Logo BeritaSatu

Jokowi Terima Kunjungan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta

Selasa, 19 Juli 2022 | 11:29 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / JAS

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Demokratik Timor Leste Jose Ramos Horta di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/7/2022).

Presiden Jose Ramos Horta masuk kedalam area Istana dengan menggunakan mobil kepresidenan. Mobil tersebut dikelilingi dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang berjalan kaki mengiringi dari gerbang masuk hingga di halaman depan Istana.

Advertisement

Sedangkan di depan mobil yang ditumpangi Presiden Ramos Horta, terlihat ada 10 orang pasukan berpakaian adat daerah Indonesia serta 6 orang pasukan berkuda dan pasukan marching band yang memainkan sejumlah lagu dengan mengenakan seragam berwarna merah putih.

Setelah tiba di halaman depan Istana, Presiden Jose disambut dengan tarian daerah dan sejumlah warga yang berpakaian adat daerah sambil melambaikan bendera kedua negara.

Adapun rangkaian acara penyambutan kenegaraan Presiden Jose Ramos Horta oleh Presiden Hokowi dimulai dengan penyambutan kedatangan saat memasuki Istana Kepresidenan Bogor dilanjutkan dengan upacara penyambutan kenegaraan yang akan diiringi dengan lagu kebangsaan kedua negara dan 21 dentuman Meriam.

Setelah itu, kedua pemimpin negara akan melakukan pengenalan terhadap masing-masing delegasi dari kedua negara yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan penandatanganan buku tamu.

Delegasi Indonesia yang mendampingi Presiden Jokowi adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Dubes RI untuk Timor Leste Okto Dorinus Manik, dan Direktur Asia Timur Kementerian Luar Negeri Santo Darmosumarto.

Sementara delegasi dari Timor Leste terdiri dari Menteri Luar Negeri dan Korporasi, Menteri Perhubungan dan Komunikasi, Menteri Pertanian dan Perikanan, Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia, Ketua Dewan Kepresidenan Sipil dan Direktur Jenderal untuk Urusan Asia.

Kemudian, Presiden Jokowi dan Presiden Jose akan melakukan penanaman pohon Gaharu bersama di halaman Istana Kepresidenan Bogor. Setelah itu, mereka akan melakukan pertemuan tatap muka atau veranda talk di veranda belakang Istana.

Acara dilanjutkan dengan melakukan pertemuan bilateral dengan delegasi masing-masing di Ruang Oval Istana Bogor. Lalu kedua Kepala Negara ini akan menyaksikan naskah atau nota kesepahaman yang akan ditandatangani.

Setelah itu, Presiden Jokowi dan Presiden Jose akan melakukan keterangan pers bersama. Rangkaian acara penyambutan kenegaraan hari ini akan ditutup dengan jamuan santap siang kenegaraan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi Akui Penetapan Tersangka Hasya Mahasiswa UI Malaadministrasi

Polda Metro Jaya mengakui adanya maladministrasi dalam penetapan tersangka terhadap Hasya Athallah Saputra mahasiswa UI yang tewas ditabrak. 

MEGAPOLITAN | 9 Februari 2023

Ngeri, Ini Mengapa Gempa Turki Paling Ditakuti Pakar

Gempa Turki dengan mekanisme geser itu termasuk fenomena gempa yang paling ditakuti terjadi oleh para ahli gempa.

INTERNASIONAL | 9 Februari 2023

Kondisi Pasien Gangguan Ginjal yang Dirawat di RSCM Membaik

Pasien anak suspek gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) yang sedang dirawat di RSCM Jakarta, kondisinya semakin membaik.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Pedagang Dipalak Preman, Kapolsek Koto Tangah Mengamuk

Kapolsek Koto Tangah, Padang, Sumatera Barat mengamuk sambil mencari pelaku pemalakan ratusan pedagang Pasar Pagi.

NEWS | 9 Februari 2023

Kuasa Hukum: Ibu Muda Tersangka Pencabulan Anak di Jambi Diperkosa

Kuasa hukum ibu muda yang menjadi tersangka pencabulan terhadap 17 anak-anak di  Jambi, menyebut klienya justru sebagai korban pemerkosaan.

NUSANTARA | 9 Februari 2023

Ini Syarat Masuk Akpol yang Wajib Dipenuhi Calon Taruna

Meskipun pendaftaran Akpol 2023 belum dibuka, namun secara umum ada beberapa syarat pendaftaran untuk masuk Akpol.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Jokowi Minta Pers Menjalankan Peran sebagai Rumah Penjernih Informasi

Presiden Joko Widodo meminta insan pers untuk terus menjalankan peran sebagai rumah penjernih informasi di tengah merebaknya media digital.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Keluarga Berharap Arif Rachman Dapat Kembali ke Polri

Kuasa hukum Marcella Santoso mengatakan, pihaknya akan memperjuangkan terdakwa Arif Rachman Arifin dapat kembali berdinas di instansi Polri.

MEGAPOLITAN | 9 Februari 2023

Jelang Vonis Arif Rachman, Kuasa Hukum: Kami Hanya Berharap kepada Tuhan

Sidang pembacaan vonis terdakwa kasus obstruction of justice, Arif Rachman Arifin digelar 23 Februari 2023. Pengacara hanya berharap kepada Tuhan.

MEGAPOLITAN | 9 Februari 2023

Pilot Susi Air Masih Belum Ditemukan Sampai Saat ini

Hingga kini tim gabungan TNI-Polri masih terus melakukan pencarian terhadap pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru tersebut.

NUSANTARA | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Sugeng Guruh Gautama


# Disney PHK Karyawan


# Gempa Turki


# Ferdy Sambo


# Capres PDIP


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BUMN dan Industri Minerba Didorong Usung Energi Bersih

BUMN dan Industri Minerba Didorong Usung Energi Bersih

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE