Saudi pada Sabtu (16/7) dengan sedikit keberhasilan dan keraguan apakah kunjungan yang dilakukan itu akan setimpal.

Perjalanan empat hari Biden ke Israel dan Arab Saudi, yang pertama ke Timur Tengah sebagai presiden, bertujuan untuk mengatur ulang hubungan dengan raksasa minyak Teluk Arab, menunjukkan komitmen AS ke kawasan itu dan melawan meningkatnya pengaruh Iran, Rusia, dan Tiongkok.

Tetapi pandangan tajam membayangi langkah Saudi ketika Biden menghindari tampak merangkul putra mahkota yang terlibat oleh intelijen AS dalam pembunuhan brutal 2018 jurnalis Washington Post Jamal Khashoggi, sebuah tuduhan yang dibantah oleh otoritas Saudi.

Biden mengatakan dia menghadapkan Pangeran Mohammed, yang dikenal sebagai MbS, atas pembunuhan itu. MBS tetap tidak tunduk, memberi tahu Biden bahwa Amerika Serikat juga telah membuat kesalahan.

Meskipun Biden meninggalkan Timur Tengah tanpa mendapatkan janji langsung oleh Arab Saudi untuk meningkatkan produksi minyak atau dukungan publik untuk upaya AS untuk poros keamanan regional yang akan mencakup Israel, perjalanan itu tidak sia-sia.

Benturan kepalan tangan Biden dengan Pangeran Mohammed di depan istana kerajaan di Jeddah akan menjadi gambaran yang menentukan dari perjalanan itu, tetapi itu membutuhkan waktu berbulan-bulan. Para pejabat Gedung Putih terbagi atas pemberian penghargaan kepada MBS dengan sebuah kunjungan dan tersiksa dengan tampilannya.

Pada akhirnya, Biden dan Pangeran Mohammed memutuskan bahwa menjaga hubungan strategis dengan Arab Saudi yang telah bertahan selama 80 tahun adalah penting untuk kepentingan AS dan akan membantu kedua belah pihak membalik halaman.

Riyadh mengambil beberapa langkah penting untuk membuka jalan bagi kunjungan itu, termasuk mendukung gencatan senjata yang ditengahi PBB dalam konflik Yaman, kemenangan besar bagi Biden, yang menarik dukungan AS untuk operasi ofensif yang dipimpin Saudi. Ini juga membantu mempercepat peningkatan produksi minyak yang sudah disetujui melalui OPEC+.

“KTT sembilan pemimpin Arab adalah pencapaian yang jelas seperti dukungan untuk gencatan senjata di Yaman. Tetapi pencapaian ini harus dibayar dengan pukulan pertama,” kata Bruce Riedel, seorang peneliti kebijakan luar negeri di Brookings Institution.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ketua Umum IDI: Vaksinasi Upaya Pencegahan Penyakit Menular

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi menyatakan, kasus polio di Aceh menjadi pelajaran semua pihak bahwa vaksinasi merupaya upaya pencegahan penyakit menular.

NEWS | 3 Desember 2022

Siapkan SDM Unggul, Jokowi Minta Guru Perhatikan 3 Hal Ini

Dalam sambutan di HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022, Presiden Jokowi meminta para guru memperhatikan tiga hal dalam menyiapkan SDM unggul. 

NEWS | 3 Desember 2022

Lukisan Karya Anak Disabilitas di Bus Transjakarta Buat Orang Tua Bangga

Guru dan para orang tua bangga karena anak-anak disabilitas sudah tuntas melukis di badan bus Transjakarta pada Hari Disabilitas Internasional.

NEWS | 3 Desember 2022

Polda Sulsel Klarifikasi Video Viral Polisi Bongkar Kebobrokan Polri

Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) mengklarifikasi video viral soal pengakuan seorang polisi Tana Toraja, Aipda Aksan yang membongkar kebobrokan institusi Polri.

NEWS | 3 Desember 2022

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Dua pekan setelah gempa Cianjur pada 21 November lalu jumlah pengungsi yang tinggal di tenda-tenda pengungsian terus berkurang.

NEWS | 3 Desember 2022

IDI: Kasus Polio di Aceh Jadi Pelajaran Pentingnya Vaksinasi

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengatakan kasus polio di Aceh menjadi pelajaran penting bagi pemerintah dan masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

NEWS | 3 Desember 2022

Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov NTB Kirim 2 Truk Makanan

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah melepas pengiriman dua truk bantuan berupa makan siap saji untuk para korban gempa Cianjur. 

NEWS | 3 Desember 2022

KPU Pastikan Anggaran Pemilu Akan Dilaporkan Tiap Triwulan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan anggaran Pemilu 2022 akan dipertanggungjawabkan secara transparan dalam laporan keuangan triwulan.

NEWS | 3 Desember 2022

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

IDI: Dunia Akui Pemulihan Kesehatan Pasca-Covid-19 di Indonesia

Ketua Umum PB IDI, Adib Khumaidi menyebut dunia mengakui langkah-langkah pemulihan kesehatan yang dilakukan Indonesia pascapandemi Covid-19.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ketua Umum IDI: Vaksinasi Upaya Pencegahan Penyakit Menular

Ketua Umum IDI: Vaksinasi Upaya Pencegahan Penyakit Menular

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE