Logo BeritaSatu

Boris Johnson Mengincar Posisi Penting di NATO

Jumat, 29 Juli 2022 | 11:03 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

London, Beritasatu.com- Boris Johnson yang akan mengakhiri jabatan sebagai perdana menteri Inggris tengah mengincar posisi di NATO. Seperti dilaporkan The Telegraph, Rabu (27/7/2022), Johnson dapat menggantikan Jens Stoltenberg sebagai sekretaris jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO pada tahun 2023.

Anggota senior Partai Konservatif juga mendukung prospek keluarnya Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menjadi sekretaris jenderal NATO berikutnya.

“Kepala blok militer pimpinan AS saat ini Jens Stoltenberg secara luas diperkirakan akan mundur pada September tahun depan, membiarkan posisi pertahanan profil tinggi terbuka,” kata surat kabar itu.

The Telegraph menyebut periode ini akan memberi Johnson waktu untuk mengisi ulang baterainya setelah tiga tahun menjabat sebagai perdana menteri Inggris.

Boris Johnson mengumumkan pengunduran dirinya awal bulan ini setelah beberapa skandal profil tinggi dan gelombang pengunduran diri di antara menteri kabinetnya. Pria berusia 58 tahun itu akan tetap menjabat sampai 6 September.

Sekretaris jenderal NATO ditunjuk dengan suara bulat oleh semua anggota NATO. Menurut The Telegraph, Johnson memiliki peluang bagus untuk mendapatkan pekerjaan itu karena ia “memenangkan kredit internasional karena membantu membangun koalisi internasional melawan Vladimir Putin dari Rusia” setelah pecahnya konflik di Ukraina.

Inggris telah menjadi salah satu pendukung terkuat Kyiv. Inggris juga memasok Ukraina dengan senjata, melatih pasukannya, dan mengadvokasi solusi militer untuk krisis. Pada saat yang sama, Inggris memberlakukan sanksi besar-besaran terhadap invasi Rusia.

“Amerika Serikat (AS) juga lebih memilih kandidat Inggris untuk sekretaris jenderal karena ketidakpercayaannya terhadap tokoh-tokoh Uni Eropa yang mengambil pekerjaan itu mengingat saran berulang kali tentang rencana untuk tentara Uni Eropa yang baru," kata surat kabar itu.

“Setiap orang Inggris terkemuka akan menjadi pilihan yang bagus [untuk memimpin NATO]. Jika memang itu yang ingin dilakukan dan dilakukan Boris Johnson, tentu saja saya akan mendukungnya,” komentar Richard Drax, anggota senior Konservatif dari Komite Pilihan Pertahanan.

Anggota komite lainnya, Mark Francois, bersikeras orang mungkin akan berdebat tentang warisan Boris Johnson selama bertahun-tahun. Satu hal yang jelas tidak dapat dibantah adalah dukungannya yang benar-benar gigih untuk Ukraina dalam menghadapi kebiadaban Rusia.

“Jika dia melamar menjadi sekretaris jenderal NATO, saya curiga dia bisa mengandalkan Presiden [Ukraina] Zelensky untuk referensi,” tambahnya.

Mantan menteri Brexit David Jones juga menunjukkan bahwa “Borislah yang pergi ke Swedia dan Finlandia dan mendesak para pemimpin kedua negara untuk mengajukan permohonan keanggotaan NATO, yang tentu saja mereka lakukan.”

Namun, tidak semua anggota konservatif mendukung Johnson. Mantan kepala Angkatan Darat Inggris Lord Dannatt menilai Johnson tidak layak untuk peran di NATO karena "kapasitas pribadinya, kurangnya integritas, kurangnya kepercayaan."

“Terus terang, kami tidak ingin mengekspos Boris Johnson di panggung internasional untuk lebih banyak ejekan. Dia memalukan bangsa," katanya.

Seorang pejabat senior Kementerian Pertahanan, yang berbicara kepada The Telegraph dengan syarat anonim, juga menyarankan bahwa Prancis kemungkinan akan memveto setiap kandidat Inggris yang coba melamar menjadi sekretaris jenderal NATO.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Usut Tragedi Kanjuruhan, Polri Fokus Identifikasi Korban

Pihak Polri saat ini fokus untuk mengusut dan melakukan identifikasi korban terkait tragedi Kanjuruhan, Malang.

NEWS | 2 Oktober 2022

153 Korban Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan, Cak Imin: Hentikan Kebodohan Kita

Cak Imin meminta hentikan semuanya kebodohan kita, terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang yang menewaskan 153 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragis! Semangat Panitia Berujung pada Tragedi Kanjuruhan

Mahfud menuturkan pihak panitia sangat bersemangat, sehingga mengabaikan usulan pihak aparat, akibatnya terjadi tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Studi Baru Temukan Danau Terkubur di Kutub Selatan Planet Mars

Sebuah studi baru memperlihatkan, kemungkinan adanya sebuah danau terkubur di bawah es di kutub selatan Planet Mars.

NEWS | 2 Oktober 2022

Komnas HAM: Korban Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan 153 Orang

Komnas HAM mengungkapkan, berdasarkan informasi yang diperoleh hingga Minggu  pagi ini, korban tewas dalam tragedi Kanjuruhan mencapai 153 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Penyelenggara Dapat Dipidanakan

Tragedi Kanjuruhan, pihak penyelenggara bisa dipidanakan karena kelalaian menyebabkan tewasnya pihak lain.

NEWS | 2 Oktober 2022

Gaji dan Tunjangan Makan PMI di Hong Kong Resmi Naik

Per 1 Oktober 2022 resmi gaji minimum dan uang tunjangan PMI yang bekerja di Hong Kong mengalami kenaikan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Polri Turunkan Tim DVI ke Malang

Mabes Polri menurunkan Tim DVI ke Malang untuk mengusut tragedi di Stadion Kanjuruhan yang menewaskan 127 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Mahfud MD Ungkap Panitia Abaikan Usulan Aparat

Mahfud MD mengungkapkan adanya faktor ulah panitia dalam Tragedi Kanjuruhan usai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Sedia Payung, Cuaca Jakarta Bakal Hujan dari Pagi hingga Malam

Cuaca Jakarta pada hari ini Minggu (2/10/2022) akan diwarnai hujan yang turun hujan ringan hingga sedang seharian.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Berawal dari Konser Musik, Rivalitas Arema dan Persebaya Memanas di Stadion

Berawal dari Konser Musik, Rivalitas Arema dan Persebaya Memanas di Stadion

BOLA | 28 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings