Logo BeritaSatu

Bertemu di Seoul, Presiden Korsel Puji Upaya Jokowi

Kamis, 28 Juli 2022 | 20:36 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / YUD

Seoul, Beritasatu.com - Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol memuji berbagai upaya yang dilakukan Jokowi dalam menyelesaikan masalah dunia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, di Kantor Kepresidenan Yongsan, Seoul, Kamis (28/7/2022). Kedatangan Presiden Jokowi di Yongsan disambut langsung oleh Presiden Yoon.

Kedua pemimpin langsung menuju lantai 2 Kantor Kepresidenan Yongsan dan setelahnya Presiden Yoon mempersilakan Presiden Jokowi untuk mengisi buku tamu. Setelahnya, Presiden Yoon memperkenalkan delegasi Korea Selatan yang hadir dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Presiden Jokowi dan Presiden Yoon kemudian melakukan pertemuan terbatas di ruang terpisah sebelum keduanya memimpin pertemuan bilateral antara dua delegasi masing-masing negara.

“Presiden Yoon menyampaikan apresiasi terhadap kepempimpinan Presiden Jokowi dalam mencoba menyelesaikan masalah dunia,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi usai pertemuan terbatas tersebut.

Sementara itu, dalam sambutan pengantarnya saat pertemuan bilateral, Presiden Yoon mengatakan kunjungan Presiden Jokowi menunjukkan pentingnya hubungan Korea Selatan dan Indonesia, sejak dimulai hubungan diplomatik kedua negara pada tahun 1973.

“Kunjungan Bapak Presiden menunjukkan pentingnya hubungan Korea (Selatan) dengan Indonesia. Sejak hubungan diplomatik kedua negara pada tahun 1973 atau 50 tahun terakhir ini banyak kemajuan ekonomi, perdagangan, budaya, people to people contact, diplomasi dan pertahanan,” kata Presiden Yoon.

Presiden Yoon menambahkan, Indonesia merupakan negara satu-satunya di Asia Tenggara yang memiliki kemitraan khusus dengan Korea Selatan. Selain itu, Presiden Yoon juga mengapresiasi kepemimpinan Indonesia dalam G20.

Sementara itu, saat menyampaikan pengantarnya, Presiden Jokowi menyampaikan selamat atas terpilihnya Presiden Yoon sebagai Presiden Korea Selatan, Presiden Jokowi meyakini di bawah kepemimpinan Presiden Yoon, kerja sama bilateral Indonesia dan Korea Selatan akan semakin kuat.

“Hubungan Indonesia-Republik Korea selama ini sudah sangat kokoh yang didasarkan pada Kemitraan Strategis Khusus, namun ruang untuk terus meningkatkan kerja sama masih sangat lebar, kunjungan saya kali ini akan saya gunakan untuk memperkokoh kerja sama terutama di bidang ekonomi,” kata Presiden Jokowi.

Setelah pertemuan bilateral selesai, Presiden Jokowi dan Presiden Yoon kemudian menuju ruangan terpisah untuk menyaksikan penandatanganan kerja sama. Adapun kerja sama yang ditandatangani terdiri atas:

1. Nota Kerja Sama antara Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI dengan Kementerian Perdagangan, Perindustrian dan Energi Republik Korea untuk Meningkatkan Investasi Hijau Berkelanjutan.

2. Protokol Perubahan Memorandum Saling Pengertian antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI dengan Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Republik Korea tentang Kerja Sama Teknis Pemindahan dan Pembangunan Ibu Kota Negara.

3. Memorandum Saling Pengertian antara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Korea tentang Kerja Sama Maritim.

Mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam pertemuan tersebut yaitu Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wamendagri Tegaskan Peran MRP Perjuangkan Kepentingan Orang Asli Papua

Wamendagri, John Wempi Wetipo membeberkan peran strategis MRP dalam memperjuangkan kepentingan orang asli Papua. 

NEWS | 30 September 2022

Stunting Bisa Berpengaruh pada Penurunan Kecerdasan Anak

Stunting harus mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius karena bisa berdampak ke penurunan kecerdasan anak.

NEWS | 30 September 2022

PDIP Sebut Bakal Ada Kejutan dalam Safari Politik Puan ke Airlangga Hartarto

Politikus PDIP Bambang Wuryanto menyatakan bakal ada kejutan baru dalam safari politik Ketua DPR Puan Maharani ke Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

NEWS | 30 September 2022

2026, Tirta Pakuan Bogor Targetkan Pelanggan Capai 220.000

Tirta Pakuan Bogor menargetkan pelanggan dapat bertambah menjadi 220.000 pada 2026. Saat ini, Tirta Pakuan mempunyai 172.552 pelanggan.

NEWS | 30 September 2022

Habiskan Ratusan Juta, Perda Kota Religius Depok Ditolak Kemendagri

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengaku kecewa dengan keputusan Kemendagri menolak Perda Kota Religius Depok yang sudah menghabiskan ratusan juta rupiah.

NEWS | 30 September 2022

Ini 9 Flyover di Jateng yang Diinisiasi Gubernur Ganjar

Flyover Ganefo adalah salah satu dari sembilan flyover yang dibangun selama masa kepemimpinan Ganjar.

NEWS | 30 September 2022

Pj Gubernur 3 Provinsi Baru di Papua Bakal Dilantik Akhir Oktober

Kemendagri menargetkan pelantikan penjabat gubernur atau Pj gubernur di tiga provinsi DOB Papua bakal digelar pada akhir Oktober ini. 

NEWS | 30 September 2022

Importir Kedelai AS akan Dapat Sertifikat SSAP dan Bisa Dialihkan ke Konsumen

Pengimpor kedelai AS akan menerima sertifikat SSAP termasuk di Indonesia dan dapat mengalihkannya kepada pihak konsumen hingga empat kali.

NEWS | 30 September 2022

BNPT: Generasi Z dan Milenial Rentan Terpapar Radikalisme

BNPT menyebut bahwa para pemuda generasi Z dan milenial di Tanah Air hingga kini masih rentan terpapar paham radikal.

NEWS | 30 September 2022

Komnas HAM Jelaskan Konteks Pertemuan dengan Lukas Enembe Usai Dicecar DPR

Komnas HAM menjelaskan konteks pertemuan dengan Gubernur Papua Lukas Enembe yang kini menjadi tersangka KPK. 

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Wamendagri Tegaskan Peran MRP Perjuangkan Kepentingan Orang Asli Papua

Wamendagri Tegaskan Peran MRP Perjuangkan Kepentingan Orang Asli Papua

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings