Logo BeritaSatu

Korea Utara Klaim Masuki Tahap Akhir Krisis Covid-19

Selasa, 19 Juli 2022 | 13:38 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Seoul, Beritasatu.com- Korea Utara mengklaim sudah memasuki tahap akhir krisis Covid-19. Seperti dilaporkan Reuters, Senin (18/7/2022), klaim itu dinyatakan kantor berita Korut KCNA saat negara tetangga Asia lain memerangi gelombang infeksi baru yang didorong oleh subvarian Omicron.

Korea Utara mengatakan 99,98 persen dari 4,77 juta pasien demam sejak akhir April telah pulih sepenuhnya, tetapi karena kurangnya pengujian, Korea Utara belum merilis angka dari warga yang terbukti positif.

“Kampanye anti-epidemi ditingkatkan untuk akhirnya meredakan krisis sepenuhnya,” kata KCNA seraya menambahkan bahwa Korea Utara telah melaporkan 310 orang lagi dengan gejala demam.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meragukan klaim Korea Utara. Bulan lalu, WHO yakin situasi Korea Utara semakin buruk, bukan lebih baik, di tengah tidak adanya data independen.

Deklarasi Korea Utara bisa menjadi awal untuk memulihkan perdagangan yang lama terhambat oleh pandemi, kata seorang analis.

“Di bawah tren saat ini, Korea Utara dapat mengumumkan dalam waktu kurang dari sebulan bahwa krisis Covid-19 telah berakhir dan itu bisa menjadi awal untuk melanjutkan perdagangan lintas batas,” kata Cheong Seong-chang, direktur Institut Sejong Pusat Studi Korea Utara di Korea Selatan.

Analis mengatakan Utara yang otoriter telah menggunakan pandemi untuk memperketat kontrol sosial yang sudah ketat. Pyongyang menyalahkan wabahnya pada "hal-hal asing" di dekat perbatasannya dengan Selatan, mendesak rakyatnya untuk menghindari apa pun yang datang dari luar.

Kasus demam baru harian di Korea Utara yang dilaporkan oleh KCNA telah menurun sejak negara tertutup itu pertama kali mengakui pada pertengahan Mei bahwa mereka sedang berjuang melawan wabah Covid-19.

Kurangnya upaya vaksinasi publik, Korea Utara mengatakan sedang berjalan secara intensif pemeriksaan kesehatan nsive nasional, dengan tes PCR harian pada air yang dikumpulkan di daerah perbatasan di antara langkah-langkah.

Korea Utara juga menyatakan telah mengembangkan metode baru untuk mendeteksi virus dan variannya dengan lebih baik, serta penyakit menular lainnya, seperti cacar monyet.

Klaim Korea Utara tentang “stabilitas anti-epidemi” datang ketika negara-negara Asia lainnya bergulat dengan gelombang infeksi baru. Tiongkok melaporkan 691 kasus baru pada Sabtu dengan infeksi menular lokal pada puncaknya sejak 23 Mei.

Di negara tetangga Selatan, infeksi Covid-19 harian melonjak pada hari Selasa di atas 40.000 untuk pertama kalinya dalam dua bulan, dengan pihak berwenang dan para ahli memperkirakan ratusan ribu kasus baru dalam beberapa minggu mendatang.

Jepang juga memperingatkan bahwa gelombang baru infeksi tampaknya menyebar dengan cepat, ketika Perdana Menteri Fumio Kishida menyerukan perhatian khusus menjelang liburan musim panas sekolah.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi: Dukungan Masyarakat Dayak Diperlukan dalam Pembangunan IKN

Jokowi mengatakan, dukungan masyarakat Suku Dayak sangat dibutuhkan dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN di Kalimantan Timur.

NEWS | 29 November 2022

Tergenang Banjir, Jalan Raya Puri Kembangan Macet

Jalan Raya Puri Kembangan Jakarta Barat, Selasa (29/11/2022) pagi, macet karena tergenang banjir.

NEWS | 29 November 2022

Kekompakan Laksamana Yudo Margono dan Jenderal Dudung

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dan Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman menunjukkan kekompakan.

NEWS | 29 November 2022

Tiongkok Pilih Jalan Tegas Redam Warga Protes Kebijakan Covid-19

Pemerintah Tiongkok memilih jalan tegas untuk meredam warga protes kebijakan Covid-19 yang jarang terjadi di negara itu.

NEWS | 29 November 2022

Ketua DPR Tegaskan Tidak Ada Pergantian Nama Calon Panglima TNI

Ketua DPR Puan Maharani menegaskan tidak ada pergantian nama calon Panglima TNI yang masuk ke DPR dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

NEWS | 29 November 2022

Mensesneg Tegaskan Presiden Fokus Jalankan Roda Pemerintahan

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menegaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjalankan roda pemerintahan.

NEWS | 29 November 2022

Salim Segaf Salurkan Bantuan dari Anggota PKS untuk Korban Gempa Cianjur

Salim Segaf Al Jufri mendatangi posko tanggap bencana gempa bumi Cianjur di kantor DPD PKS Cianjur.

NEWS | 29 November 2022

Kemenkumham Ungkap Pentingnya Pelatihan bagi Kurator Negara

Kemenkumham mengungkap pentingnya pelatihan bagi pegawai Balai Harta Peninggalan (BHP) atau kurator negara.

NEWS | 29 November 2022

Satelit Karya Anak Bangsa Diluncurkan Bareng Roket Elon Musk

Satelit nano karya anak bangsa Surya Satellite-1 (SS-1) berhasil meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dari Florida AS.

NEWS | 29 November 2022

ELT Helikopter Polri yang Jatuh di Belitung Tidak Berfungsi

ELT atau emergency locator transmiter milik helikopter Polri yang jatuh di Belitung berhasil ditemukan dalam keadaan tidak berfungsi.

NEWS | 29 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi: Dukungan Masyarakat Dayak Diperlukan dalam Pembangunan IKN

Jokowi: Dukungan Masyarakat Dayak Diperlukan dalam Pembangunan IKN

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE