Logo BeritaSatu

2 Studi Baru Beri Bukti Asal-usul Covid-19 dari Pasar di Wuhan

Rabu, 27 Juli 2022 | 12:00 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Washington, Beritasatu.com - Dua studi baru memberikan lebih banyak bukti bahwa pandemi Covid-19 yang disebabkan virus corona berasal dari pasar di Wuhan, Tiongkok di mana hewan hidup dijual, yang semakin memperkuat teori bahwa virus tersebut muncul di alam liar dibandingkan teori kebocoan laboratorium di Tiongkok.

Penelitian, yang diterbitkan secara online Selasa (26/7/2022) oleh jurnal Science menunjukkan, bahwa pasar grosir makanan laut Huanan kemungkinan merupakan pusat awal dari momok yang kini telah menewaskan hampir 6,4 juta orang di seluruh dunia. Para ilmuwan menyimpulkan bahwa virus corona yang menyebabkan Covid-19, SARS-CoV-2, kemungkinan menyebar dari hewan ke manusia dalam dua waktu yang berbeda.

“Semua bukti ini memberi tahu kita hal yang sama: Ini menunjuk tepat ke pasar khusus ini di tengah-tengah Wuhan,” kata Kristian Andersen, seorang profesor di Departemen Imunologi dan Mikrobiologi di Scripps Research dan rekan penulis salah satu studi.

"Saya sendiri cukup yakin dengan kebocoran lab sampai kami mempelajari ini dengan sangat hati-hati dan melihatnya lebih dekat."

Dalam satu penelitian, yang menggabungkan data yang dikumpulkan oleh para ilmuwan Tiongkok, ahli biologi evolusi Universitas Arizona Michael Worobey dan rekan-rekannya menggunakan alat pemetaan untuk memperkirakan lokasi lebih dari 150 kasus Covid-19 yang paling awal dilaporkan dari Desember 2019.

Mereka juga memetakan kasus dari Januari dan Februari 2020 menggunakan data dari aplikasi media sosial yang telah membuat saluran untuk orang dengan Covid-19 untuk mendapatkan bantuan.

Mereka bertanya, “Dari semua lokasi di mana kasus awal bisa hidup, di mana mereka tinggal? Dan ternyata ketika kami dapat melihat ini, ada pola luar biasa di mana kepadatan kasus tertinggi sangat dekat dan sangat terpusat di pasar ini, ”kata Worobey pada konferensi pers.

“Yang terpenting, ini berlaku untuk semua kasus di bulan Desember dan juga untuk kasus yang tidak diketahui terkait dengan pasar … Dan ini merupakan indikasi bahwa virus mulai menyebar pada orang-orang yang bekerja di pasar tetapi kemudian mulai menyebar ke komunitas lokal.”

Andersen mengatakan mereka menemukan klaster kasus di dalam pasar juga, "dan pengelompokan itu sangat, sangat khusus di bagian pasar" di mana mereka sekarang tahu orang-orang menjual satwa liar, seperti anjing rakun, yang rentan terhadap infeksi virus corona.

Baca selanjutnya
Dalam studi lain, para ilmuwan menganalisis keragaman genom virus di dalam ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Arab News/AP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Keluarga Tewas Diracun di Magelang, Anak Kedua Jadi Tersangka

Polresta Magelang menetapkan anak kedua sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan dengan racun di Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah.

NEWS | 29 November 2022

Unggah Tajuk Palsu CNN, Elon Musk Diingatkan Pemeriksa Fakta Twitter

CEO Twitter Elon Musk baru saja diingatkan oleh tim pemeriksa fakta dari platformnya sendiri setelah dia membagikan tajuk berita dari CNN yang ternyata palsu.

NEWS | 29 November 2022

Warga Terdampak Gempa Cianjur Mulai Beraktivitas di Ladang

Satu pekan setelah gempa Cianjur, Jawa Barat, warga mulai beraktivitas di ladang, Selasa (29/11/2022).

NEWS | 29 November 2022

Layanan RSUD dr Soewandie Lambat, Wali Kota Surabaya Ngamuk

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, marah dan ngamuk saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) pelayanan di RSUD dr Soewandie, Senin (28/11/2022) siang

NEWS | 29 November 2022

Buku Mantra dan Kemenyan Ditemukan di Rumah Keluarga Tewas di Kalideres

Buku mantra hingga kemenyan ditemukan polisi di rumah keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat.

NEWS | 29 November 2022

Mayoritas Publik Puas dengan Kinerja Jokowi-Ma'ruf Amin

Hasil survei terbaru lembaga Charta Politika Indonesia menunjukkan mayoritas publik puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

NEWS | 29 November 2022

Keluarga Tewas di Kalideres Aktif Lakukan Sebuah Ritual

Salah satu korban satu keluarga tewas di Kalideres tersebut, yaitu Budiyanto aktif melakukan sebuah ritual.

NEWS | 29 November 2022

Kemenkes Sebut HIV Masih Jadi Masalah Kesehatan Global

Memperingati Hari AIDS Sedunia 2022, Kemenkes menyampaikan infeksi HIV AIDS masih menjadi masalah kesehatan global dan nasional.

NEWS | 29 November 2022

Elektabilitas Ganjar Pranowo Konsisten Naik

Hasil survei terbaru Charta Politika menunjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus menunjukkan tren positif untuk menghadapi Pilpres 2024.

NEWS | 29 November 2022

Soal Tambang Ilegal Kaltim, Kabareskrim Tantang Ferdy Sambo Buka BAP

Kabareskrim menanggapi pernyataan mantan Kadiv Propam Polri yang mengatakan bahwa Agus telah diperiksa terkait kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur.

NEWS | 29 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Berani Tampil Seksi di Qatar, Model Kroasia Menuai Kontroversi

Berani Tampil Seksi di Qatar, Model Kroasia Menuai Kontroversi

SEMESTA BOLA 2022 | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE