Logo BeritaSatu

Kemenhub dan Polda Bali Bahas Persiapan Bus Listrik KTT G-20

Sabtu, 30 Juli 2022 | 14:21 WIB
Oleh : JNS

Denpasar, Beritasatu.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) bersama Polda Bali membahas persiapan kendaraan bus listrik jelang KTT G-20 di Bali.

Sebagaimana diketahui, KTT G-20 akan digelar pada 15-16 November 2022 di Bali. Agar penyelenggaraan KTT berjalan lancar, Dirjen Hubdat Hendro Sugiatno menggelar rapat koordinasi dengan Polda Bali di Denpasar, Jumat (29/7/2022). Kendaraan listrik yang akan dipakai melayani delegasi KTT G-20 menjadi salah satu topik pembahasan.

"Kami menyiapkan 30 bus listrik yang akan melayani 4 koridor untuk pelayanan bus listrik mulai dari bandara sampai ke Nusa Dua, dan ada beberapa lagi untuk mendukung pelaksanaan G-20,” jelas Hendro.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Angkutan Jalan Suharto menguraikan bahwa terkait ketersediaan angkutan bus yang akan digunakan dalam G-20 telah disediakan skenario khusus.

“Kemarin kami sudah skenariokan 30 armada bus listrik yang nantinya akan menjadi sarana mobilisasi. Memang ada sedikit kendala waktu tempuh, nanti kami akan diskusi teknisnya. Kami juga mohon masukan terhadap 4 koridor yang kami siapkan. Headwaynya sekitar 5-10 menit," ungkap Suharto.

"Sementara charging station di SPKLU sudah disediakan di beberapa lokasi. 1 armada bus listrik memakan waktu kurang lebih 4 jam untuk pengisian daya,” imbuhnya.

Rekayasa lalu lintas juga menjadi pembahasan dalam rapat koordinasi antara Ditjen Hubdat dengan Polda Bali terkait KTT G-20.

“Kita mau melihat bagaimana konsep kita dalam melaksanakan pengamanan dan rekayasa lalu lintas. Saya ingin mensinkronkan upaya kita menjalankan G-20 berkaitan dengan masalah transportasi dan rekayasa lalu lintas. Pada dasarnya kami sudah siap tinggal mengoordinasikan dan kami juga butuh koordinasi terkait pelaksanaan TFG (tactical floor game)," jelas Hendro.

Kapolda Bali, Irjen. Pol. Putu Jayan Danu Putra, menyatakan bahwa pihaknya juga akan menggelar operasi Puri Agung 2022 dan mengerahkan kurang lebih 6.744 personil.

“Tentunya ini di-back up juga oleh Mabes Polri. Obyek yang akan kita amankan keseluruhan ada 7 obyek pengamanan mulai dari bandara sepanjang rute yang akan kita lakukan pengamanan, kawasan Sawangan, kawasan GWK, Tahura Mangrove, dan Pulau Kura-kura. Ada 8 persimpangan di wilayah Bali yang perlu adanya rekayasa di sinilah kami membutuhkan bantuan dari Ditjen Hubdat bersama petugas lalu lintas kami menggelar personilnya di simpang tersebut,” ujar Kapolda Bali.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Lalu Lintas Jalan Cucu Mulyana menyatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi lebih lanjut karena berdasarkan survei, terdeteksi ada 10 simpang.

"Karena anggota delegasi ada yang menginap di hotel di daerah Sanur sehingga simpang tersebut akan kita tambah 2 simpang yang akan dilakukan rekayasa lalu lintas. Terkait ganjil genap akan dilakukan di 9 ruas jalan dan pembatasan angkutan jalan di 4 atau 5 ruas jalan,” ucap Cucu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Trauma, Korban Gempa Cianjur Mengungsi ke Majalengka

Sebanyak 17 korban gempa Cianjur mengungsi ke rumah saudaranya di Desa Sukasari, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Selasa (29/11/2022).

NEWS | 29 November 2022

Pemetaan demi Pembenahan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Guru SDN 1 Kuta Febri Nirmala menjadikan ruang kelas sebagai rumah kedua demi mendorong kemampuan belajar para siswanya.

NEWS | 29 November 2022

40 Tahun Tertidur, Gunung Berapi Terbesar di Dunia Meletus di Hawaii

Gunung berapi aktif terbesar di dunia Mauna Loa, meletus untuk pertama kalinya dalam 40 tahun, memuntahkan lahar dan abu panas pada Senin di Hawaii.

NEWS | 29 November 2022

Hina Pedangdut Dewi Perssik, Winarsih Jadi Tersangka

Winarsih ditetapkan sebagai tersangka karena menghina dan mencemarkan nama baik pedangdut Dewi Perssik.

NEWS | 29 November 2022

Sidang Brigadir J hingga Impor Beras Terpopuler di Beritasatu.com

Sidang perkara pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dan isu impor beras menjadi berita terpopuler di Beritasatu.com

NEWS | 29 November 2022

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Satelit Karya Anak Bangsa Diluncurkan Bareng Roket Elon Musk

Satelit Karya Anak Bangsa Diluncurkan Bareng Roket Elon Musk

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE