Logo BeritaSatu

Y-20 Summit, Menlu Retno Harap 1,2 Miliar Pemuda Dunia Jadi Sumber Solusi

Senin, 18 Juli 2022 | 18:30 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengharapkan 1,2 miliar pemuda dunia menjadi sumber solusi atas berbagai tantangan global saat ini. Menurut Retno, sejarah telah membuktikan pemuda merupakan agen perubahan ke arah yang lebih baik.

Hal ini disampaikan Retno dalam sambutannya di acara opening ceremony Y-20 Summit di Gedung Nusantara V DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/7/2022). Selain Retno, hadir juga Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Asrorun Ni'am Sholeh; anggota DPR Puteri Anetta Komarudin; dan para Co-Chair Y-20 Indonesia dan delegasi Y-20 dari berbagai negara G-20.

"Dari berbagai tantangan global yang saat ini dihadapi, saya menyakini kapabilitas transformatif dari 1,2 miliar anak muda di seluruh dunia bisa memberikan kontribusi yang luar biasa terhadap berbagai solusi dunia," ujar Retno.

Menurut Retno, terdapat dua peran penting yang relevan bagi pemuda dalam memajukan dunia ke arah yang lebih baik. Pertama, kata dia, pemuda adalah agen perdamaian. Sebagai pemimpin masa depan, menurut dia, pemuda harus memainkan peran penting untuk memastikan perdamaian, masa depan yang sejahtera dan berkelanjutan.

"Di dalam dunia yang terglobalisasi dan saling terkoneksi, perdamaian ini dapat dilakukan dengan menumbuhkan dialog, membangun jembatan, tidak membangun tembok. Jembatan ini harus didasari keberagaman, keberagaman yang dibangun dari kolaborasi dan dibentengi dengan Inklusi," imbuh dia.

"Ini adalah prinsip-prinsip yang dimajukan untuk mewujudkan perdamaian. Saya juga ingin menyampaikan apresiasi Y-20 atas upayanya menekankan keberagaman dan inklusivitas di seluruh area pembahasannya termasuk lapangan kerja bagi kaum muda, dunia yang berkelanjutan dan layak huni serta tranformasi digital," kata Retno menambahkan.

Kedua, kata Retno, pemuda adalah agen perubahan. Untuk itu, kata dia, Y-20 harus bisa mengatasi berbagai tantangan-tantangan dan mengubah ke arah yang lebih baik, berpikir secara out of the box dan memberikan solusi-solusi inovatif.

"Dalam konteks ini, pemuda harus berinvestasi pada isu-isu yang dapat berdampak pada masa depan, seperti kesehatan, transformasi digital, transisi energi dan juga menjadi masa depan lebih baik bagi generasi berikutnya," tegasnya.

Dalam kaitan pemuda sebagai agen perubahan, Retno menyambut baik empat isu prioritas dan rekomendasi acara puncak Y-20 kali ini, yaitu transformasi digital, ketenagakerjaan pemuda, keragaman dan inklusi, serta keberlanjutan planet dan layak huni.

"Acara puncak Y-20 harus menjadi platform untuk meneruskan tampuk kepemimpinan kepada kelompok pemuda. Pemuda harus menjadi sumber solusi bagi dunia untuk pulih bersama dan untuk pulih lebih baik lagi," kata Retno.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pembangunan Rumah Korban Gempa Cianjur Rampung Sebelum Lebaran

Pembangunan rumah korban gempa Cianjur, Jawa Barat, akan rampung sebelum Lebaran 2023 mendatang.

NEWS | 4 Desember 2022

Longsor di Jalan Bogor-Sukabumi, Kendaraan Besar Dialihkan ke Tol Bocimi

Polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan arus kendaraan besar ke Tol Bocimi, imbas dari longsornya Jalan Raya Bogor-Sukabumi.

NEWS | 4 Desember 2022

MRT Jakarta Dorong Masyarakat Manfaatkan Taman Literasi

Menurut Farchad, masyarakat bisa melakukan berbagai kegiatan di taman literasi Martha Christina Tiahahu, yang dikelola anak usaha PT MRT Jakarta.  

NEWS | 4 Desember 2022

Pencarian Helikopter Polri NBO-105 Diperpanjang Tiga Hari

Tim SAR gabungan memperpanjang pelaksanaan kegiatan pencarian dan evakuasi Helikopter NBO-105 Polri yang jatuh di perairan Manggar, Belitung Timur.

NEWS | 4 Desember 2022

MRT Jakarta Targetkan Penambahan Lima Taman Literasi di 2023

MRT Jakarta melalui anak perusahaan, PT Integrasi Transit Jakarta (ITJ) menargetkan penambahan area hijau di DKI Jakarta sebesar 10 persen.

NEWS | 4 Desember 2022

Waspada, Status Gunung Semeru Naik Jadi Level Awas

Status Gunung Semeru di Jawa Timur pada Minggu ini telah dinaikkan dari Level 3 atau Siaga menjadi Level 4 atau Awas terhitung mulai pukul 12.00 WIB.

NEWS | 4 Desember 2022

Jadi Lokasi Pernikahan Kaesang, Segini Tarif Menginap di Royal Ambarrukmo

Hotel Royal Ambarrukmo sendiri merupakan satu dari empat hotel warisan budaya nasional selain Hotel Indonesia (Kempinski) di Jakarta, Hotel Bali Beach di Bali.

NEWS | 4 Desember 2022

Semeru Luncurkan Awan Panas Guguran, Masyarakat Diimbau Tak Beraktivitas

Masyarakat diimbau tidak beraktivitas di lereng Gunung Semeru pascaerupsi dan meluncurkan awan panas guguran sejauh 7 kilometer, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

ABK Indonesia Selamat dari Pembajakan Kapal di Perairan Pantai Gading

17 ABK WNI berhasil diselamatkan dari pembajakan Kapal Tanker B-Ocean di perairan wilayah selatan Pantai Gading.

NEWS | 4 Desember 2022

Bekantan Mengamuk dan Masuk Permukiman, Warga Panik

Seekor kera Bekantan sempat membuat puluhan warga panik, lantaran mengamuk dan berkeliaran di permukiman warga di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pembangunan Rumah Korban Gempa Cianjur Rampung Sebelum Lebaran

Pembangunan Rumah Korban Gempa Cianjur Rampung Sebelum Lebaran

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE