Logo BeritaSatu

Donald Trump Kecam Bantuan AS ke Ukraina

Minggu, 24 Juli 2022 | 20:39 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Donald Trump mengecam bantuan Amerika Serikat (AS) ke Ukraina. Seperti dilaporkan RT, Minggu (24/7/20022), mantan presiden AS itu menilai Eropa yang seharusnya memberikan lebih banyak bantuan ke Kyiv karena jauh lebih terpengaruh oleh situasi tersebut.

“Uni Eropa hanya memberi Kyiv sebagian kecil dari apa yang dimiliki Washington. AS memiliki terlalu banyak masalah sendiri untuk menyerahkan uang dan senjata ke Ukraina untuk konfliknya dengan Rusia,” kata mantan presiden AS Donald Trump.

Berbicara di KTT Aksi Mahasiswa di Tampa, Florida pada Sabtu, Trump mengingat bagaimana dia mendorong anggota NATO di UE untuk meningkatkan pengeluaran pertahanan mereka hingga 2% dari PDB mereka selama masa kepresidenannya. Saat itu, AS “dimanfaatkan oleh Eropa,” dan sekarang hal yang sama terjadi lagi di Ukraina.

“Kami sejauh ini telah memberikan lebih dari US$ 60 miliar ke Ukraina. Nah, negara-negara Eropa, yang jelas jauh lebih terpengaruh daripada kita, memberikan sebagian kecil dari jumlah itu,” kata mantan presiden itu.

Jika masih menjabat, Trump mengklaim bisa saja pergi ke sana [ke Eropa] dan melontarkan kecaman.

“Dengar, Anda akan memberikan uang yang sama atau lebih banyak dari kami.' Dan mereka akan melakukannya dengan senang hati,” klaim Trump.

“Tapi kami hanya memberikan uang. Dan kami memiliki utang US$ 35 triliun. Kami memiliki semua masalah ini,” katanya, merujuk pada rekor inflasi di AS, krisis energi, dan masalah lainnya.

Terkait invasi Rusia di Ukraina, Trump juga meragukan apakah bantuan AS dalam jumlah besar akan mengubah situasi di lapangan di Ukraina.

“Sekarang, jauh lebih sulit untuk dipecahkan.Rusia memiliki kekuatan api 35 kali lipat. Dan mereka ingin melenyapkan senjata saat kami mengirimnya. Banyak hal buruk terjadi,” tambahnya.

Selama masa jabatan Trump, AS tidak memiliki masalah” dengan Rusia, Tiongkok atau Korea Utara. “AS bahkan tidak ada yang membicarakan Ukraina,” klaim mantan presiden tersebut.

“Tetapi hanya dalam dua tahun di bawah Joe Biden, AS telah berubah dari yang terkuat yang pernah ada menjadi mungkin yang terlemah, terutama ketika Anda memasukkan pengakuan dan rasa hormat dari seluruh dunia. Kami tidak lagi dihormati oleh siapa pun,” kata Trump.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

Polisi menggelar rekonstruksi detik-detik Christian Rudolf Tobing (36) membunuh temannya sendiri Ade Yunia Rizabian (36) alias Icha di apartemen. 

NEWS | 8 Desember 2022

Pemkot San Francisco Selidiki Kamar Tidur Darurat di Markas Twitter

Pemkot San Francisco baru-baru ini mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki keluhan bahwa Twitter telah membuat kamar tidur darurat di markas pusatnya.

NEWS | 8 Desember 2022

Buwas: Tak Mudah Impor Beras di Tengah Krisis Pangan

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas mengatakan, tidak mudah untuk impor beras saat krisis pangan melanda banyak negara. 

NEWS | 8 Desember 2022

Majalah Time Nobatkan Zelensky Person of the Year 2022

Majalah Time menobatkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebagai "Person of the Year" tahun 2022 pada Rabu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Minta Pemerintah Desa di Pati Buat Program Antikorupsi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua pemerintah desa di Kabupaten Pati membuat program antikorupsi dengan pendampingan dari inspektorat.

NEWS | 8 Desember 2022

Tiba di Gedung KPK, Bupati Bangkalan Ra Latif Jalani Pemeriksaan

Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron atau Ra Latif, tersangka kasus dugaan suap lelang jabatan tiba di Gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut.

NEWS | 8 Desember 2022

Begini Rute Bus Tamu Undangan Pernikahan Kaesang di Solo

Polda Jateng melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan saat pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Minggu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Bocah 3 Tahun Tewas Terjepit Ban Truk Kontainer di Bekasi

Seorang bocah 3 tahun berinisial AWK tewas terjepit ban truk kontainer di Jalan Kampung Legon, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

NEWS | 7 Desember 2022

Jenazah Pelaku Bom Astana Anyar Diautopsi di RS Bhayangkara Sartika Asih

Jenazah Agus Sujatno, pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar atau bom Astana Anyar diautopsi di RS Bhayangka Sartika Asih, Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Kutuk Bom Bunuh Diri Bandung, Eks Napiter: Tidak Sesuai Ajaran Islam

Mantan narapidana terorisme (napiter), Muchtar Daeng Lau mengutuk keras aksi bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022 Minim Gol Tembakan Jarak Jauh

Piala Dunia 2022 Minim Gol Tembakan Jarak Jauh

SEMESTA BOLA 2022 | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE