Logo BeritaSatu

Legalisasi Ganja, Kemenkes Akan Keluarkan Izin Penelitian

Kamis, 21 Juli 2022 | 19:47 WIB
Oleh : Vento Saudale / CAR

Bogor, Beritasatu.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menerangkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan mengeluarkan izin penelitian ganja sebagai obat medis. Hal itu dikatakan Menkes Budi saat kunjungan di SMK Negeri 1 Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis, (21/7/2022). Ia menilai segala sesuatu berbau medis dan pengobatan harus dilakukan penelitian secara ilmiah.

“Karena di kesehatan semuanya berbasis bukti, berbasis ilmiah. Banyak juga narkotika yang dipakai untuk medis,” tuturnya.

Ia pun merujuk narkotika morfin, narkotika golongan tiga yang berkhasiat pengobatan dan banyak digunakan dalam terapi dan atau tujuan pengembangan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi ringan mengakibatkan ketergantungan.

“Morfin itu kan narkotika, tetapi sudah diukur. Diberikannya untuk orang ini, diberikan (dosis) segini, untuk penyakit apa saja,” katanya.

Sebagaimana halnya dengan ganja, menurut Budi, pemerintah juga akan melakukan hal yang sama, yakni melakukan penelitian. Tujuannya dalam rangka mengetahui kegunaan mulai dari orang yang bisa mendapatkan, termasuk dosis tertentu untuk digunakan.

“Ganja ini harus diteliti, sehingga ada bukti apakah dia bisa dipakai untuk alasan medis atau tidak. Dipakai ke siapa, dosisnya berapa banyak dan lain sebagainya,” kata Budi.

Kemenkes akan mengeluarkan aturan untuk melakukan uji ganja sebagai obat medis. “Kita mau keluarkan adalah izin penelitiannya, bukan izin untuk pemakaiannya. Dari hasil penelitian nanti baru ada hasilnya,” ujarnya.

Beberapa pekan lalu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Ekonomi Syariah dan Halal Sholahudin Al Aiyubi menyampaikan MUI siap memberikan pandangan keagamaan soal ganja medis.

“Hukum itu ditetapkan untuk ke hukumannya, sedangkan di luar itu nanti ada pengecualian-pengecualian. Untuk saat ini yang berlaku adalah undang-undang terkait narkotika, kita masih membutuhkan itu,” katanya.

Sebelumnya ramai dibicarakan seorang ibu bernama Santi Warastuti asal Sleman, Yogyakarta, beserta anaknya Pika yang mengidap cerebral palsy atau gangguan yang mempengaruhi kemampuan koordinasi tubuh seseorang.

Santi melakukan aksi damai di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta pada car free day (CFD), Minggu (26/6). Dia berjalan dengan memegang papan putih dengan tulisan besar “Tolong Anakku Butuh Ganja Medis”.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Siapkan SDM Unggul, Jokowi Minta Guru Perhatikan 3 Hal Ini

Dalam sambutan di HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022, Presiden Jokowi meminta para guru memperhatikan tiga hal dalam menyiapkan SDM unggul. 

NEWS | 3 Desember 2022

Lukisan Karya Anak Disabilitas di Bus Transjakarta Buat Orang Tua Bangga

Guru dan para orang tua bangga karena anak-anak disabilitas sudah tuntas melukis di badan bus Transjakarta pada Hari Disabilitas Internasional.

NEWS | 3 Desember 2022

Polda Sulsel Klarifikasi Video Viral Polisi Bongkar Kebobrokan Polri

Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) mengklarifikasi video viral soal pengakuan seorang polisi Tana Toraja, Aipda Aksan yang membongkar kebobrokan institusi Polri.

NEWS | 3 Desember 2022

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Dua pekan setelah gempa Cianjur pada 21 November lalu jumlah pengungsi yang tinggal di tenda-tenda pengungsian terus berkurang.

NEWS | 3 Desember 2022

IDI: Kasus Polio di Aceh Jadi Pelajaran Pentingnya Vaksinasi

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengatakan kasus polio di Aceh menjadi pelajaran penting bagi pemerintah dan masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

NEWS | 3 Desember 2022

Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov NTB Kirim 2 Truk Makanan

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah melepas pengiriman dua truk bantuan berupa makan siap saji untuk para korban gempa Cianjur. 

NEWS | 3 Desember 2022

KPU Pastikan Anggaran Pemilu Akan Dilaporkan Tiap Triwulan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan anggaran Pemilu 2022 akan dipertanggungjawabkan secara transparan dalam laporan keuangan triwulan.

NEWS | 3 Desember 2022

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

IDI: Dunia Akui Pemulihan Kesehatan Pasca-Covid-19 di Indonesia

Ketua Umum PB IDI, Adib Khumaidi menyebut dunia mengakui langkah-langkah pemulihan kesehatan yang dilakukan Indonesia pascapandemi Covid-19.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, Ini Cara Cek Nama di DPT secara Online

KPU meminta masyarakat melindungi hak pilihnya di Pemilu 2024 dengan memastikan namanya tertera di daftar pemilih tetap (DPT). Ini cara cek DPT secara online.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Siapkan SDM Unggul, Jokowi Minta Guru Perhatikan 3 Hal Ini

Siapkan SDM Unggul, Jokowi Minta Guru Perhatikan 3 Hal Ini

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE