Logo BeritaSatu

Italia Buka Koridor Kemanusiaan untuk 300 Pengungsi Afghanistan

Selasa, 26 Juli 2022 | 17:46 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Roma, Beritasatu.com- Italia membuka koridor kemanusiaan untuk 300 pengungsi Afghanistan yang tiba di Roma pada Senin (25/7/2022). Seperti dilaporkan AP, Kementerian Luar Negeri Italia mengumumkan pembukaan koridor kemanusiaan baru diselenggarakan oleh pemerintah Italia dan masyarakat sipil, badan amal dan organisasi internasional.

“Koridor kemanusiaan bertujuan untuk memberi tambahan pengungsi dan warga Afghanistan yang mungkin dianiaya kelak setelah penarikan AS Agustus lalu dan penegasan kembali kendali Taliban,” kata kementerian itu.

Ribuan warga Afghanistan dievakuasi setelah jatuhnya Kabul, tetapi banyak yang mempertaruhkan pembalasan Taliban tertinggal. Kementerian Luar Negeri menyatakan koridor, yang membayangkan transfer 1.200 pengungsi dari Iran dan Pakistan dan negara-negara tetangga lainnya, akan memprioritaskan perempuan dan anak-anak.

Sembilan pengungsi Afghanistan pertama tiba dengan penerbangan dari Teheran. Sementara 200 pengungsi lainnya dijadwalkan akan diterbangkan dari Islamabad pada Rabu (27/7) dengan kelompok ketiga tiba dari Teheran pada Kamis (28/7).

"Pada saat yang sama, jumlah pengungsi Afghanistan yang mengambil rute penyelundupan meningkat, dengan sekitar 3.280 tiba di Italia melalui laut sepanjang tahun ini," menurut badan Pengungsi PBB.

Sementara itu, Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) menyatakan warga Afghanistan adalah warga negara teratas yang berani menempuh rute Laut Mediterania tengah yang berbahaya ke pantai-pantai Eropa, dengan 8.121 kedatangan hingga Jumat lalu.

Seperti dilaporkan Xinhua, Rabu (8/6/2022), Kementerian Dalam Negeri Turkiye telah memulangkan total 18.256 warga Afghanistan ke tanah air mereka. Pemulangan dilakukan sejak penerbangan ke Afghanistan dilanjutkan pada 27 Januari.

“Jumlah total migran ilegal yang dikirim ke negara mereka sejak awal tahun ini telah mencapai 34.112,” kata kementerian itu.

Sebanyak 24.344 orang asing dari 89 kebangsaan berada di bawah penahanan administratif untuk dideportasi. Sejak Taliban menguasai Afghanistan, penyeberangan ilegal ke wilayah Turkiye telah meningkat.

Seperti dilaporkan Daily Sabah, pada Minggu (24/6/2022), Turkiye juga mengirim kembali ratusan migran pengungsi Afghanistan. menurut kantor migrasi setempat, pesawat yang membawa para migran lepas landas dari provinsi timur Malatya dan mendarat di ibu kota Afghanistan, Kabul.

Sejak dimulainya kembali penerbangan carteran dari Bandara Malatya, sedikitnya 681 migran gelap telah dikirim pulang ke Afghanistan.

Tahun ini, satu perdebatan muncul ketika Turkiye berurusan dengan masuknya migran dari lebih banyak zona konflik, termasuk Afghanistan, Ukraina, dan negara-negara lain, di samping masalah ekonomi masyarakat, yang beberapa bagian membebani pundak para migran.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pamer Robot Humanoid, Elon Musk Janji Tak Akan Jadi Ancaman Umat Manusia

Elon Musk pada hari Jumat memamerkan versi terbaru dari robot humanoid (seperti manusia) yang dijanjikannya tak akan jadi ancaman umat manusia.

NEWS | 1 Oktober 2022

Musim Hujan Tiba, Ini Ancaman Bencana di Wilayah Bogor

Musim hujan tiba, ada berbagai ancaman bencana yang patut diwaspadai di wilayah Bogor, apa saja?

NEWS | 1 Oktober 2022

Tanggal Muda, Jalur Puncak Kembali Diserbu Wisatawan

Hari libur akhir pekan Sabtu (1/10/2022) ini, kawasan wisata Puncak kembali diserbu ribuan pengunjung dari wilayah Jabotabek.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ini Sejarah Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

Setiap tanggal 1 Oktober, bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila, yang dilakukan setelah pemerintah saat itu menumbangkan Gerakan 30 September.

NEWS | 1 Oktober 2022

SiCepat dan Indonesia Pasti Bisa Bantu Rumah Pejuang Kanker Ambu

SiCepat Ekspres berkolaborasi dengan Indonesia Pasti Bisa untuk memberikan bantuan kepada Rumah Pejuang Kanker Ambu.

NEWS | 1 Oktober 2022

Isak Tangis Iringi Pemulangan 4 Jenazah Korban Pembantaian TPNPB

Empat jenazah korban pembantaian di oleh TPNPB dipulangkan ke kampung halaman diiringi isak tangis.

NEWS | 1 Oktober 2022

Viral, Video Pembantaian Mengerikan oleh TPNPB di Papua Barat

Video pembantaian 4 dari 14 pekerja proyek oleh TPNPB di Teluk Bintuni, Papua Barat, Kamis (29/9/2022) malam, beredar di media sosial.

NEWS | 1 Oktober 2022

Arkeolog Tiongkok Temukan Tengkorak Manusia Berusia 1 Juta Tahun di Hubei

Arkeolog Tiongkok mengumumkan, menemukan tengkorak manusia yang hampir lengkap berusia sekitar 1 juta tahun dari sebuah situs penggalian di provinsi Hubei.

NEWS | 1 Oktober 2022

Puan: P-20 Beri Dampak Positif untuk Pariwisata Indonesia

Ketua DPR RI Puan Maharani meyakini, forum P-20 atau The 8th G20 Parliamentary Speaker Summit akan berdampak positif terhadap pariwisata Indonesia.

NEWS | 1 Oktober 2022

DPRD Kota Bogor Serap Aspirasi Warga Pascakenaikan BBM

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto menjelaskan bahwa reses memungkinkan masyarakat berpartisipasi dalam pembuatan keputusan.

NEWS | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kapolri dan Gubernur DKI Hadiri Peresmian Kantor Pemuda Pancasila

Kapolri dan Gubernur DKI Hadiri Peresmian Kantor Pemuda Pancasila

NEWS | 17 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings