Logo BeritaSatu

Hanya Jerat Penerima Suap di Kasus IUP, Ini Dalih KPK

Jumat, 29 Juli 2022 | 09:18 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / WM

Jakarta, Beritasatu.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penahanan terhadap mantan Bupati Tanah Bumbu, Mardani Maming yang menjadi tersangka dugaan suap dan gratifikasi terkait izin usaha pertambangan (IUP) di daerahnya. Terungkap, dalam kasus ini KPK hanya menjerat penerima suap yakni Maming, tanpa menyeret pemberi suap.

“Kenapa yang dijadikan tersangka hanya yang menerima suap, pemberinya kenapa enggak ditetapkan tersangka? Dalam paparan ekspose itu ternyata pemberinya Henri Soetio itu sudah meninggal,” ungkap Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata saat konferensi pers, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (29/7/2022).

Advertisement

Diungkapkan Alex, sapaan akrabnya, kasus kali ini merupakan hasil pengembangan berdasarkan sejumlah fakta yang terungkap saat persidangan kasus IUP di Tanah Bumbu dengan terdakwa mantan Kepala Dinas ESDM Tanah Bumbu, Raden Dwidjono Putrohadi Sutopo. Temuan fakta tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh KPK.

Alex menegaskan, proses penyidikan terkait kasus tersebut tergantung pada alat bukti yang ada. Dalam kasus ini, kebetulan alat bukti cepat diperoleh pihaknya, mengingat KPK menemukan adanya aliran uang yang diduga terkait dengan perkara melalui transfer serta pengakuan sejumlah saksi.

“Perkara ini sebetulnya ada irisan dengan perkara yang ditangani oleh Kejaksaan Agung menyangkut Kepala Dinas Pertambangan dan Energi,” tutur Alex.

Diketahui, KPK melakukan penahanan terhadap Maming yang sudah menjadi tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait izin usaha pertambangan (IUP) di Tanah Bumbu. Suap diduga diberikan oleh Henry Soetio dari PT Prolindo Cipta Nusantara (PCN) dalam rentang waktu 2014 sampai 2020 yang dialirkan ke orang kepercayaan atau perusahaan Maming.

Atas perbuatannya, Maming disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 UU 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU 20/2001 tentang Perubahan Atas UU 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bareskrim Telusuri Dua Kasus Baru Gagal Ginjal Akut Anak di Jakarta

Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri akan menelusuri dua kasus baru gagal ginjal akut anak.

NEWS | 6 Februari 2023

Ini Awal Kasus Ferdy Sambo Terungkap ke Publik

Polri menyatakan Brigadir J tewas dalam insiden tembak-menembak dengan sesama polisi pada 8 Juli 2022. Belakangan diketahui Ferdy Sambo yang merencanakannya.

NEWS | 6 Februari 2023

Top 5 News: Ibu Muda Lecehkan Belasan Anak hingga Kasus Polisi Peras Polisi

Kasus ibu muda yang melakukan pelecehan kepada belasan anak di Jambi dan juga kasus Bripka Madih, anggota Provost Polsek Jatinegara mendapat banyak perhatian.

NEWS | 6 Februari 2023

BMKG Prakirakan Jakarta Senin Siang Cerah Berawan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu cerah berawan pada Senin (6/2/2023) siang.

NEWS | 6 Februari 2023

Pelajar Kecelakaan Pakai Mobil Dinas DPRD Jambi Mengaku Panik Dikejar Warga

SA, pelajar yang memakai kendaraan dinas ibunya yang merupakan Kasubag Aset dan Rumah Tangga DPRD Provinsi Jambi mengaku panik dikejar oleh warga.

NEWS | 6 Februari 2023

Ternak Kelinci Tawarkan Potensi Cuan Puluhan Juta Rupiah

Ternak kelinci menjadi usaha sampingan yang menguntungkan bagi Sudaryanto, warga desa Kolam Kanan, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

NEWS | 6 Februari 2023

Sandiaga Optimistis Target Transaksi Travex 2023 Tercapai

Sandiaga mengatakan, antusiasme seller dan buyer cukup tinggi, mengingat produk pariwisata dan ekonomi kreatif terbaik hadir dalam pameran Travex 2023.

NEWS | 6 Februari 2023

TSI Perkenalkan Solo Safari di ASEAN Tourism Forum 2023

Taman Safari Indonesia (TSI) turut memperkenalkan proyek terbarunya, Solo Safari di perhelatan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023, Jogja Expo Center, Yogyakarta.

NEWS | 6 Februari 2023

Kasus Wowon, Polisi Cari Bukti ke Mesir

Penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya berencana mencari bukti baru kasus pembunuhan berantai oleh Wowon dan kawan-kawan ke Mesir.

NEWS | 5 Februari 2023

Taruna Merah Putih Gelar Cap Go Meh untuk Rekatkan Persatuan

Taruna Merah Putih Provinsi DKI Jakarta menggelar Festival Cap Go Meh Nusantara untuk rekatkan persatuan.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Blibli Bayar Utang ke BCA dan BPTN Rp 5,5 T dari Dana IPO

Blibli Bayar Utang ke BCA dan BPTN Rp 5,5 T dari Dana IPO

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE