Logo BeritaSatu

Vietnam, Kamboja, dan Brunei Masuk Daftar Hitam Perdagangan Manusia AS

Rabu, 20 Juli 2022 | 11:29 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Vietnam, Kamboja, Brunei, dan Makau masuk ke dalam daftar hitam perdagangan manusia Amerika Serikat (AS). Seperti dilaporkan AFP, Selasa (19/7/2022), AS menuduh upaya lemah pemerintah untuk menghentikan kerja seks paksa atau membantu pekerja migran.

Dalam laporan tahunan, Amerika Serikat juga menambahkan Belarusia yang diperintah otoriter ke dalam daftar hitam dan, dalam kritik yang jarang terjadi terhadap sekutu Barat, menempatkan Bulgaria dalam daftar pantauan karena khawatir tidak menganggap serius perdagangan manusia.

“Jika Anda melihat laporan itu, Anda akan melihat gambaran kemajuan yang beragam,” kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken saat mempresentasikannya.

Blinken mengatakan bahwa korupsi adalah "alat utama" dari para pedagang yang mengandalkan mata tertutup dari pemerintah.

"Saat kami menangani isu-isu seperti iklim dan korupsi di seluruh diplomasi kami, kami juga harus mengatasi bagaimana mereka bersinggungan dengan perdagangan manusia," katanya.

Laporan perdagangan tahunan Departemen Luar Negeri secara historis tidak luput dari sekutu dekat, sering menyebabkan gesekan. Meskipun demikian, pejabat AS menyatakan berita utama yang tidak menarik telah membuat pemerintah bertindak.

Negara-negara yang dimasukkan dalam daftar hitam - "Tingkat 3" - dikenakan sanksi AS, meskipun pemerintah secara rutin mengabaikan hukuman bagi negara-negara sahabat yang menjanjikan perbaikan.

Vietnam, yang memiliki hubungan yang hangat dengan Washington karena kekhawatiran bersama atas kebangkitan Tiongkok, diturunkan ke Tingkat 3 dengan Departemen Luar Negeri mengatakan bahwa pemerintah Hanoi mengurangi penuntutan pada tahun 2021.

Di Kamboja, Departemen Luar Negeri mengatakan bahwa "korupsi endemik" telah menghambat upaya untuk membantu ribuan orang termasuk anak-anak yang diperdagangkan ke tempat hiburan, tempat pembakaran batu bata dan operasi penipuan daring.

Di kota semi-otonom Macau, Tiongkok, bekas wilayah Portugis yang terkenal dengan kasino dan industri seksnya yang ramai, laporan tersebut mengatakan bahwa pihak berwenang tidak memberikan layanan kepada satu korban perdagangan manusia selama tiga tahun berturut-turut.

Bersama dengan Malaysia, negara-negara yang tetap dalam daftar dari tahun sebelumnya adalah Afghanistan, Kuba, Eritrea, Guinea-Bissau, Iran, Myanmar, Korea Utara, Nikaragua, Rusia, Sudan Selatan, Suriah, Turkmenistan, dan Venezuela.
Aljazair dan kepulauan Samudra Hindia, Komoro, mengalami perbaikan dari daftar hitam tahun ini setelah perbaikan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Lukas Enembe, KSP Tegaskan Tak Ada Kaitan dengan Politik

Tenaga Ahli Utama KSP Theo Litaay menegaskan kasus Lukas Enembe murni kasus hukum dan tak ada kaitannya dengan masalah politik.

NEWS | 25 September 2022

Cerita Rektor UGM Saat Jadi Mahasiswa Almarhum Samekto

Rektor UGM Ova Emilia menceritakan kisahnya saat masih menjadi mahasiswa almarhum Samekto Wibowo. 

NEWS | 25 September 2022

Mendag Zulhas Usulkan Rp 100 Triliun Serap Hasil Petani

Mendag Zulkifli Hasan mengusulkan anggaran sebesar Rp 100 triliun per tahun untuk menyerap komoditas bahan pokok hasil para petani.

NEWS | 25 September 2022

32 Pasien Covid-19 Jalani Perawatan di RSDC Wisma Atlet

Pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini Minggu (25/9/2022) tersisa 32 orang.

NEWS | 25 September 2022

Puisi Terakhir Karya Prof Samekto Dibacakan, Pelayat Menitikkan Air Mata

Saat puisi terakhir karya Prof Samekto dibacakan, para pelayat menitikkan air mata. Samekto Wibowo meninggal karena terseret ombak.

NEWS | 25 September 2022

Guru Besar UGM Meninggal Terseret Ombak, Ini Imbauan BNPB

Terkait periwisata guru besar UGM yang meninggal terseret ombak, BNPB mengingatkan masyarakat terkait keamanan berwisata di pantai.

NEWS | 25 September 2022

Jelang Kunjungan Kamala Harris, Korut Lepas Rudal Balistik

Jelang kunjunan Wapres AS Kamala Harris, Korut menembakkan rudal balistik ke arah timur di lepas pesisir pantai pada Minggu (25/9/2022).

NEWS | 25 September 2022

Perubahan Jam Kerja Dinilai Belum Maksimal Kurangi Kemacetan Jakarta

Rekayasa lalu lintas seperti pengaturan jam kerja tidak bisa dijadikan satu-satunya tumpuan kebijakan dan belum maksimal kurangi kemacetan di Jakarta.

NEWS | 25 September 2022

Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Hari Ini Sebanyak 44.853

Update vaksinasi Covid-19 dosis booster atau dosis ketiga diberikan kepada 44.853 orang pada hari ini, Minggu (25/9/2022).

NEWS | 25 September 2022

UGM Beri Penghormatan Terakhir Guru Besar yang Meninggal Terseret Ombak

UGM memberikan penghormatan terakhir kepada guru besar Fakultas Kedokteran Prof Samekto Wibowo yang meninggal dunia setelah terseret ombak.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
AXA Financial dan BAV Kerja Sama Proteksi Asuransi bagi UMKM

AXA Financial dan BAV Kerja Sama Proteksi Asuransi bagi UMKM

EKONOMI | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings