Logo BeritaSatu

Mahasiswa UPH Kembangkan Aplikasi Pemesanan GOR

Kamis, 28 Juli 2022 | 09:23 WIB
Oleh : Heru Andriyanto / HA

Tangerang, Beritasatu.com – Jika Anda menyukai olahraga permainan seperti basket atau badminton, kemungkinan pernah menghadapi kisah seperti ini: ingin menyewa gedung olahraga (GOR) tetapi tidak tahu masih ada tempat atau tidak, dan setelah tiba di lokasi akhirnya diberitahu sudah fully booked.

Juga masalah klasik lainnya, seperti menyewa lapangan futsal 2 jam tetapi kena tariff 3 jam karena pemilik lapangan salah hitung atau karena tidak adanya transparansi dan ketegasan dalam penghitungan waktu sewa.

Sekelompok mahasiswa di Universitas Pelita Harapan (UPH), Tangerang, pernah mengalami masalah yang sama dan tergerak mencari solusi.

Kenapa orang yang ingin berolahraga akhirnya malah membuang waktu atau uang hanya untuk urusan sewa-menyewa gedung olahraga (GOR)?

Mereka kemudian mengembangkan aplikasi mobile yang memudahkan masyarakat untuk mencari tempat olahraga yang tersedia dan langsung melakukan pemesanan secara daring.

Aplikasi ini diberi nama Muju, kepanjangan dari “mulai aja dulu”, kata Sharon Vanessa Halim, mahasiswi School of Business UPH jurusan manajemen.

“Muju dimaksudkan sebagai solusi one-stop health yang mendukung gaya hidup sehat, menjadikannya sebagai aktivitas menyenangkan, dan bisa diakses semua orang,” kata Sharon kepada Beritasatu.com saat ditemui di kampusnya, Rabu (27/7/2022).

Mahasiswa UPH Kembangkan Aplikasi Pemesanan GOR
Sharon Vanessa Halim, mahasiswi School of Business Universitas Pelita Harapan, memberi penjelasan tentang aplikasi Muju di Karawaci, Tangerang, 27 Juli 2022.

“Ini berawal dari masalah yang pernah kami alami sendiri; sistem pemesanan tempat olahraga yang sering kacau, tidak efisien, dan rumit. Setelah kami teliti lebih mendalam, ternyata banyak orang pernah mengalami masalah yang sama,” imbuhnya.

Bersama tiga rekannya sesama angkatan 2020 -- Deven Sweeney, Liesky Darmawan, dan Casya Lie -- Sharon mulai merancang Muju di laboratorium inkubator ide-ide bisnis fakultas, yang disebut SparkLabs Incubation.

Mahasiswa UPH Kembangkan Aplikasi Pemesanan GOR
Aktivitas di SparkLabs Incubation, laboratorium pengembangan ide-ide bisnis di School of Business Universitas Pelita Harapan (UPH) di Karawaci, Tangerang, 27 Juli 2022.

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mencari lapangan olahraga yang tersedia pada hari dan jam yang diinginkan, tarifnya, dan segera melakukan pemesanan dan pembayaran jika sesuai.

“Untuk sistem pembayaran kami menggunakan Xendit, platform pembayaran digital yang terkemuka di Asia Tenggara,” jelas Sharon.

Sharon dan timnya belum mematok target kapan aplikasi ini akan resmi diluncurkan dan berapa perkiraan jumlah pengguna di awal peluncurannya nanti.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penegakan HAM di Indonesia Dinilai Belum Sepenuhnya Optimal

Pengamat hukum dari UKI, Nelson Simanjuntak menilai penegakan hak asasi manusia (HAM) di Indonesia belum sepenuhnya optimal. 

NEWS | 10 Desember 2022

Sah Jadi Suami Erina Gudono, Kaesang: Alhamdulillah

Kaesang Pangarep telah resmi menjadi suami dari Erina Sofia Gudono setelah melafalkan ijab kabul. Kaesang mengucapkan alhamdulillah.

NEWS | 10 Desember 2022

Kronologi Kasus Brigadir J Versi Ferdy Sambo, dari Magelang hingga Duren Tiga

Saat bersaksi di sidang, Ferdy Sambo menceritakan kronologi kasus Brigadir J berdasarkan versinya mulai dari peristiwa Magelang hingga Duren Tiga. 

NEWS | 10 Desember 2022

Muhadjir Effendy Serahkan Kaesang untuk Dinikahkan dengan Erina

Menko PMK Muhadjir Effendy menyerahkan Kaesang Pangarep untuk dinikahkan dengan Erina Gundono di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, Sleman.

NEWS | 10 Desember 2022

Konferensi MIH UKI Soroti Perlindungan Hak Asasi Digital

"Ketika menyebut hak asasi manusia, perlindungan hak asasi digital sangat penting untuk kebebasan berpendapat,” kata Romina.

NEWS | 10 Desember 2022

Sah, Kaesang dan Erina Resmi Jadi Suami Istri

Sah, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono resmi jadi suami istri. Kaesang-Erina menjalani akad nikah di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo.

NEWS | 10 Desember 2022

Vladimir Putin Buka Peluang Akhiri Perang di Ukraina

Presiden Rusia, Vladimir Putin membuka peluang untuk secepatnya menyelesaikan perang berkepanjangan di Ukraina.

NEWS | 10 Desember 2022

Ini Daftar Tamu Istimewa yang Hadir di Akad Nikah Kaesang-Erina

Sejumlah tamu istimewa menghadiri akad nikah Kaesang-Erina di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo.

NEWS | 10 Desember 2022

Anak 8 Tahun Meninggal Tertimbun Longsor di Purwakarta

Seorang anak berusia 8 tahun meninggal dunia tertimbun longsor di Purwakarta, tepatnya di Kampung Cinangsi, Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur.

NEWS | 10 Desember 2022

Sepeda Lipat hingga Gitar, KPK Lelang Barang-barang Gratifikasi

Hakordia 2022, KPK bersama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) mengadakan lelang barang eks gratifikasi, Jumat (9/12/2022).

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gemas, Jan Ethes dan Sedah Mirah Antar Cincin Pernikahan Kaesang dan Erina

Gemas, Jan Ethes dan Sedah Mirah Antar Cincin Pernikahan Kaesang dan Erina

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE