Logo BeritaSatu

Rizal Ramli: Kasus Edy Mulyadi Mestinya Ditangani Dewan Pers

Selasa, 26 Juli 2022 | 17:29 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.comRizal Ramli menilai persidangan kasus Edy Mulyadi semestinya ditangani melalui mekanisme Dewan Pers. Rizal mengatakan persidangan terhadap Edy tidak adil.

“Peradilan ini tidak fair, karena sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, ini (kasus Edy) merupakan lex specialis yang mestinya ditangani Dewan Pers. Ini bukan kasus kriminal, tetapi karena keseleo lidah,” kata Rizal seusai menyaksikan persidangan Edy Mulyadi di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), Selasa (26/7/2022).

Menurutnya, persidangan terhadap Edy Mulyadi akan menjadi preseden buruk bagi kehidupan pers nasional. Karena itu, mantan Menko Perekonomian ini mengatakan Dewan Pers harus proaktif. Dewan Pers perlu melaksanakan fungsi dengan menjalin pemahaman dan pendidikan bersama kejaksaan, termasuk kepolisian.

Rizal Ramli menekankan pers merupakan salah satu pilar demokrasi yang dalam menjalankan fungsinya berpedoman kepada transparansi, independensi, dan akuntabilitas. Pers bersama civil society berfungsi mendorong good governance.

“Pernyataan Edy Mulyadi soal jin buang anak konteksnya adalah dalam rangka melakukan kontrol,” ujarnya.

Rizal Ramli menyatakan persidangan Edy merupakan penegasan bahwa Indonesia saat ini bukan lagi negara demokrasi, tetapi otoriter. Rizal mengingatkan kebebasan pers saat ini hasil perjuangan para tokoh pers. Pers nasional diletakkan sebagai pers perjuangan.

Rizal mengenal Edy Mulyadi sejak menjadi wartawan salah satu koran di Indonesia, puluhan tahun lalu. Sebagai seorang wartawan senior, Edy dianggap cukup berpengalaman dan produktif dalam menghasilkan karya-karya jurnalistik.

Persidangan Edy Mulyadi memasuki pemeriksaan ahli dari pihak jaksa penuntut umum (JPU). Salah satu ahli yang dihadirkan, yakni ahli bahasa Wahyu Wibowo. Diketahui, Edy Mulyadi didakwa menyebarkan berita yang membuat keonaran di masyarakat.

Perbuatan itu terkait pernyataannya mengenai lokasi Ibu Kota Nusantara yang disebut sebagai tempat jin buang anak. Edy didakwa melanggar Pasal 14 ayat (1) atau ayat (2) atau Pasal 15 UU 1/1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Edy pun didakwa dengan pasal alternatif, yakni Pasal 45A ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) UU 19/2016 tentang Perubahan atas UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) atau Pasal 156 KUHP.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ratusan Korban Banjir Pati Mulai Terserang Penyakit

Ratusan korban banjir pati mulai terserang penyakit. Tim Dokkes Polres Pati bersama Puskesmas Tambakromo pun membuka pengobatan gratis. 

NEWS | 3 Desember 2022

Cerita Petani Jamur Bisa Bikin Wisata Edukasi Berkat Ganjar, Kok Bisa?

Setelah tempat usahanya di Kecamatan Borobudur, Magelang didatangi Gubernur Ganjar Pranowo. Usahanya semakin laris dan dikunjungi hingga 1000-an orang.

NEWS | 2 Desember 2022

Ketua Umum IDI: Vaksinasi Upaya Pencegahan Penyakit Menular

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi menyatakan, kasus polio di Aceh menjadi pelajaran semua pihak bahwa vaksinasi merupaya upaya pencegahan penyakit menular.

NEWS | 3 Desember 2022

Siapkan SDM Unggul, Jokowi Minta Guru Perhatikan 3 Hal Ini

Dalam sambutan di HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022, Presiden Jokowi meminta para guru memperhatikan tiga hal dalam menyiapkan SDM unggul. 

NEWS | 3 Desember 2022

Lukisan Karya Anak Disabilitas di Bus Transjakarta Buat Orang Tua Bangga

Guru dan para orang tua bangga karena anak-anak disabilitas sudah tuntas melukis di badan bus Transjakarta pada Hari Disabilitas Internasional.

NEWS | 3 Desember 2022

Polda Sulsel Klarifikasi Video Viral Polisi Bongkar Kebobrokan Polri

Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) mengklarifikasi video viral soal pengakuan seorang polisi Tana Toraja, Aipda Aksan yang membongkar kebobrokan institusi Polri.

NEWS | 3 Desember 2022

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Dua pekan setelah gempa Cianjur pada 21 November lalu jumlah pengungsi yang tinggal di tenda-tenda pengungsian terus berkurang.

NEWS | 3 Desember 2022

IDI: Kasus Polio di Aceh Jadi Pelajaran Pentingnya Vaksinasi

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengatakan kasus polio di Aceh menjadi pelajaran penting bagi pemerintah dan masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

NEWS | 3 Desember 2022

Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov NTB Kirim 2 Truk Makanan

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah melepas pengiriman dua truk bantuan berupa makan siap saji untuk para korban gempa Cianjur. 

NEWS | 3 Desember 2022

KPU Pastikan Anggaran Pemilu Akan Dilaporkan Tiap Triwulan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan anggaran Pemilu 2022 akan dipertanggungjawabkan secara transparan dalam laporan keuangan triwulan.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Foto Ronaldo Masih Masuk Kalender Resmi MU 2023

Foto Ronaldo Masih Masuk Kalender Resmi MU 2023

BOLA | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE