Logo BeritaSatu

Kunjungi Tiongkok, Presiden Jokowi Akan Bahas G-20 dan Perdagangan

Jumat, 22 Juli 2022 | 11:39 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menemui Presiden Xi Jinping untuk membahas isu G-20 dan perdagangan di Beijing, Tiongkok pada 25-26 Juli 2022. Atas undangan Presiden Xi, Jokowi akan mengunjungi Tiongkok pada 25-26 Juli dan akan melakukan pembicaraan dengan Xi dan Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang.

Pada Kamis, Kementerian Luar Negeri Tiongkok menyatakan Jokowi dan Xi akan memiliki “pertukaran pandangan yang mendalam” tentang hubungan bilateral dan isu-isu regional dan internasional utama.

“Kunjungan Jokowi yang akan datang sangat penting, karena tidak ada kunjungan antara para pemimpin kedua negara selama hampir tiga tahun karena epidemi Covid-19,” kata Tang Qifang, rekan peneliti di Institut Studi Internasional Tiongkok.

Kepada Global Times, Kamis (21/7), Tang mengatakan kunjungan Joko tidak hanya akan meningkatkan perdagangan dan kerja sama ekonomi di tingkat bilateral Tiongkok-Indonesia dan di tingkat regional Tiongkok-ASEAN, tetapi juga mempromosikan perdamaian dan stabilitas di tingkat global mengingat tantangan dunia saat ini. Wajah.

"Kerja sama ekonomi dan perdagangan akan menjadi topik terpenting selama pembicaraan kedua negara. Ini juga merupakan topik di mana kedua belah pihak kemungkinan besar akan membuat pencapaian praktis karena kerja sama semacam itu sangat dibutuhkan untuk mempromosikan pemulihan ekonomi bilateral dan regional," kata Tang.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin mengatakan Presiden Joko Widodo akan berkomunikasi dengan para pemimpin Tiongkok secara langsung terkait KTT G-20 untuk membahas cara-cara menjawab tantangan global yang mendesak.

“Kunjungan ini menunjukkan solidaritas dan koordinasi di antara negara-negara berkembang utama, menyalurkan lebih banyak energi positif untuk pembangunan ekonomi global pasca-Covid dan membuat lebih banyak kontribusi baru untuk mempromosikan kesetaraan dan keadilan global,” kata kepada wartawan pada konferensi pers.

Wang Wenbin memuji “peran konstruktif Indonesia” sebagai pemegang kursi bergilir G-20 tahun ini. Pada bulan November, Jokowi akan menjadi tuan rumah KTT tahunan para pemimpin G-20 di Bali.

“Presiden Joko Widodo adalah kepala negara asing pertama yang mengunjungi Tiongkok sejak Olimpiade Musim Dingin Beijing, dan Tiongkok akan menjadi perhentian pertama dalam perjalanan pertamanya ke Asia Timur sejak awal Covid-19,” kata Wang.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan pada 27 Juli, Jokowi akan berangkat ke Tokyo dan mengakhiri tur Asia Timur Lautnya di Seoul pada 28 Juli.

Menurut Kementerian Perdagangan Tiongkok, volume perdagangan Tiongkok-Indonesia meningkat 30,8 persen menjadi US$ 32,75 miliar dari Januari hingga Maret 2022 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ketua MA Sebut Kasus Hakim Sudrajad Dimyati Momentum Perbaiki Kinerja Peradilan

Ketua Mahkamah Agung (MA), M Syarifuddin menyatakan kasus Sudrajad Dimyati yang dijerat KPK menjadi momentum untuk memperbaiki kinerja peradilan.

NEWS | 30 September 2022

Alasan Bawaslu Hentikan Laporan Dugaan Pelanggaran Kampanye Anies Baswedan

Anggota Bawaslu Puadi mengungkapkan alasan pihaknya menghentikan laporan dugaan pelanggaran kampanye Anies Baswedan terkait tabloid KBA Newspaper.

NEWS | 30 September 2022

KPK Ungkap Ada Pihak yang Bangun Opini agarLukas Enembe Hindari Pemeriksaan

KPK mengungkapkan adanya pihak yang membangun opini agar Gubernur Papua, Lukas Enembe menghindari pemeriksaan sebagai tersangka. 

NEWS | 30 September 2022

Fadel Muhammad Akhirnya Laporkan La Nyalla ke Badan Kehormatan DPD

Wakil Ketua MPR dari unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fadel Muhammad akhirnya melaporkan Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalliti ke BK DPD.

NEWS | 30 September 2022

TPDI Minta KPK Tidak Intimidasi Pengacara Lukas Enembe

Koordinator TPDI Petrus Selestinus meminta KPK tidak mengintimidasi pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe, Roy Rening dkk saat menyampaikan pembelaan terhadap kliennya.

NEWS | 30 September 2022

13.809 Mahasiswa Jalani Pendidikan Profesi Guru di 72 LPTK

Kemendikbudristek menyerahkan 13.809 mahasiswa program Pendidikan Profesi Guru (PPG) ke 72 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

NEWS | 30 September 2022

Lantik 3 Anggota MRP, Wamendagri: Jangan Terjebak Dinamika Politik Praktis

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo melantik tiga anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) sisa masa jabatan 2017-2022.

NEWS | 30 September 2022

Legislator: RUU Sisdiknas Tak Ikuti Peta Jalan Pendidikan

Syaiful Huda menuturkan bahwa RUU Sisdiknas dibuat tidak berdasarkan peta jalan pendidikan nasional.

NEWS | 30 September 2022

Pemuka Gereja Kingmi Papua Minta Lukas Enembe Jujur ke KPK

Pemuka gereja Kingmi, Yones Wenda meminta Gubernur Papua Lukas Enembe untuk jujur kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 30 September 2022

Moeldoko: Pemerintah Akselerasi Reformasi Fundamental Sektor Kesehatan

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menegaskan pemerintah sedang mengakselerasi reformasi besar-besaran di sektor kesehatan, terutama di daerah.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ketua MA Sebut Kasus Hakim Sudrajad Dimyati Momentum Perbaiki Kinerja Peradilan

Ketua MA Sebut Kasus Hakim Sudrajad Dimyati Momentum Perbaiki Kinerja Peradilan

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings