Logo BeritaSatu

Mahfud MD Apresiasi Tjahjo Kumolo Tetapkan Hari Lahir Kementerian PAN dan RB

Rabu, 27 Juli 2022 | 13:53 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / JAS

Jakarta, Beritasatu.com – Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Mahfud MD memberikan apresiasi kepada almarhum Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo yang telah menetapkan hari lahir Kementerian PAN dan RB yang jatuh pada setiap tanggal 27 Juli.

Hal tersebut disampaikan Mahfud MD dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Kementerian PAN dan RB yang digelar secara hybrid, Rabu (27/7/2022).

“Oleh sebab itu, saya selaku Plt secara khusus ingin memberikan penghargaan kepada almarhum Pak Tjahjo Kumolo, Menteri PAN dan RB yang baru saja meninggalkan kita. Menurut Ibu Sekretaris Menteri tadi, beliau memerintahkan untuk mencari tanggal yang tepat bagi kita untuk melakukan kontemplasi seperti hari ini, yang kemudian jatuh pada tanggal 27 Juli,” kata Mahfud MD.

Mahfud menjelaskan sejak tahun 2021, Kementerian PAN dan RB telah menetapkan hari jadi setiap tanggal 27 Juli. Penetapan ini sejalan dengan tanggal pembentukan Badan Pengawasan Kegiatan Aparatur Negara (Bapekan) pada 27 Juli 1959 oleh Presiden RI pertama Soekarno, sebagai lembaga negara pertama yang menangani urusan pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi.

“Momentum ini kita pandang menjadi momentum sejarah yang memiliki nilai historis tinggi sebagai titik tolak perjalanan tugas dan peran PAN dan RB dalam pemerintahan dan pembangunan nasional,” ujar Mahfud MD.

Pada tanggal yang sama namun beda tahun, yaitu 27 Juli 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding ASN pada tahun 2021. Core Values ASN meliputi Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif yang disingkat BerAKHLAK. Sedangkan Employer Branding ASN adalah Bangga Melayani Bangsa.

Core values ini, kata Mahfud, bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar bagi seluruh ASN di Indonesia sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional.

Menilik dari sejarah dibangunnya Kementerian PAN dan RB oleh Presiden Soekarno hingga diluncurkanya core values oleh Presiden Jokowi, Mahfud menegaskan telah membuat peringatan HUT sebagai kegiatan sangat penting sebagai sarana dan waktu yang tepat untuk melakukan kontemplasi.

Agar semua ASN PAN dan RB kembali ke nilai sejarah didirikannya lembaga ini untuk dapat menggali kembali nilai dan sejauh mana ASN sudah berjalan mengimplementasikan nilai dan tujuan berdirinya lembaga tempat mereka bekerja.

“Mengapa ini penting, karena terkadang semakin jauh perjalanan satu institusi biasanya semakin melenceng dari tujuannya dan nilai-nilai perjuangannya juga. Sehingga perlu ada peringatan-peringatan hari ulang tahun untuk mengingat itu tujuannya kemana,” terang Mahfud MD.

Ia mencontohkan waktu pendirian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Mahkamah Konstitusi (MK). Awal pembentukan dirasakan hebat karena masih dekat dengan sejarah pembentukan, namun lama kelamaan dipersoalkan atau menimbulkan banyak pertanyaan.

“Sama, semua institusi itu semakin turun ke generasi ke generasi berikutnya. Terkadang nilai-nilai dasar perjuangan yang semakin tergerus. Oleh sebab itu perlu kontemplasi melalui HUT ini untuk menyegarkan kembali tujuan kita di dalam melaksanakan tugas-tugas institusi ini,” tutur Mahfud MD.

Dalam kesempatan itu, Mahfud mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras seluruh pegawai Kementerian PAN dan RB hingga saat ini. Dengan tantangan kondisi pandemi Covid-19 tetap mampu melaksanakan setiap tugas dan fungsi dengan baik.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gempa Susulan di Cianjur Sudah Terjadi 359 Kali

Gempa susulan di Cianjur, Jawa Barat hingga saat ini sudah terjadi sebanyak 359 kali. Gempa susulan jadi kendalan tim Basarnas cari korban gempa Cianjur.

NEWS | 1 Desember 2022

Uang Ganti Rugi Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur hingga Rp 50 Juta

Bupati Cianjur Herman Suherman mengungkapkan, masyarakat yang rumahnya rusak akibat gempa Cianjur dapat uang ganti rugi hingga Rp 50 juta,

NEWS | 1 Desember 2022

Baleg DPR Tunggu Pemerintah Serahkan Rancangan Revisi UU IKN

Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN) Guspardi Gaus mengatakan pihaknya saat ini masih menunggu rancangan revisi UU IKN.

NEWS | 1 Desember 2022

Petugas Temukan Narkoba di Gorong-gorong Rutan Depok

Petugas menemukan narkoba jenis sabu dua paket seberat 1,36 gram dan satu paket ganja seberat 18 gram yang disembunyikan di dalam minuman teh kemasan.

NEWS | 1 Desember 2022

MK Dimminta Sediakan Waktu Lebih untuk Periksa Sengketa Hasil Pemilu

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengimbau Mahkamah Konstitusi (MK) menyediakan waktu lebih lama dalam memeriksa sengketa hasil pemilu.

NEWS | 1 Desember 2022

Donasi Gempa Cianjur Terkumpul Rp 8 Miliar, Bupati Herman Janji Transparan

Bupati Cianjur akan menggandeng Kajari setempat untuk penyalurannya sehingga benar-benar dimanfaatkan untuk warga terdampak gempa Cianjur.

NEWS | 1 Desember 2022

KLHK Serahkan Anugerah Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional 2022

KLHK atau Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kembali memberikan penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional tahun 2022.

NEWS | 1 Desember 2022

Kebakaran Usaha Laundry di Tangerang, 3 Meninggal Dunia

Tiga orang meninggal dunia akibat kebakaran tempat usaha laundry di Perumahan Taman Cikande, RW02 RT09 Desa Cikande, Kabupaten Tangerang.

NEWS | 1 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Total Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur 24.107 Unit

Total rumah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat hingga hari ini, Kamis (1/12/2022) sebanyak 24.107 unit.

NEWS | 1 Desember 2022

Pemuda Katolik Siap Berkolaborasi dengan Bawaslu Awasi Pemilu 2024

PP Pemuda Katolik menyatakan kesiapan mereka untuk berkolaborasi dengan Bawaslu dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024. 

NEWS | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Airlangga: Kebutuhan Baja di 2045 Capai 100 Juta Ton

Airlangga: Kebutuhan Baja di 2045 Capai 100 Juta Ton

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE