Logo BeritaSatu

Persatuan Pensiunan Indonesia Dorong Perbaikan Kesejahteraan

Kamis, 21 Juli 2022 | 11:26 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Organisasi Persatuan Pensiunan Indonesia (Pensiun Indonesia) mendorong perbaikan kesejahteraan anggota. Tekad itu diserukan saat Kongres Pertama bertema "Pensiun Bersatu Menggalang Kekuatan untuk Mewujudkan Kesejahteraan Bersama"di Hotel Millenium Jakarta pada 20-22 Juli 2022.

Ketua Pensiun Indonesia Bambang Setiadi mengatakan berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), dalam periode 2021-2024 ada sekitar 706.438 pegawai negeri sipil yang akan pensiun. Pada 2022, jumlah pegawai yang pensiun sebanyak 180.534 pegawai.

Selain jumlah, kata Bambang, pensiunan Indonesia jelas sedang memerlukan perbaikan di banyak bidang. Misalnya, ada pensiunan yang penghasilannya per bulan lebih rendah dari UMR.

“Kalau UMR artinya Upah Minimum Regional artinya gaji pensiun itu di bawah minimum untuk hidup layak. Artinya, para pensiunan menua dengan suasana yang berat,” tutur saat pembukaan Kongres Persatuan Pensiunan Indonesia di Jakarta pada Rabu (20/7/2022).

Menurut Bambang, nasib pensiunan usia 70 di negara lain dapat dilihat dalam survei tahunan Global Pension Index yang mengukur kesejahteraan pensiunan di seluruh dunia dengan tiga parameter yaitu integritas, kecukupan dan keberlanjutan.

“Dari tiga parameter itu angka Indonesia semua berada dibawah rata-rata dunia, juga masih jauh tertinggal dari nilai negara tertinggi,” terang Bambang.

Menurut Bambang, tidak mungkin masalah yang dialami hampir 4 juta pensiunan hanya ditangani oleh satu unit, satu sektor, atau satu organisasi organisasi saja. Masalah dan jumlah anggotanya terlalu banyak. Karena itu lahirlah suatu organisasi yang dimulai dari suatu Komite Persiapan Pembentukan Persatuan Pensiunan Indonesia. Hingga pada 17 Maret 2022 dilaksanakan Deklarasi berdirinya Persatuan Pensiunan Indonesia.

Bambang menyampaikan bahwa Pensiunan Indonesia akan dikelola dengan memperhatikan, belajar dan bekerja sama dengan organisasi pensiunan internasional. Jumlah anggota yang besar dan tersebar di seluruh Indonesia akan dikelola menggunakan teknologi informasi baik untuk pengelolaan administrasi anggota dan juga sarana pendukung untuk kemudahan, keuntungan dan dukungan keringanan bagi pensiun.

“Ribuan atau bahkan jutaan pensiunan tidak boleh lagi di masa tua malah memiliki beban-beban yang lebih berat. Beberapa program realistis kita siapkan misalnya program Kamar untuk Orang Tua Lansia, penghargaan ketika pensiunan wafat, dan wisatawan pensiunan untuk liburan maupun Kesehatan,” kata Bambang.

Ketua Pelaksana Kongres Samijono mengatakan kongres pertama ini dilatarbelakangi Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No. AHU – 0005362.AH.01.07.tahun 2022 tentang Pengesahan Pendirian Persatuan Pesiunan Indonesia.

Kongres pertama Persatuan Pensiunan Indonesia bertujuan untuk memilih dan menetapkan Ketua Umum dan Ketua Dewan Pembina Persatuan Pensiunan Indonesia. Kedua Serta terbentuknya pengurus Persatuan Pensiunan Indonesia secara definitif di seluruh wilayah provinsi di Indonesia.

“Kongres dihadiri 104 peserta terdiri dari wakil pengurus-pengurus dari provinsi serta kabupaten/kota dan pengurus-pengurus Persatuan Pensiunan Indonesia dari organisasi pemerintah di pusat dan provinsi,” terang Samijono.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Organisasi Masyarakat (Ormas) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Risnandar mengucapkan selamat atas disahkannya organisasi Persatuan Pensiunan Indonesia yang menjadi ormas berbadan hukum.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Budaya Kerja Menpan RB, Abdul Hakim menyampaikan bahwa perubahan lingkungan strategis yang dihadapi birokrasi saat ini dan juga aparatur sipil negara ke depan menuntut organsasi pemerintah untuk lebih adaptif, responsif dan kolaboratif.

Oleh karena itu, Abdul berharap organisasi pensiunan dapat turut mengambil peran penting dalam upaya mewujudkan kebangkitan pascapandemi Covid-19. Serta perlunya membangun kolaborasi dengan berbagai pihak (multi pihak), sehingga percepatan pemulihan ekonomi lebih terarah dan lebih cepat tercapai.

“Organisasi ini diharapkan berperan dalam pemberian pendampingan, quality assurance dan advis lainnya sesuai keahlian masing masing dalam upaya kebangkitan bangsa dan masyarakat pascapandemi Covid-19,” ungkapnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ibarat Piala Dunia, Zulhas: Jangan Remehkan Partai Kecil

Zulkifli Hasan alias Zulhas mengibaratkan partai-partai kecil seperti tim sepak bola Arab Saudi dan Jepang yang bsia mengalahkan Argentina di Piala Dunia 2022.

NEWS | 30 November 2022

Bikin AS Khawatir, Tiongkok Bisa Miliki 1.500 Hulu Ledak Nuklir

Tiongkok kemungkinan akan memiliki persediaan 1.500 hulu ledak nuklir pada tahun 2035 jika terus mempercepat pembangunan nuklirnya.

NEWS | 30 November 2022

Ganjar Bentuk Tim Khusus Percepatan Pembangunan Tol Semarang-Demak

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membentuk tim untuk membereskan persoalan pembebasan lahan pelaksanaan Proyek Tol Semarang-Demak.

NEWS | 29 November 2022

Jokowi Akan Hadiri Midodareni, Tetangga Erina Diminta Tak Inapkan Tamu

Jokowi akan menghadiri midodareni di kediaman calon menantunya, Erina Gudono di Purwosari RT 03/RW 59, Sinduadi, Mlati, Sleman.

NEWS | 30 November 2022

Menilik Rumah Bantuan Ganjar, Hanya Bayar Rp 355 Ribu per Bulan

“Tuku Lemah Oleh Omah” adalah program bantuan yang membantu banyak masyarakat hasil inisiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

EKONOMI | 29 November 2022

Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat menegaskan penyaluran dana BLT BBM, BPNT/Sembako dan PKH terus dipantau tiap hari.

NEWS | 30 November 2022

Jokowi Dinilai Contoh Pemimpin yang Berani Tegakkan Kebenaran

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai sebagai contoh pemimpin yang berani menegakkan kebenaran.

NEWS | 30 November 2022

Bupati: Pencarian Korban Gempa Cianjur Diperpanjang 3 Hari

Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman mengatakan, proses pencarian korban gempa Cianjur diperpanjang tiga hari.

NEWS | 30 November 2022

MK Tambahkan Syarat Baru Ini Bagi Caleg Mantan Koruptor di Pemilu

Mahkamah Konstitusi atau MK menambahkan syarat baru bagi caleg mantan terpidana termasuk terpidana kasus korupsi yang akan ikut menjadi Pemilu 2024.

NEWS | 30 November 2022

Naik Helikopter, Lesti Kejora dan Rizky Billar Kunjungi Korban Gempa Cianjur

Pasangan artis Lesti Kejora dan Rizky Billar mengunjungi para korban gempa di daerah kelahirannya Cianjur dengan helikopter.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Awal 2023,

Awal 2023, "The Apprentice One Championship Edition" Kembali Produksi

SPORT | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE