Logo BeritaSatu

Warisan William Sabandar pada Pembangunan Transportasi Indonesia

Sabtu, 30 Juli 2022 | 11:25 WIB
Oleh : Frans Imung / AB

Jakarta, Beritasatu.com - Harimau mati meninggalkan belang, gajah mati mewariskan gading. Ungkapan ini kerap digunakan sebagai apresiasi atas kesan baik, bahkan warisan ikonik yang diberikan seseorang bagi orang banyak. Ungkapan ini juga pantas untuk menggambarkan warisan atau legacy yang ditinggalkan William Sabandar setelah enam tahun mendedikasikan diri di PT MRT Jakarta.

“Ada waktu untuk mulai, ada waktu untuk selesai. (Pada) 14 Oktober 2016, saya menerima mandat untuk memimpin MRT Jakarta, dan 22 Juli 2022, menjelang enam tahun kemudian, amanat itu saya tuntaskan. Secara formal saya tinggalkan organisasi ini, namun hati dan jiwa saya akan selalu melekat sebagai bagian dari MRT Jakarta,” ujar ayah tiga anak ini melalui catatan yang dibagikan kepada media.

Sebagai profesional, William memang telah pamit dari MRT Jakarta. Namun, apresiasi patut diberikan karena kontribusi besarnya. Fase 1 MRT rute Lebak Bulus-Hotel Indonesia (HI) tak terbantahkan menjadi legacy bagi peradaban baru dunia transportasi Indonesia. Tak hanya cerita sukses fase 1, William juga telah merumuskan arah pembangunan MRT Jakarta lewat penetapan strategi bisnis dan fase-fase lanjutan yang akan dikembangkan.

Warisan William Sabandar pada Pembangunan Transportasi Indonesia
Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ketiga kanan), Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa (kedua kanan), Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar (kanan), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji (kedua kiri) menghadiri peluncuran Tunnel Boring Machine (TBM) MRT Jakarta Fase 2A di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Kamis, 24 Februari 2022.

“Sebagai manusia tentu ada perasaan sedih meninggalkan sebuah organisasi yang cukup lama ikut saya besarkan. Ini bahkan merupakan jabatan terlama yang pernah saya emban dalam sepanjang karier pengabdian saya. Enam tahun berproses bersama MRT Jakarta dan berinteraksi dengan banyak stakeholder, telah meninggalkan banyak sekali jejak berharga dan kenangan yang indah,” kenang suami seorang dokter ini.

Tidak mudah membangun sebuah korporasi yang ditugaskan pemerintah membangun sebuah mahakarya sejarah bagi bangsa.

Lulusan teknik sipil jurusan transportasi Universitas Hasanuddin Makassar ini mengawali karier profesional sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Departemen Pekerjaan Umum pada 1991. Dedikasi dan profesionalisme mengantarnya meraih kesempatan menempuh pendidikan jenjang master of engineering science di bidang transportasi di University of New South Wales, Australia. Tak cukup dengan gelar master, William melanjutkan ke jenjang doktoral dan meraih gelar PhD di Department of Geography, University of Catenbury, New Zealand.

Ditunjang latar belakang pendidikan mumpuni, William kemudian dipercaya menangani proses rehabilitasi pasca-bencana Aceh dan Nias dan juga aktif di sejumlah lembaga internasional. Selesai melaksanakan tugas rehabilitasi Nias pada 2015, ia dipercaya menjadi staf ahli menteri ESDM merangkap ketua Satgas Nasional untuk Percepatan Pengembangan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

Latar belakang pendidikan dan pengalaman mumpuni kemudian mengantarnya menjadi orang nomor satu di PT MRT Jakarta pada Juli 2016 menggantikan Dono Bustami. Di tangannya, MRT Fase 1 diresmikan Presiden Joko Widodo pada Minggu, 24 Maret 2019. Sejarah baru transportasi Indonesia pun dimulai.

Warisan William Sabandar pada Pembangunan Transportasi Indonesia
Infografik MRT.

Baca selanjutnya
Arah BisnisTak cuma kisah sukses fase 1, William Sabandar juga telah ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Majalah Investor

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadiri Pemakaman, 11 Orang Tewas Akibat Longsor di Kamerun

Sebanyak 11 orang yang sedang menghadiri pemakaman dilaporkan tewas akibat tanah longsor di Ibu Kota Kamerun Yaonde.

NEWS | 28 November 2022

Arif Rachman Beberkan Sosok Kombes Ambil Baju Brigadir J di RS Polri

Arif Rachman Arifin membeberkan soal baju Brigadir J yang sempat diambil oleh Kepala Bagian Penegakan Hukum Provost Divpropam Polri, Kombes Susanto Haris.

NEWS | 28 November 2022

Rotasi Matra Dinilai Penting untuk Jabatan Panglima TNI

Susaningtyas NH Kertopati menekankan pentingnya rotasi antara matra di tubuh TNI untuk jabatan panglima.

NEWS | 28 November 2022

Panglima TNI Baru Harus memiliki Tiga Variabel Penting Ini

Susaningtyas NH Kertopati membeberkan tiga variabel penting yang harus dimiliki oleh Panglima TNI baru pengganti Jenderal TNI Andika Perkasa.

NEWS | 28 November 2022

Penumpang 2 Orang, Pesawat Tersangkut di Menara Jaringan Listrik

Sebuah pesawat tersangkut di menara jaringan listrik pada Minggu (27/11/2022) malam di Maryland, menyebabkan pemadaman listrik.

NEWS | 28 November 2022

Hari Ini, Gubernur Wajib Umumkan Kenaikan UMP

Pemerintah daerah wajib mengumumkan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) hari ini, Senin (28/11/2022)

NEWS | 28 November 2022

Tak Mau Pemborosan, Anwar Ibrahim Tolak Mercedes S600 untuk Mobil Dinas

PM Baru Malaysia Anwar Ibrahim menolak penggunaan Mercedes-Benz S600 untuk mobil dinasnya, karena tak mau ada pemborosan dana publik.

NEWS | 28 November 2022

Tolak RUU Kesehatan, Organisasi Profesi Kesehatan Gelar Aksi Bersama

Lima organisasi profesi terdiri dari IDI, PDGI, PPNI), IAI beserta organisasi kesehatan lainnya menggelar aksi damai bersama untuk menolak RUU Kesehatan

NEWS | 28 November 2022

Tolak RUU Kesehatan, PPNI Ingatkan DPR Tak Khianati Perjuangan Nakes

Ketua Umum Persatuan Persatuan Perawat Indonesia (PPNI) Harif Fadhilla menyampaikan orasi menolak RUU Kesehatan.

NEWS | 28 November 2022

Tiba di Ruang Sidang, Bharada E Disambut Para Pendukung

Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E disambut para pendukungnya saat tiba di ruang persidangan.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jadi Calon Panglima TNI, Ini Profil Yudo Margono

Jadi Calon Panglima TNI, Ini Profil Yudo Margono

NEWS | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE