Logo BeritaSatu

Gandakan Impor Gas, Uni Eropa dan Azerbaijan Bersepakat

Rabu, 20 Juli 2022 | 08:03 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Brussels, Beritasatu.com- Uni Eropa (UE) menandatangani kesepakatan dengan Azerbaijan untuk menggandakan impor gas pada tahun 2027. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Senin (18/7/2022), impor gas Azerbaijan ke blok tersebut akan mencapai 20 miliar meter kubik pada tahun 2027 karena Uni Eropa mencari pemasok non-Rusia.

“Dengan nota kesepahaman baru ini, kami membuka babak baru dalam kerja sama energi kami dengan Azerbaijan, mitra utama dalam upaya kami untuk menjauh dari bahan bakar fosil Rusia," kata Presiden Komisi Ursula von der Leyen, Senin.

Von der Leyen mengatakan Uni Eropa sedang berusaha untuk menggandakan impor gas dari Azerbaijan karena mencari pemasok non-Rusia setelah invasi Rusia di Ukraina.

“Azerbaijan adalah mitra energi penting bagi kami yang selalu dapat diandalkan,” kata von der Leyen pada konferensi pers bersama dengan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev setelah upacara penandatanganan di Baku, ibu kota Azeri.

Melalui Pipa Trans Adriatik, Azerbaijan “saat ini mengirimkan lebih dari 8 miliar meter kubik gas per tahun dan kami akan memperluas kapasitasnya menjadi 20 miliar meter kubik” pada tahun 2027, katanya.

“Impor gas Azeri sudah akan meningkat menjadi 12 bcm tahun depan, yang akan membantu mengompensasi pengurangan pasokan gas Rusia dan berkontribusi secara signifikan terhadap keamanan pasokan Eropa,” tambahnya.

Aliyev menekankan bahwa “masalah keamanan energi saat ini lebih penting daripada sebelumnya”. Dia menambahkan: “Kerja sama yang tahan lama, dapat diprediksi, dan sangat andal antara UE dan Azerbaijan di bidang energi adalah aset besar.”

Koridor Gas Selatan yang mengangkut gas Azeri ke UE telah beroperasi sejak 2020. Pasokan gas alam telah muncul sebagai senjata antara Rusia dan Eropa sejak invasi Rusia di Ukraina pada 24 Februari.

Menjelang kunjungan, Komisi Eropa mengatakan: “Di tengah persenjataan pasokan energi Rusia yang berkelanjutan, diversifikasi impor energi kami adalah prioritas bagi UE.”

Pada Mei, para pemimpin Uni Eropa sepakat untuk menghentikan sebagian besar impor minyak Rusia pada akhir tahun. Penghentian impor merupakan bagian dari sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang mereka tampar di Moskow atas aksi militer di Ukraina.

Tetapi blok tersebut menunda larangan langsung terhadap gas Rusia, yang pada tahun 2021 berjumlah 155bcm – hampir 40 persen dari kebutuhan UE.

Sementara itu, pada Senin (18/7), Direktur Badan Energi Internasional Fatih Birol memperingatkan bahwa upaya Eropa untuk mendiversifikasi pemasok tidak akan cukup untuk melewati musim dingin tanpa gas Rusia, dan mendesak upaya segera untuk memutus.

“Tentu saja tidak cukup hanya mengandalkan gas dari sumber non-Rusia – pasokan ini sama sekali tidak tersedia dalam volume yang dibutuhkan untuk menggantikan pengiriman yang hilang dari Rusia,” tulis Birol dalam artikel yang diterbitkan oleh IEA.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kendaraan Berat Terus Melintas, Jembatan Cikereteg di Bogor Rawan Ambrol

Jembatan Cikereteg di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor rawan ambrol dan diperparah dengan tetap melintasnya kendaraan berat di atasnya.

NEWS | 4 Desember 2022

Erupsi Semeru, Warga Dilarang Beraktivitas Hingga 13 Km dari Puncak

BPBD Lumajang meminta masyarakat tak beraktivitas di lereng tenggara sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

NEWS | 4 Desember 2022

Berkah Pernikahan Kaesang-Erina, Hotel di DIY Full Booked

Reservasi untuk hotel-hotel di DIY sudah mendekati 100% alias full booked menjelang hari pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gundono.

NEWS | 4 Desember 2022

Menikah, 2 Sejoli Korban Gempa Cianjur Tak Pikirkan Malam Pertama

Dua sejoli menikah di tengah suasana duka akibat gempa Cianjur, Jawa Barat. Mereka pun tidak memikirkan malam pertama.

NEWS | 4 Desember 2022

Wabup Lumajang Minta Warga di Zona Merah Semeru Dikosongkan

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati meminta semua warga yang berada di zona merah erupsi dan awan panas guguran Gunung Semeru dikosongkan

NEWS | 4 Desember 2022

Erupsi Gunung Semeru Tak Pengaruhi Wisata di Bromo

Aktivitas wisata di Gunung Bromo, Jawa Timur, yang masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) tidak terdampak erupsi Gunung Semeru.

NEWS | 4 Desember 2022

Pembangunan Rumah Korban Gempa Cianjur Rampung Sebelum Lebaran

Pembangunan rumah korban gempa Cianjur, Jawa Barat, akan rampung sebelum Lebaran 2023 mendatang.

NEWS | 4 Desember 2022

Longsor di Jalan Bogor-Sukabumi, Kendaraan Besar Dialihkan ke Tol Bocimi

Polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan arus kendaraan besar ke Tol Bocimi, imbas dari longsornya Jalan Raya Bogor-Sukabumi.

NEWS | 4 Desember 2022

MRT Jakarta Dorong Masyarakat Manfaatkan Taman Literasi

Menurut Farchad, masyarakat bisa melakukan berbagai kegiatan di taman literasi Martha Christina Tiahahu, yang dikelola anak usaha PT MRT Jakarta.  

NEWS | 4 Desember 2022

Pencarian Helikopter Polri NBO-105 Diperpanjang Tiga Hari

Tim SAR gabungan memperpanjang pelaksanaan kegiatan pencarian dan evakuasi Helikopter NBO-105 Polri yang jatuh di perairan Manggar, Belitung Timur.

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kendaraan Berat Terus Melintas, Jembatan Cikereteg di Bogor Rawan Ambrol

Kendaraan Berat Terus Melintas, Jembatan Cikereteg di Bogor Rawan Ambrol

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE