Logo BeritaSatu

Mendagri Minta Kepala Daerah Renovasi Anjungan di TMII

Minggu, 17 Juli 2022 | 20:26 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta para kepala daerah merenovasi anjungan daerah masing-masing di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Hal itu disampaikan Mendagri saat meninjau area revitalisasi TMII bersama Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Minggu (17/7/2022).

“Saya sudah melakukan komunikasi dengan rekan-rekan gubernur, rekan-rekan gubenur prinsip setuju mendukung dan kemudian Kemendagri membentuk tim, tim yang saya buat, kemudian sudah turun langsung door to door ke setiap anjungan, dibuat klasifikasi, mana yang rusak ringan, sedang, berat, dan ada yang belum memiliki anjungan,” kata Tito Karnavian.

Tito memaparkan ada 19 anjungan dengan kerusakan ringan, tetapi struktur bangunannya masih bagus. Ada pula anjungan yang mengalami kerusakan sedang. Selain itu, ada juga provinsi yang belum memiliki anjungan di TMII, seperti Kalimantan Utara (Kaltara).

“Kaltara itu sudah menjadi provinsi, tapi tidak punya anjungannya. Nah, nanti kita koordinasikan untuk mendapatkan lahan supaya ada anjungan. Ada juga anjungan yang di lokasinya bersama, itu untuk provinsi baru saat itu, Bangka Belitung, Gorontalo, dan lain-lain. Kemudian, dari situ kita juga melakukan komunikasi dengan para pengurus anjungan, berapa biaya yang diperlukan,” ujar Tito.

Tito menyebut total biaya renovasi yang dibutuhkan lebih kurang hampir Rp 45-50 miliar untuk seluruh provinsi. Pendanaan tersebut dapat menggunakan anggaran pemerintah daerah (pemda). “Khusus yang anjungan-anjungan ini kan pemda, tanahnya juga dihibahkan kepada pemda, kemudian pengelolaannya juga oleh pemda,” kata Tito.

Sementara itu, Pratikno berharap para kepala daerah segera berpartisipasi untuk melakukan upaya perbaikan atau renovasi tersebut. Pemerintah juga merencanakan pada akhir Agustus nanti akan menggelar kegiatan di TMII, berupa soft launching yang berkaitan dengan kegiatan G-20.

“Mengapa Pak Mendagri juga ikut berkunjung ke sini, kami minta tolong kepada Pak Mendagri untuk menjamin agar masing-masing provinsi segera merenovasi memperbaiki anjungan-anjungan provinsi sesuai dengan desain yang sudah dirancang,” kata Pratikno.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Suap IMB Apartemen, Eks Wali Kota Yogyakarta Segera Diadili

Eks Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang terlibat dalam kasus dugaan suap terkait IMB apartemen Royal Kedhaton segera diadili.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ini Pernyataan Sejumlah Artis

Sejumlah artis sangat menyayangkan terjadinya tragedi Kanjuruhan di Stadion Kanjuruhan, Malang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Cacar Monyet Tak Akan Hilang dalam Waktu Dekat di AS

Beberapa pejabat kesehatan AS mengakui bahwa cacar monyet mungkin tidak akan hilang dalam waktu dekat.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Tegaskan Sportivitas Harus Dijaga

Jokowi angkat bicara soal tragedi Kanjuruhan. Jokowi menegaskan, sportivitas dalam dunia olah raga harus dijaga.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ganjar: Tragedi Kanjuruhan Jadi Momentum Evaluasi Sepak Bola Nasional

Ganjar Pranowo menyampaikan duka cita yang mendalam untuk semua korban tragedi Kanjuruhan, terutama korban meninggal dunia.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Prosedur Pengamanan Tak Luput dari Perhatian Jokowi

Jokowi meminta soal evaluasi prosedur pengamanan pada penyelenggaraan sepak bola nasional, khususnya terkait tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Venezuela Bebaskan 7 Warga Amerika, Ditukar Keponakan Istri Presiden Maduro

Venezuela pada Sabtu (1/10/2022) membebaskan tujuh warga Amerika yang ditahan, dengan imbalan pembebasan dua keponakan istri Presiden Nicolas Maduro.

NEWS | 2 Oktober 2022

Keluarga yang Kehilangan Anak pada Tragedi Kanjuruhan Diminta Melapor

Kementerian PPPA mengimbau keluarga yang kehilangan anak-anaknya dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang agar melapor.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, La Nyalla Soroti Polisi dalam Pola Penanganan Suporter

mantan Ketua Umum PSSI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti menyesalkan pola penanganan suporter oleh polisi dalam Tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Jokowi Minta Menkes dan Gubernur Jatim Beri Layanan Terbaik Korban Kanjuruhan

Presiden Jokowi memerintahkan Menkes Budi Gunadi dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa beri pelayanan terbaik pada korban Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Prevalensi Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi pada 2 Oktober

Prevalensi Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi pada 2 Oktober

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings