Logo BeritaSatu

Bertemu PM Kishida, Jokowi Sampaikan Belasungkawa untuk Shinzo Abe

Rabu, 27 Juli 2022 | 13:13 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Mengawali agendanya di Tokyo, Rabu (27/7/2022), Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Kantor PM Jepang. Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan kembali belasungkawa atas meninggalnya mantan Shinzo Abe.

Presiden Jokowi tiba di Kantor PM dan langsung disambut PM Kishida yang sudah menunggu di halaman depan kantornya. Kedua pemimpin negara kemudian menuju Lobi Kantor PM untuk melakukan upacara penyambutan resmi.

Advertisement

Setelah Presiden Jokowi dan PM Kishida berada di mimbar kehormatan yang sudah berdiri di samping kiri dan kanan bendera Merah Putih dan bendera Jepang, selanjutnya lagu kebangsaan masing-masing negara diperdengarkan.

Lalu, PM Kishida kemudian mempersilakan Presiden Jokowi untuk memeriksa barisan kehormatan yang mengenakan seragam putih-putih.

Kemudian kedua pemimpin ini berhenti di hadapan bendera dua negara yang dipegang oleh dua prajurit. Penghormatan kepada bendera dua negara ini dilakukan dengan tradisi penghormatan Jepang, yaitu dengan menundukkan badan di hadapan dua bendera negara tersebut.

Setelah itu, PM Kishida memperkenalkan delegasi dari Jepang, diikuti dengan Presiden Jokowi yang memperkenalkan delegasi dari Indonesia.

Seusai prosesi penyambutan selesai, Presiden Jokowi dan PM Kishida beserta delegasi menuju ruang rapat untuk melakukan pertemuan bilateral.

Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih atas penyambutan hangat dalam kunjungannya ke Jepang. Presiden Jokowi kembali menyampaikan belasungkawanya atas meninggalnya mantan PM Shinzo Abe.

"Atas nama masyarakat Indonesia, sekali lagi saya menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Beliau adalah pemimpin Jepang yang telah membawa hubungan kedua negara kita menjadi Kemitraan Strategis," ungkap Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Jepang terhadap Presidensi Indonesia di G-20. "Saya berharap PM Kishida hadir dalam KTT G-20 nanti di Bali, di bulan November," kata Jokowi.

Sementara itu, PM Kishida dalam sambutan pengantarnya menyampaikan apresiasinya atas kedatangan Presiden Jokowi ke Jepang.

"Selamat datang di Jepang, saya sangat mengapresiasi kedatangan Presiden Jokowi sebagai ketua G-20. Terima kasih juga atas sambutan hangatnya saat saya ke Indonesia akhir April lalu," ujar PM Kishida.

PM Kishida juga menyampaikan terima kasih atas ucapan belasungkawa Presiden Jokowi dan masyarakat Indonesia kepada mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe.

"Kami akan terus membela demokrasi dan melanjutkan kerja almarhum untuk memperkuat hubungan baik dan kerja sama dengan Indonesia," turut PM Kishida.

Setelah pertemuan bilateral usai, kedua pemimpin kemudian menuju ke Big Hall, Kantor PM Jepang untuk memberikan pernyataan pers bersama.

Turut mendampingi Presiden, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kapolda Benarkan Pesawat Susi Air Dibakar oleh KKB Papua

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri membenarkan pesawat Susi Air dibakar Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

NEWS | 7 Februari 2023

Operasi Keselamatan Jaya 2023, Polda Metro Kerahkan 2.939 Personel

Polda Metro Jaya mengerahkan 2.939 personel dalam Operasi Keselamatan Jaya 2023 pada 7-20 Februari 2023.

NEWS | 7 Februari 2023

Kasus Lukas Enembe, KPK Benarkan Geledah Kantor Dinas PU Papua

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar penggeledahan di Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Papua hari ini, Selasa (7/2/2023) terkait Lukas Enembe

NEWS | 7 Februari 2023

Naik Signifikan, 2.559 Industri Tertarik Kolaborasi dengan SMK

Minat industri berkolaborasi dengan SMK melalui program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Skema Pemadanan Dukungan (SMK PK SPD) Tahun 2023 meningkat 

NEWS | 7 Februari 2023

Bripka Madih Minta Maaf ke Penyidik Polda Metro Jaya

Bripka Madih yang mengaku diperas oknum penyidik minta maaf. Permintaan maaf disampaikan langsung ke penyidik berinisial TG.

NEWS | 7 Februari 2023

Korban Tewas Gempa Turki Capai 4.300 Orang, 5.600 Gedung Roboh

Jumlah korban tewas akibat gempa berkekuatan magnitudo 7,8 di Turki dan Suriah hingga Selasa, 7 Februari 2023, mencapai 4.300 orang.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

Kronologi Susi Air Hilang Kontak Lalu Dibakar di Landasan Pacu Bandara Paro

Pesawat perintis Susi Air dengan nomor registrasi PK-BVY dilaporkan hilang kontak ternyata terbakar di landasan pacu Bandara Paro.

NEWS | 7 Februari 2023

Jika Manchester City Langgar Aturan, Pep Guardiola Bakal Hengkang

Pelatih Pep Guardiola mengancam hengkang jika Manchester City terbukti curang dan melakukan pelanggaran.

NEWS | 7 Februari 2023

Firli Bahuri Nilai NU Punya Sumbangsih Nyata dalam Pemberantasan Korupsi

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengapresiasi keberadaan Nahdlatul Ulama (NU) di Indonesia.

NEWS | 7 Februari 2023

Pesawat Susi Air Hilang Kontak Angkut 5 Penumpang, Salah Satunya Kenakan Kaos Bintang Kejora

Salah satu penumpang Pesawat Susi Air Pilatus Porter P-4/PK-BVY mengenakan kaos bintang kejora.

NEWS | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bangkit dari Kubur, Mobil Esemka Ramaikan IIMS 2023

Bangkit dari Kubur, Mobil Esemka Ramaikan IIMS 2023

OTOMOTIF | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE