Logo BeritaSatu

Peran LPTK dalam RUU Sisdiknas Disoroti Ketua Umum IKA UNJ

Rabu, 20 Juli 2022 | 17:41 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / YUD

Jakarta, Beritasatu.com – Peranan LPTK di dalam RUU Sisdiknas menjadi sorotan karena tidak mengatur keberadaan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan tersebut. Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Negeri Jakarta (IKA UNJ) Juri Ardiantoro menyambut baik inisiatif pemerintah merevisi undang-undang di bidang pendidikan, yakni UU Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas), UU Guru dan Dosen, serta UU Pendidikan Tinggi. Ketiga Undang-Undang itu kelak akan diintegrasikan dalam satu payung hukum yaitu UU Sisdiknas. Tetapi, dia menyayangkan dalam draf RUU Pendidikan, tidak mencantumkan serta mengatur keberadaan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

“Inisiatif ini sangat baik, perlu kita sambut karena mengintegrasikan tiga undang-undang, supaya ada satu pengaturan yang tidak terpecah-pecah dalam mengelola sistem pendidikan nasional,” ucapnya saat konferensi pers tentang sarasehan yang diikuti 12 rektor LPTK negeri dan 12 ketua organisasi alumni LPTK negeri se-Indonesia di eL Hotel Royale Jakarta, Selasa (19/7/2022) malam.

Advertisement

“Setelah kami membaca RUU Sisdiknas, ternyata tidak memunculkan suatu konsep lembaga yang selama ini dipercaya untuk mendidik guru, maka kami perlu menyampaikan pikiran-pikiran keluarga besar LPTK. Ini penting sekali untuk mengeksplisitkan lembaga yang diberi tugas oleh pemerintah untuk mencetak guru,” sambungnya.

Juri menuturkan, keberadaan LPTK perlu dicantumkan secara khusus. Tujuannya supaya jelas siapa yang oleh UU Sisdiknas diberi tugas untuk menghasilkan guru. Padahal, kehadiran UU Sisdiknas yang baru, yang mengintegrasikan tiga UU bidang pendidikan, diharapkan untuk menguatkan ekosistem pendidikan. Salah satu yang harus dikuatkan adalah penguatan lembaga dan penguatan kapasitas guru.

“Tetapi sayangnya di materi RUU Sisdiknas LPTK tidak disebutkan secara jelas. Ini harus menjadi perhatian para penyusun RUU Sisdiknas baik dari pemerintah maupun Komisi X DPR,” tegasnya.

Kendati demikian, Juri juga menyebutkan inisiatif pemerintah dan Komisi X DPR merevisi UU bidang pendidikan sudah tepat. Pasalnya, ada beberapa hal yang perlu disinkronisasikan. Selain itu, perubahan UU Sisdiknas harus dijadikan momentum untuk melihat secara keseluruhan pengelolaan sistem pendidikan nasional.

“Ini adalah momentum terbaik untuk membenahi bagaimana lembaga yang menghasilkan guru itu menjadi lebih kuat. Jadi, eksistensinya semakin diperhitungkan dan lembaga semakin kuat untuk menghasilkan guru yang profesional dan bisa menjadi panutan untuk anak didik,” kata Juri.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buaya Muara di Wisata Akar Seribu Jepara Kembali Lepas

Seekor buaya muara di objek wisata Akar Seribu, Kabupaten Jepara kembali lepas pada Jumat sore kemarin.

NEWS | 28 Januari 2023

Waspada! Gunung Anak Krakatau Sudah Erupsi Empat kali

Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Provinsi Lampung, sejak Jumat siang hingga Jumat malam sudah empat kali mengalami erupsi.

NEWS | 28 Januari 2023

Firli Minta Dukungan Publik dalam Memburu Harun Masiku Cs

Ketua KPK Firli Bahuri meminta dukungan publik dalam memburu keberadaan para buronan, termasuk Harun Masiku.

NEWS | 28 Januari 2023

Polda Belum Pastikan Mobil yang Tabrak Mahasiswi hingga Tewas di Cianjur

Polda Jabar belum memastikan mobil yang tabrak lari mahasiswi bernama Selvi Amelia Nuraeni hingga tewas di Cianjur.

NEWS | 28 Januari 2023

Top 5 News: Eks Wali Kota Blitar Terlibat Perampokan hingga BCA Komentari Pembobolan Bank

Mantan Wali Kota terlibat perampokan dan Lukas Enembe menolak kontrol kesehatan di RSPAD merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 28 Januari 2023

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023

Tempat Penimbunan BBM di Cilegon Kebakaran, Terdengar Suara Ledakan

Kebakaran melanda tempat penimbunan BBM di Kota Cilegon, Jumat (27/1/2023) malam. Terdengar beberapa kali suara ledakan. Sebanyak 2 mobil dan 6 motor hangus.

NEWS | 28 Januari 2023

Angkot Terbalik dan Tabrak Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Mandailing Natal. Sebuah angkot menabrak motor yang menyebabkan satu orang meninggal dan tiga lainnya terluka. 

NEWS | 28 Januari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU Digelar 7 Februari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul bakal digelar meriah dan diramaikan sejumlah musisi ternama Tanah Air pada 7 Februari 2023. 

NEWS | 28 Januari 2023

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sebanyak 29 rumah warga di Dusun Krajan, Desa Barat, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang rusak diterjang angin puting beliung, Jumat (27/1/2023). 

NEWS | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Waspada! Gunung Anak Krakatau Sudah Erupsi Empat kali

Waspada! Gunung Anak Krakatau Sudah Erupsi Empat kali

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE