Logo BeritaSatu

Petinggi Anak Usaha Summarecon Jadi Tersangka KPK

Selasa, 19 Juli 2022 | 18:50 WIB
Oleh : Fana F Suparman / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan menetapkan petinggi anak usaha Summarecon Agung sebagai tersangka. Berdasarkan informasi, Direktur PT Java Orient Property, Dandan Jaya Kartika yang merupakan anak usaha Summarecon Agung ditetapkan sebagai tersangka baru kasus dugaan suap pengurusan izin mendirikan bangunan (IMB) apartemen Royal Kedhaton Yogyakarta. Kasus ini sebelumnya telah menjerat mantan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dan Vice President Real Estate PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), Oon Nasihono.

Penetapan tersangka Dandan ini diketahui dari gugatan praperadilan yang diajukannya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). Dalam petitumnya, Dandan meminta mejelis hakim menyatakan penetapannya sebagai tersangka oleh KPK tidak sah dan tidak berdasar atas hukum.

“Menyatakan penetapan tersangka atas diri pemohon yang dilakukan oleh termohon adalah tidak sah,” demikian dikutip dari laman resmi PN Jakarta Selatan, Selasa (19/7/2022).

Dandan disangkakan atas dugaan pemberi suap berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Nomor: B/282/DIK.00/23/06/2022 tanggal 03 Juni 2022. Dandan dikabarkan telah dua kali dipanggil penyidik KPK dalam kapasitasnya sebagai tersangka. Namun, mangkir atau tidak memenuhi panggilan pemeriksaan tim penyidik. Jika tak kunjung datang pada panggilan ketiga, Dandan berpeluang dijemput paksa tim penyidik KPK.

Lembaga antikorupsi belum menyampaikan keterangan terkait penetapan Dadan sebagai tersangka dan upayanya mengajukan praperadilan.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Haryadi Suyuti dan Vice President Real Estate PT Summarecon Agung Tbk, Oon Nasihono sebagai tersangka kasus dugaan suap izin IMB apartemen Royal Kedhaton di kawasan Malioboro.

Dalam kasus ini, KPK juga menjerat Kepala Dinas Penanaman Modal Pemkot Yogyakarta, Nurwidhihartana dan sekretaris pribadi Wali Kota Yogyakarta, Triyanto Budi Yuwono.

Haryadi melalui Triyanto dan Nurwidhihartana diduga menerima suap US$ 27.258 dari Oon untuk memuluskan IMB apartemen Royal Kedhaton yang digarap anak usaha Summarecon Agung, PT Java Orient Property.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top News, Wakil Wali Kota Pagar Alam Meninggal dan Kebakaran Gedung Kemenkumham

Berita meninggalnya Wakil Wali Kota Pagaralam, Sumatera Selatan Muhammad Fadli dan kebakaran gedung Kemenkumham paling banyak dibaca.

NEWS | 9 Desember 2022

Soal Motif Bom Bunuh Diri Bandung, Pengamat Singgung ISIS dan KUHP

Pengamat terorisme, Stanislaus Riyanta menyinggung soal ISIS dan KUHP terkait motif Agus Sujatno melakukan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung.

NEWS | 9 Desember 2022

Patahan Cugenang, Pemicu Gempa Cianjur Belum Pernah Teridentifikasi

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, selama ini patahan Cugenang, pemicu gempa Cianjur, Jawa Barat, belum teridentifikasi.

NEWS | 9 Desember 2022

Aksi Bom Bunuh Diri Bukan Bagian dari Amalan Jihad

Aksi bom bunuh diri seperti bom Bandung itu, menurut Sekum DDI KH Suaib Tahir, bukan bagian amalan jihad.

NEWS | 9 Desember 2022

Hendra Kurniawan Bantah Menemui Ferdy Sambo pada 13 Juli

Hendra Kurniawan membantah keterangan mantan staf pribadi Ferdy Sambo yang menyebutnya menemui Ferdy Sambo di ruang Kadiv Propam Polri pada 13 Juli 2022.

NEWS | 8 Desember 2022

Eks Napiter Tegaskan Ekonomi Bukan Motif Bom Bunuh Diri

Pujianto alias Raider Bakiyah, mantan narapidana terorisme (napiter) mengatakan ekonomi bukan motif teroris melakukan bom bunuh diri.

NEWS | 8 Desember 2022

Masyarakat Harus Dibekali Kemampuan Deteksi Dini Ancaman Terorisme

Masyarakat harus bersatu memerangi terorisme. Pemerintah harus mulai membekali masyarakat dengan kemampuan mendeteksi dan pencegahan dini.

NEWS | 8 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Erick Thohir: Jokowi Ingin Festival Budaya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo ingin konsep Festival Budaya sehingga dekat dengan rakyat saat menggelar pernikahan Kaesang Pangarep

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Sebut 97 Perusahaan Relokasi Pabrik ke Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut, puluhan perusahaan melakukan relokasi pabrik ke berbagai daerah di Jateng.

NEWS | 8 Desember 2022

Pertukaran Tahanan, Bintang Bola Basket Wanita AS Dibebaskan Rusia

Bintang bola basket wanita AS Brittney Griner dibebaskan dari penjara Rusia, dalam sebuah pertukaran tahanan.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Nielsen: Vidio Paling Banyak Ditonton, Netflix Nomer 3

Nielsen: Vidio Paling Banyak Ditonton, Netflix Nomer 3

LIFESTYLE | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE