Logo BeritaSatu

Lufthansa Batalkan 1.000 Penerbangan Akibat Staf Mogok Kerja

Kamis, 28 Juli 2022 | 07:32 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Berlin, Beritasatu.com- Lebih dari 1.000 penerbangan maskapai Lufthansa dibatalkan Rabu (27/7/2022) akibat staf mogok kerja. Seperti dilaporkan AP, aksi pemogokan satu hari memengaruhi puluhan ribu penumpang dalam kekacauan perjalanan terbaru yang melanda Eropa.

“Sekitar 134.000 penumpang harus mengubah rencana perjalanan mereka atau membatalkannya sama sekali. Setidaknya 47 penerbangan koneksi dibatalkan Selasa,” lapor kantor berita Jerman dpa.

Hub utama Lufthansa di Frankfurt dan Munich paling terpengaruh, tetapi penerbangan juga dibatalkan di Duesseldorf, Hamburg, Berlin, Bremen, Hannover, Stuttgart, dan Cologne.

“Maskapai menyarankan penumpang yang terkena dampak untuk tidak pergi ke bandara karena sebagian besar konter layanan tidak memiliki staf. Terminal bandara luar biasa kosong pada dini hari, tetapi orang-orang mengantre di loket tiket kemudian mencoba mencari pengganti untuk penerbangan mereka yang dibatalkan,” lapor dpa.

Banyak penumpang yang terdampar tiba di Jerman dari luar negeri untuk mengetahui bahwa penerbangan lanjutan mereka dihentikan karena pemogokan.

Di bandara Frankfurt, 725 dari 1.160 penerbangan terjadwal dibatalkan pada hari itu, menurut juru bicara operator bandara Fraport. Penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai lain, yang biasanya didukung oleh staf darat Lufthansa, juga terpengaruh.

Penerbangan yang dioperasikan oleh perusahaan Grup Lufthansa seperti Swiss International Air Lines, Austrian Airlines, Brussels Airlines dan maskapai regional Italia Air Dolomiti juga dibatalkan. Selain itu, pesawat dari Kroasia Airlines, United Airlines, Air Canada, dan LOT Polandia tidak dapat lepas landas.

Serikat pekerja layanan Ver.di mengumumkan pemogokan Senin karena berusaha untuk meningkatkan tekanan pada Lufthansa dalam negosiasi gaji untuk sekitar 20.000 karyawan divisi logistik, teknis dan kargo maskapai.

“Lufthansa tidak membuat penawaran yang memadai dalam dua putaran pertama,” kata juru bicara serikat pekerja, Dennis Dacke, Rabu.

Ver.di menyerukan kenaikan gaji 9,5% tahun 2022 dan menyatakan tawaran oleh Lufthansa awal bulan ini jauh dari tuntutannya.

“Sudah waktunya bagi karyawan untuk mengungkapkan pendapat mereka sekarang sebelum negosiasi putaran ketiga. Ini adalah ‘pemogokan peringatan,’ dan efeknya terlihat. Kami berharap Lufthansa tidak akan memprovokasi yang lain di masa depan,” kata Dacke.

Juru bicara Lufthansa Martin Leutke mengkritik pemogokan itu sebagai tindakan berbahaya.

“Orang-orang yang ingin bepergian, yang merencanakan liburan untuk waktu yang lama, yang menunggu liburan, sayangnya mimpi liburan ini ditunda ... bahkan mungkin dihancurkan oleh pemogokan. Serangan ini sama sekali tidak perlu. Itu juga benar-benar dilebih-lebihkan,” kata Leutke kepada wartawan di Frankfurt.

Bandara di Jerman dan di seluruh Eropa sudah mengalami gangguan dan antrean panjang untuk pemeriksaan keamanan karena kekurangan staf dan melonjaknya permintaan perjalanan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anggota DPR Hillary Lasut Laporkan Komika Mamat Alkatiri

Polda Metro Jaya telah menerima laporan yang dibuat anggota DPR Fraksi Nasdem, Hillary Brigitta Lasut, Hillary Lasut melaporkan komika Mamat Alkatiri.

NEWS | 4 Oktober 2022

Prakiraan Cuaca, Ada 25 Titik Genangan di DKI Jakarta

Prakiraan cuaca di Ibu Kota DKI Jakarta pada hari ini bakal turun hujan di lima wilayah kota madya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Dibanting Rizky Billar, Leher Lesti Kejora Alami Pergeseran

Lesti kejora mengalami pergeseran pada lehernya akibat ulah Rizky Billar yang mencekik dan membantingnya. Lesti pun memakai gips di lehernya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Army Indonesia Galang Dana untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Dana yang telah dikumpulkan Army Indonesia untuk korban tragedi Kanjuruhan telah mencapai lebih dari Rp 400 juta.

NEWS | 4 Oktober 2022

Redam Inflasi, Pemda Diminta Pakai Anggaran Tak Terduga

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta pemerintah daerah (pemda) fokus menganggarkan penanganan dan pengendalian inflasi di daerah.

NEWS | 4 Oktober 2022

Catat, Mulai Hari Ini Transjakarta Berlakukan Tap In dan Tap Out

Transjakarta mulai memberlakukan kebijakan satu kartu untuk satu penumpang atau one passenger-one card, sehingga penumpang wajib melakukan tap in dan tap out.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Duga Lukas Enembe Naik Pesawat Pribadi dengan Layanan First Class

KPK mendalami dugaan Gubernur Papua Lukas Enembe menggunakan private jet atau pesawat pribadi dengan layanan first class.

NEWS | 4 Oktober 2022

AHY Hormati Kedaulatan Partai Nasdem Usung Anies Capres

AHY menegaskan pihaknya menghormati kedaulatan Partai Nasdem yang sudah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres).

NEWS | 4 Oktober 2022

Penjelasan KPK soal Pertemuan dengan BPK Terkait Formula E

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan sudah melakukan koordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait penelusuran kasus Formula E.

NEWS | 4 Oktober 2022

Bercanda Soal KDRT Lesti Kejora, Deddy Corbuzier Dikritik Netizen

Pada konten Somasi, Deddy Corbuzier bersama komedian Uus mengangkat kasus KDRT yang dialami penyanyi Lesti Kejora dengan bercanda.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polda: Lesti Kejora Terbaring Lemah dengan Leher Digips

Polda: Lesti Kejora Terbaring Lemah dengan Leher Digips

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings