Logo BeritaSatu

Gantikan Rusia, Aljazair Jadi Pemasok Gas Utama Italia

Rabu, 20 Juli 2022 | 09:02 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Roma, Beritasatu.com- Aljazair akan menggantikan posisi Rusia pada tahun 2022 sebagai pemasok utama gas ke Italia. Seperti dilaporkan Arab News, Senin (18/7/2022), kesepakatan itu ditandatangani di Aljazair oleh Perdana Menteri Italia Mario Draghi dan Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune.

"Aljazair adalah mitra yang sangat penting bagi Italia di bidang energi dan produksi industri bersama dengan perang melawan kejahatan terorganisir, dalam mengejar perdamaian dan stabilitas di Mediterania," kata Draghi.

Ke-15 perjanjian yang ditandatangani meliputi kerja sama energi terbarukan, pembangunan infrastruktur seperti jalan raya dan jalan raya, farmasi, mempromosikan investasi dan proyek pembangunan sosial, serta mengatasi korupsi dan radikalisasi Islam di penjara.

Kepada Arab News, satu sumber diplomatik Italia mengatakan bahwa perjanjian itu akan "membuka musim baru" dalam hubungan dengan Aljazair.

Sumber itu menekankan bahwa kesepakatan itu bukan hanya masalah pasokan gas , yang sangat penting bagi Italia dalam fase khusus ini karena konflik di Ukraina. Kesepakatan itu merupakan langkah besar dalam membangun hubungan baru Aljazair dengan Italia.

Kesepakatan besar dicapai selama kunjungan terakhir Draghi ke Aljazair pada bulan April antara raksasa energi Aljazair Sonatrach dan perusahaan Italia ENI untuk meningkatkan ekspor gas.

Pipa Trans-Mediterania, yang mengalir melalui Tunisia dan di bawah Laut Mediterania ke Sisilia, adalah saluran utama dalam strategi ini.

Satu sumber di kantor Draghi mengatakan kepada Arab News bahwa imigrasi adalah salah satu poin penting dalam pembicaraannya dengan Tebboune.

Jumlah migran yang mencapai pantai Italia dari Aljazair turun 46 persen sepanjang tahun 2022 dibandingkan dengan periode yang sama pada 2021, menurut pemerintah Italia.

“Ini hanya mungkin terjadi berkat kerja sama yang mendalam antara negara bagian kami dan tindakan kuat dari pihak Italia untuk membantu pihak berwenang Aljazair,” kata sumber di kantor Draghi.

Pada konferensi pers bersama dengan Tebboune yang dihadiri oleh Arab News, Draghi mengatakan peningkatan pasokan gas dari Aljazair akan lebih mencolok di tahun-tahun mendatang.

Tebboune memuji tahap baru dalam hubungan antara kedua negara. “Kami ingin memperkuat persahabatan dan kerja sama kami. Kami berbicara tentang isu-isu internasional serta hubungan politik dan ekonomi bilateral kami,” tambahnya.

Menurut Draghi, Italia dan Aljazair terus bekerja sama untuk perdamaian di Mediterania, berbagi pandangan mereka tentang krisis politik di Libia dan masa-masa sulit yang dihadapi Tunisia.

“Saya yakin kami akan dapat memberikan kontribusi yang menentukan bagi stabilitas negara-negara itu, dengan menghormati kedaulatan mereka. Kami ingin terus bekerja sama untuk kemakmuran bisnis kami dan warga kami, untuk masa depan Mediterania,” paparnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gempa M 5,8 Landa Kota Sukabumi, Belum Ada Laporan Kerusakan

Menurut BPBD Kota Sukabumi, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa yang melanda daerah itu, Kamis (6/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Bom Bunuh Diri, Jalan Depan Polsek Astana Anyar Sudah Dibuka

Ruas Jalan Astana Anyar yang berada di depan Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, kembali bisa dilalui, usai bom bunuh diri, Rabu (7/12/2022) kemarin.

NEWS | 8 Desember 2022

Wakil Ketua DPR Minta Masyarakat Tidak Takut Lawan Terorisme

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta masyarakat bersatu untuk melawan terorisme, menyusul aksi teror bom bunuh diri yang terjadi di Bandung.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa Sukabumi Terasa hingga Jakarta dan Bandar Lampung

BMKG menyebut gempa berkekuatan magnitudo 5,8 di Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (/8/12/2022) pagi, terasa hingga Jakarta juga Bandar Lampung.

NEWS | 8 Desember 2022

BMKG: Gempa Sukabumi Akibat Deformasi Lempeng Indo-Australia

BMKG menyampaikan bahwa gempa berkekuatan magnitudo 5,8 di Sukabumi terjadi karena deformasi atau patahan batuan dalam Lempeng Indo-Australia.

NEWS | 8 Desember 2022

Gunung Semeru Masih Terus "Batuk-batuk" Setiap Hari

Gunung Semeru di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur masih terus "batuk-batuk" alias erupsi setiap hari.

NEWS | 8 Desember 2022

Menteri Agama Kutuk Keras Bom Bunuh Diri di Bandung

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengutuk keras aksi bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Kota Bandung.

NEWS | 8 Desember 2022

Sektor Transportasi Online Resilien, Gojek jadi Pemimpin Pasar

Riset dilakukan Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) di 5 kota besar Indonesia kepada 2.310 pengguna dan 1.155 pengusaha. 

EKONOMI | 8 Desember 2022

BMKG Perbarui Data Gempa Sukabumi Jadi M 5,8

BMKG memperbarui data gempa di Kota Sukabumi dan sekitarnya yang terjadi Kamis (8/12/2022) dari sebelumnya magnitudo 6,1 menjadi 5,8.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa M 6,1 Guncang Kota Sukabumi dan Sekitarnya

Kota Sukabumi dan sekitarnya diguncang gempa magnitudo 6,1, pada Kamis (8/12/2022) sekitar pukul 7.50 WIB.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gempa M 5,8 Landa Kota Sukabumi, Belum Ada Laporan Kerusakan

Gempa M 5,8 Landa Kota Sukabumi, Belum Ada Laporan Kerusakan

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE