Logo BeritaSatu

Dirjen Hubdat Tinjau Kesiapan Operasional Pelabuhan di Bali

Jumat, 29 Juli 2022 | 18:54 WIB
Oleh : JNS

Klungkung, Beritasatu.com - Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Hendro Sugiatno melakukan peninjauan operasional ke dua pelabuhan penyeberangan di Bali yaitu Pelabuhan Penyeberangan Bias Munjul dan Pelabuhan Penyeberangan Sampalan Nusa Penida pada Kamis (28/7/2022).

Saat ini progres Pelabuhan Penyeberangan Bias Munjul dalam realisasi pembangunannya telah mencapai 84%. Selanjutnya, Dirjen Hubdat dan rombongan mengunjungi Pelabuhan Penyeberangan Sampalan di Nusa Penida. Dalam kunjungannya tersebut, Hendro berharap dengan kehadiran pelabuhan dan dermaga yang dibangun dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Saya juga datang ke Pelabuhan Sampalan dan didampingi Bupati Klungkung. Saya ingin memastikan pembangunan ini berjalan dengan baik. Saya kira pembangunan ini juga bagus dan luar biasa,” jelas Hendro dengan didampingi oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Dalam kunjungan itu, Dirjen Hubdat juga mengundang sejumlah pakar transportasi untuk dapat memberi masukan mengenai operasional dan kondisi fasilitas yang tersedia di kedua pelabuhan tersebut. Salah satu masukan yang terima berasal dari pengamat transportasi, Darmaningtyas.

“Soal fasilitas toilet, tadi disampaikan bahwa toilet harus ada yang jongkok dan duduk. Untuk layanan publik harus ada toilet jongkok dan duduk, fasilitas disabilitas, ruang laktasi. Untuk di tempat ramai bisa juga ada tempat bermain anak, tapi karena ini pelabuhan tidak perlu ada tapi kalau ada ya lebih baik lagi,” urai Darmaningtyas.

Sementara pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio menyampaikan bahwa, perlu ada SPBU Mobile atau tangki karena saat ini sudah tidak boleh pakai jeriken.

"Selain itu di lantai atas merupakan daerah komersial, perlu diperhatikan karena di sini pelabuhan sehingga orang tidak berlama-lama jadi kalau bisa jualannya tidak sama semua,” ujarnya.

Di sisi lain, pengamat lainnya yang turut dalam kegiatan tersebut, Azas Tigor Nainggolan menekankan pada uji coba seluruh fasilitas yang dibangun setidaknya 1 kali, agar fungsi keselamatan dan keamanan sudah terjamin dan layanan publik di lokasi tersebut aman. Ia juga berharap ke depannya lebih diperhatikan lagi terkait masalah pengolahan sampah.

Menanggapi masukan yang beragam tersebut, Hendro berharap agar seluruh pihak, khususnya masyarakat pengguna sama-sama berusaha menjaga kebersihan pelabuhan tersebut.

“Saya juga minta masyarakat menjaga kebersihannya pelabuhan dan dermaga. Punya fasilitas namun kalau tidak terjaga akan tidak bagus. Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat,” pungkas Hendro.

Dalam kunjungan ini, Dirjen Hubdat turut hadir yakni Staf Khusus Menhub Bidang SDM dan Kehumasan Adita Irawati, Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (TSDP) Junaidi, Direktur Lalu Lintas Jalan Cucu Mulyana, Direktur Angkutan Jalan Suharto, Direktur Sarana Transportasi Jalan Danto Restyawan, dan Tenaga Ahli Menhub Bidang Komunikasi Media Massa Thontowi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Soal Pemimpin Rambut Putih, Ini Seloroh Ganjar Pranowo

Menurut Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dirinya bukanlah yang dimaksudkan Jokowi soal sosok rambut putih sebagai kriteria pemimpin pada tahun 2024.

NEWS | 9 Desember 2022

Kasus Bupati Bangkalan, KPK Sita Uang Rp 1,5 Miliar

KPK telah menyita uang Rp 1,5 miliar terkait kasus dugaan suap Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron atau Ra Latif.

NEWS | 9 Desember 2022

Dorong BUMN Buka Lapangan Kerja, Publik Nilai Erick Thohir Menteri Terbaik

Tercatat, di kurun waktu tiga tahun terakhir BUMN telah menciptakan lapangan kerja bagi 45 juta orang.

NEWS | 9 Desember 2022

Polda Ungkap Sakit yang Diderita 1 Keluarga Tewas di Kalideres

Polda Metro Jaya berhasil mengungkap penyakit yang diderita satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat.

NEWS | 9 Desember 2022

Kasus Suap Hakim Agung, KPK Buka Peluang Seret Tersangka Baru

KPK membuka peluang untuk menetapkan tersangka baru dalam kasus dugaan suap terkait penanganan perkara di Mahkamah Agung

NEWS | 9 Desember 2022

Dugaan Korupsi, Bareskrim Tahan Mantan Dirut PT JIP

Mantan Dirut PT JIP, Ario Pramadhi dan mantan Vice President Finance PT. JIP, Christman Desanto ditahan Bareskrim terkait kasus korupsi.

NEWS | 9 Desember 2022

Ini Alasan Kasus 1 Keluarga Tewas di Kalideres Lama Terungkap

Polda Metro Jaya memberi alasan mengapa penyelidikan kasus satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, cukup lama terungkap.

NEWS | 9 Desember 2022

Kuncie Rilis Bootcamp Tech Quality Assurance, Cetak Talenta di Bidang Teknologi

Kedua program bootcamp Kuncie didedikasikan untuk menjawab tantangan dan kebutuhan industri terhadap talenta-talenta berkualitas di bidang teknologi.

NEWS | 9 Desember 2022

Satu Keluarga Tewas di Kalideres, Polisi Temukan Kandungan Obat Kanker pada Jenazah

Kasus satu keluarga tewas di Kalideres dihentikan. Polisi menemukan kandungan obat kanker pada salah satu jenazah.

NEWS | 9 Desember 2022

Tak Ada Unsur Pidana, Kasus 1 Keluarga Tewas di Kalideres Dihentikan

Tidak ada unsur tindak pidana, penyelidikan kasus satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, dihentikan oleh polisi.

NEWS | 9 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Soal Pemimpin Rambut Putih, Ini Seloroh Ganjar Pranowo

Soal Pemimpin Rambut Putih, Ini Seloroh Ganjar Pranowo

NEWS | 46 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE