Logo BeritaSatu

Akibat Serangan Rusia, 150 Warga Sipil Ukraina Tewas

Minggu, 17 Juli 2022 | 08:30 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Sekitar 150 warga sipil Ukraina tewas akibat serangan Rusia baru-baru ini. Seperti dilaporkan Washington Post, Jumat (15/7/2022), dampak perang Ukraina itu disampaikan markas Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) di Pentagon.

“Diperkirakan 100 hingga 150 warga sipil tewas dalam serangan militer Rusia di Ukraina selama dua minggu terakhir,” kata Pentagon, Jumat, sehari setelah rudal yang diluncurkan dari kapal selam di Laut Hitam menewaskan sedikitnya 20 orang di kota Vinnytsia.

Pejabat Rusia mengklaim bahwa serangan itu, sekitar 150 mil barat daya Kyiv, menyerang sasaran militer. Pemerintah Ukraina menyatakan serangan pada Kamis menghantam kompleks bisnis dan infrastruktur sipil lainnya yang jauh dari garis depan perang dalam invasi Rusia.

Serangan itu tampaknya sesuai dengan pola yang lebih luas saat Rusia telah meluncurkan serangan ke bagian Ukraina yang tampaknya tenang. Serangan Rusia menjungkirbalikkan kehidupan dan membuat marah Ukraina.

Video serangan Rusia tampaknya mendukung klaim Ukraina, kata seorang pejabat senior pertahanan AS, yang berbicara dengan syarat anonim di bawah aturan dasar yang ditetapkan oleh Pentagon.

"Saya melihat video yang sama yang Anda semua lihat. Saya tidak melihat apa pun di sana yang terlihat dekat dengan militer. Itu tampak seperti gedung apartemen," kata pejabat itu kepada wartawan.

Lonjakan kematian warga sipil telah terjadi ketika pasukan Rusia dan Ukraina tetap terkunci dalam pertempuran sengit di Ukraina timur, dengan wilayah yang biasanya berpindah tangan sedikit demi sedikit dan dengan biaya tinggi bagi kedua belah pihak.

Ditanya apakah perang, yang mendekati tanda lima bulannya, telah memasuki jalan buntu, pejabat senior pertahanan AS mengatakan terlalu dini untuk menilai.

Pejabat itu mencatat bahwa pasukan Ukraina terus menahan upaya Rusia untuk merebut wilayah di sekitar kota timur laut Kharkiv, dan bahwa sementara komandan Rusia ingin bergerak ke kota timur Slovyansk, mereka “tidak dapat melakukannya.”

Ukraina menggunakan sistem roket multi-peluncuran yang canggih, termasuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi M142 yang disediakan oleh Amerika Serikat, untuk menyerang peralatan Rusia di belakang garis depan.

“Mereka menyerang target seperti pasokan amunisi, pasokan logistik lainnya, komando dan kontrol. Semua hal itu berdampak langsung pada kemampuan untuk memengaruhi operasi di garis depan,” kata pejabat senior pertahanan AS.

Pasukan Ukraina juga telah memulai beberapa upaya untuk merebut kembali wilayah di bagian selatan negara yang telah direbut oleh Rusia. Di wilayah Kherson, 44 permukiman telah direklamasi dalam serangan balasan, penjabat kepala administrasi militer wilayah Ukraina mengatakan Kamis.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jenazah Bripda Khoirul Anam Ditemukan di Pantai Burung Mandi

Jenazah yang ditemukan di Pantai Burung Mandi itu bernama Bripda Khoirul Anam. Ia merupakan kru helikopter Polri yang hilang kontak.

NEWS | 28 November 2022

Akses bagi Anak-Anak Buruh Tani Sawit Dapatkan Pendidikan Berkualitas

Untuk menguatkan pemulihan pembelajaran, Kepala SDN 005 Tanjung Palas Timur Ludiah Liling merancang empat strategi implementasi Kurikulum Merdeka.

NEWS | 28 November 2022

Helikopter Polri yang Hilang Kontak Diduga Jatuh karena Cuaca

Helikopter Polri yang hilang kontak di dekat perairan Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung, pada Minggu (27/11/2022), diduga jatuh karena cuaca.

NEWS | 28 November 2022

Bertemu Tokoh Supremasi Kulit Putih, Donald Trump Dikritik Republikan

Mantan Presiden AS Donald Trump mendapat kritikan tajam dari sejumlah Republikan atau anggota Partai Republik.

NEWS | 28 November 2022

Surpres Calon Panglima TNI Akan Diterima DPR Sore Ini

Surpres calon Panglima TNI dijadwalkan akan diterima Dewan Perwakilan Rakyat Senin (28/11/2022) pukul 16.00 WIB.

NEWS | 28 November 2022

Tak Terima Dikalahkan Maroko, Fan Belgia Mengamuk di Jalanan Brussel

Tak terima kalah dari timnas Maroko di ajang Piala Dunia Qatar, Minggu (27/11/2022), para fan Belgia mengamuk di jalanan ibu kota Brussel.

NEWS | 28 November 2022

Helikopter Polri Hilang Kontak, 1 Jenazah Diduga Kru Ditemukan di Pantai

Kru helikopter Polri dengan nomor registrasi 105/P-1103 yang hilang kontak ditemukan di Pantai Burung Mandi, Bangka Belitung.

NEWS | 28 November 2022

Emak-emak Rusia Bikin Petisi Antiperang Ukraina di Hari Ibu

Emak-emak dari tentara Rusia membuat petisi antiperang online untuk menuntut penarikan pasukan dari Ukraina pada perayaan Hari Ibu.

NEWS | 28 November 2022

Jadwal Sidang Ferdy Sambo Dkk di PN Jaksel Pekan Ini

Ferdy Sambo dkk akan menjalani sidang di PN Jaksel pekan ini selama tiga hari. Berikut jadwal sidang Ferdy Sambo dkk pekan ini

NEWS | 28 November 2022

Hari Ini, Bharada E Cs Hadapi Persidangan Kasus Brigadir J

Bharada E duduk sebagai terdakwa bersama dengan Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf pada sidang dugaan pembunuhan berencana Brigadir J.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Akses bagi Anak-Anak Buruh Tani Sawit Dapatkan Pendidikan Berkualitas

Akses bagi Anak-Anak Buruh Tani Sawit Dapatkan Pendidikan Berkualitas

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE