Logo BeritaSatu

Y-20 ke Pemimpin Dunia: Berikan Porsi Pengambilan Keputusan

Senin, 25 Juli 2022 | 18:44 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Bandung, Beritasatu.com - KTT Y-20 Indonesia 2022 memberikan pesan lantang kepada para pemimpin dunia terkait masa depan planet ini. Rahayu Saraswati mewakili pemuda pemudi negara-negara G-20 dengan pesan lantang pada closing ceremony di Bandung, Jumat (22/7/2022).

"Kalian (para pemimpin dunia) mengatakan kamilah masa depan dunia. Kami meminta hak kami untuk menentukan masa depan seperti apa yang akan kami warisi," ucap Sara sebagai Co-Chair Y-20 Indonesia 2022 di hadapan Menteri Koordinator PMK, Muhadjir Effendy, dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

"Kami pemuda ada untuk berkontribusi," lanjutnya. "Kami hanya butuh kesempatan. Berikan kami kursi di meja pengambilan keputusan, dan kami tidak akan mengecewakan. Bahkan di KTT G-20 sekalipun."

Di dalam komunike, yang merupakan dokumen resmi hasil perundingan perwakilan resmi anak muda negara-negara G-20, dimuat segala aspirasi pemuda-pemudi tentang 4 isu prioritas yaitu: Ketenagakerjaan Pemuda, Transformasi Digital, Planet yang Berkelanjutan dan Layak Huni, serta Keberagaman dan Inklusifitas - ditambah dengan isu cross-cutting tentang Kesehatan Global.

Negosiasi final dan penandatanganan draf akhir komunike dilakukan paginya di Gedung Konferensi Asia Afrika (KAA). "Ini momen bersejarah dari berbagai aspek. Pertama karena ini komunike kedua yang ditandatangani di gedung tersebut setelah KAA, dan yang kedua, Y-20 baru akan terjadi lagi setelah 20 tahun karena (negara-negara G-20) digilir. Jadi 20 tahun dari sekarang kita bukan pemuda lagi. Sekali seumur hidup ini," ucap Ketua Bersama Y-20 Indonesia Rahayu Saraswati.

Para pemimpin yang telah hadir meramaikan acara KTT Y-20 minggu ini, dari Ketua DPR RI, Puan Maharani ke Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, sampai ke 4 menteri yang memberikan sambutan (Menlu, Menko Ekon, Menko PMK, dan Menpora), menyatakan mendukung agenda KTT Y-20 dan akan memperjuangkannya kepada Presiden Joko Widodo untuk diikut sertakan di dalam Leader's Declaration di bulan November nanti.

"Gen Z dan Gen Millenial adalah mayoritas penduduk Indonesia saat ini," lanjut Sara dengan semangat. "Sudah saatnya pemimpin-pemimpin kita melihat kita bukan hanya sebagai obyek ambisi politik tetapi sebagai tuan atas takdir kita sendiri. Mereka hanya perlu membaca isi komunikenya untuk melihat anak muda sangat layak didengar."



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bantah Desmond, Komnas HAM Tegaskan Timsel Telah Bekerja Sesuai Aturan

Komisioner Komnas HAM Amiruddin membantah tuduhan anggota DPR Desmond J Mahesa yang menyebut Timsel calon komisioner Komnas HAM melanggar tata tertib.

NEWS | 30 September 2022

Stok Vaksin Meningitis Jemaah Haji dan Umrah Diperbanyak

Kemenkes mengupayakan normalisasi stok vaksin Meningitis Meningokokus (MM) bagi pelaku perjalanan termasuk calon jemaah haji dan umrah.

NEWS | 30 September 2022

Indonesia Akan Sesuaikan Syarat Haji dan Umrah dengan Saudi

Kemenkes dan Kementerian Agama (Kemenag) bakal menyesuaikan aturan syarat haji dan umrah dari Pemerintah Arab Saudi.

NEWS | 30 September 2022

Nasdem Minta Anies Lanjutkan Program Jokowi jika Ingin Diusung

Partai Nasdem mensyaratkan Anies Baswedan melanjutkan program Jokowi jika ingin diusung Partai Nasdem sebagai capres di Pilpres 2024.

NEWS | 30 September 2022

Sekjen PBB Tolak Akui Pencaplokan Wilayah Ukraina oleh Rusia

Dia juga menolak hasil referendum di empat wilayah tersebut, yang oleh Rusia diklaim bahwa 97-99% warga di sana ingin bergabung dengan Rusia.

NEWS | 30 September 2022

Firli Bahuri: Bahaya Laten Korupsi Wajib Diperangi hingga Akarnya

Terkait peringatan G30S/PKI, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, seperti halnya komunisme, bahaya laten korupsi harus diperangi dan diganyang hingga ke akarnya.

NEWS | 30 September 2022

Mulai Jalani Penahanan, Putri Candrawathi: Saya Ikhlas

Putri Candrawathi menyatakan bahwa dirinya ikhlas harus menjalani penahanan terkait kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 30 September 2022

Jalani Penahanan, Ini Pesan Putri Candrawathi ke Anak

Sebelum ditahan, Putri Candrawathi menyempatkan diri menyampaikan pesan kepada anak-anaknya.

NEWS | 30 September 2022

Penyaluran BLT BBM di Kepri Dekati Angka 100 Persen

Pos Indonesia tengah berupaya menyelesaikan proses penyaluran BLT BBM di Provinsi Kepulauan Riau yang saat ini hampir menyentuh angka 100%.

NEWS | 30 September 2022

Menipis, Stok Vaksin Covid-19 Tersisa Sekitar 5 Juta Dosis

Kemenkes menyebutkan bahwa hingga saat ini stok vaksin Covid-19 yang ada di Indonesia menipis dan hanya sisa sekitar 5 juta dosis.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus KDRT Rizky Billar, Inul: Kecewa, Semoga Ada Titik Temu

Kasus KDRT Rizky Billar, Inul: Kecewa, Semoga Ada Titik Temu

LIFESTYLE | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings