Logo BeritaSatu

Pemimpin Junta Myanmar Cari Dukungan dan Senjata di Rusia

Rabu, 20 Juli 2022 | 07:02 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Yangon, Beritasatu.com- Pemimpin junta Myanmar mencari dukungan dan senjata di Rusia. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Minggu (17/7/2022), para jenderal Myanmar berinvestasi dalam hubungan dengan Rusia karena dikucilkan sebagian besar negara di dunia.

Jenderal tertinggi Myanmar telah berada di Moskwa untuk bertemu dengan pejabat senior dari kementerian pertahanan Rusia. Sejauh ini, Rusia menjanjikan hubungan militer yang lebih dalam dan kerja sama dalam energi nuklir.

“Mereka terus terang bertukar pandangan tentang promosi lebih lanjut dari hubungan persahabatan yang ada dan kerja sama teknologi militer,” lapor media pemerintah Myanmar, setelah pertemuan antara Jenderal Senior Min Aung Hlaing dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu.

Rusia telah muncul sebagai salah satu pendukung paling penting militer Myanmar, yang merebut kekuasaan dalam kudeta pada Februari 2021, meskipun pada pemilu 2020, Liga Nasional untuk Demokrasi pimpinan Aung San Suu Kyi menang.

Rezim baru Myanmar memiliki sedikit legitimasi internasional dan telah berjuang untuk mengendalikan satu negara yang pertama meletus dalam protes massa dan kemudian perlawanan bersenjata terhadap kekuasaannya.

Bahkan Rusia telah menghindari memberikan pengakuan formal kepada militer sebagai pemerintah Myanmar, setuju untuk mengizinkan duta besar yang ditunjuk oleh pemerintah yang digulingkan untuk tetap duduk di PBB. Meskipun Min Aung Hlaing telah melakukan beberapa kali perjalanan ke Rusia sejak kudeta, dia belum pernah mendapat kesempatan untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin.

Saat banyak negara Barat telah memberlakukan sanksi terhadap militer, para pemimpin dan kepentingan bisnis Myanmar, Rusia dan China terus mempersenjatai rezim tersebut. Tindakan itu tetap dilakuakn bahkan ketika junta menyerahkan senjatanya pada warga sipilnya sendiri, menewaskan lebih dari 2.000 orang dalam waktu kurang dari 18 bulan.

“Rezim Putin membantu dan bersekongkol dengan kejahatan perang militer Myanmar dan kejahatan terhadap kemanusiaan, yang dilakukan setiap hari dengan impunitas total,” kecam Khin Ohmar, ketua organisasi hak asasi manusia Progressive Voice.

Salah satu dukungan paling penting adalah kepada angkatan udara rezim, yang komandannya juga merupakan bagian dari delegasi di Rusia. Militer menghadapi perlawanan sengit dari kelompok bersenjata anti-kudeta yang baru dibentuk, yang dikenal sebagai Pasukan Pertahanan Rakyat (PDF), serta organisasi bersenjata etnis yang lebih mapan, yang telah berjuang untuk otonomi politik selama beberapa dekade.

Saat kelompok sekutu ini telah mengejutkan banyak analis dengan kemenangan medan perang sejak kudeta Myanmar, tidak ada yang memiliki pesawat tempur, sehingga dominasi udara militer memberikan keuntungan yang berbeda.

Anthony Davis, seorang analis keamanan yang berbasis di Bangkok, mengatakan serangan kontra-pemberontakan militer saat ini sangat bergantung pada perangkat udara era Rusia dan Soviet untuk serangan, jalur pasokan, evakuasi, dan transportasi pasukan.

“Tanpa sesuatu yang dapat diandalkan pasokan suku cadang, amunisi yang diluncurkan dari udara tidak diproduksi di dalam negeri, dan beberapa bantuan pelatihan, angkatan udara akan segera berada dalam masalah serius,” tambahnya



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022

KPK Umumkan Penetapan Tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bruno Fernandes Dua Gol, Portugal Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022

Bruno Fernandes Dua Gol, Portugal Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022

SEMESTA BOLA 2022 | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE