Logo BeritaSatu

MKD: Anggota DPR Fraksi Demokrat Inisial DK Bantah Lakukan Pencabulan

Rabu, 27 Juli 2022 | 17:10 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Alien Mus menyatakan pihaknya telah memeriksa Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat berinisial DK. DK dilaporkan telah melakukan tindak pidana pencabulan ke Bareskrim Polri. Hasil pemeriksaan sementara, kata Alien, DK membantah melakukan tindakan pencabulan tersebut.

“Selama ini hubungan (DK dengan korban) disebut baik-baik saja dan tidak pernah melakukan pelecehan. Hal ini kemudian didukung oleh saksi-saksi sesama pegawai DPRD yang secara sukarela memberikan keterangan secara tertulis terkait peristiwa tersebut,” ujar Alien dalam keterangannya, Rabu (27/7/2022).

Selain itu, menurut Alien, DK mengaku mengenal korban yang merupakan stafnya saat menjabat ketua DPRD Lamongan pada 2018. Namun, DK memastikan tidak melakukan pelecehan seksual.

“Dari keterangan yang diberikan oleh yang bersangkutan (DK), benar bahwa beliau mengenal korban sebagai stafnya ketika beliau menjabat sebagai Ketua DPRD Lamongan tahun 2018,” ujar Alien.

Lebih lanjut, Alien mengatakan pihaknya mengapresiasi korban yang sudah menyampaikan laporan resmi kepada MKD atasi dugaan pencabulan tersebut. Dia berharap korban memberikan bukti-bukti yang kuat untuk mendukung pelaporan tersebut.

“Bukti-bukti pendukung yang autentik, seperti visum dan lainnya sesuai dengan Pasal 6 Peraturan DPR Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tata Beracara Mahkamah Kehormatan Dewan,” tegas Alien.

Alien mengatakan pelaporan korban penting untuk memberikan keadilan serta menjaga muruah DPR. Keberadaan MKD bertujuan untuk menciptakan peradilan dan kebijaksanaan dalam segala tingkah laku dan tindak tanduk seluruh komponen individu yang berada dalam lingkup kerja DPR.

“Sebagai alat kelengkapan dewan yang memiliki tanggung jawab untuk menegakkan kode etik serta menjaga muruah dan keluhuran martabat DPR, kami akan menyambut baik pengaduan resmi dari pihak korban dan menjaga kepercayaan masyarakat untuk menangani kasus ini dengan transparan, akuntabel dan berkeadilan,” pungkas Alien.

Diketahui, berdasarkan dokumen laporan polisi yang beredar, anggota DPR inisial DK berstatus sebagai terlapor di Bareskrim Polri sejak 15 Juni 2022. DK dilaporkan terkait dugaan melanggar Pasal 289 KUHP. Dalam dokumen tersebut disebutkan dugaan pencabulan itu terjadi di Jakarta, Semarang, Jawa Tengah dan Lamongan, Jawa Timur.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ikuti China, Hong Kong Longgarkan Karantina dan Tes Covid-19

Pemerintah Hong Kong mengatakan pada Kamis (8/12/2022), bakal melonggarkan kebijakan Covid-19 dengan melonggarkan karantina dan tes cepat.

NEWS | 8 Desember 2022

DPR Pertanyakan Serapan Beras Bulog

Persediaan beras nasional mencapai 8.727.752 ton, stok ini cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun.

EKONOMI | 7 Desember 2022

BNPT Duga Pelaku Bom Polsek Astana Anyar Tak Bekerja Sendiri

BNPT menduga pelaku bom Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, tidak bekerja sendiri saat melancarkan aksi teror tersebut.

NEWS | 8 Desember 2022

Mantan Bawahan Ferdy Sambo Tak Tahu Soal Surat Penyelidikan Kasus Brigadir J

Mantan staf pribadi Ferdy Sambo, Novianto Rifai mengklaim tidak tahu-menahu mengenai surat perintah penyelidikan kasus dugaan pembunuhan berencana.

NEWS | 8 Desember 2022

Pemkab Cianjur Terjunkan Alat Berat Percepat Pembersihan Material Rumah

Pemkab Cianjur akan menerjunkan alat berat dan truk untuk mempercepat pembersihan material rumah warga yang ambruk akibat gempa Cianjur.

NEWS | 8 Desember 2022

Iran Hukum Gantung Pendemo Aksi Protes Mahsa Amini

Iran pada Kamis (8/12/2022) mengumumkan, telah mengeksekusi mati dengan hukum gantung pendemo aksi protes kematian Mahsa Amini.

NEWS | 8 Desember 2022

Kasus Suap di MA, KPK Tahan Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK menahan Hakim Agung Gazalba Saleh yang menjadi tersangka kasus dugaan suap terkait penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA). 

NEWS | 8 Desember 2022

Dilarang Dipakai di Pernikahan Kaesang, Batik Parang Simbol Strata Sosial

Batik motif parang dilarang dipakai di pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran. Ini penjelasan mengenai larangan tersebut.

NEWS | 8 Desember 2022

PBB Soroti UU KUHP yang Tak Sesuai Kebebasan Fundamental dan HAM

PBB menyoroti sejumlah bagian dari UU KUHP yang direvisi yang dinilai tidak sesuai dengan kebebasan fundamental dan hak asasi manusia (HAM).

NEWS | 8 Desember 2022

Kebakaran di Kemenkumham, Satu Pegawai Terluka

Satu pegawai Kemenkumham terluka akibat memecahkan kaca saat kebakaran melanda gudang lantai lima, Kamis pagi.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ikuti China, Hong Kong Longgarkan Karantina dan Tes Covid-19

Ikuti China, Hong Kong Longgarkan Karantina dan Tes Covid-19

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE