Logo BeritaSatu

Weibo Tiongkok Umbar Isu Kesiapan Tentara Tiongkok Berperang

Minggu, 31 Juli 2022 | 08:31 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beijing, Beritasatu.com- Weibo, media sosial Tiongkok, mengumbar isu kesiapan tentara Tiongkok untuk berperang. Seperti dilaporkan RT, Jumat (29/7/2022), pesan Weibo yang tidak menyenangkan dengan cepat mendapatkan daya tarik di tengah meningkatnya ketegangan dengan AS atas Taiwan.

Unggahan kelompok tentara Tiongkok tentang "bersiap untuk perang" menarik ratusan ribu persetujuan pada Jumat (29/7/2022) di jejaring sosial Weibo. Meskipun itu muncul ketika Beijing telah memperingatkan Washington terhadap provokasi atas Taiwan, postingan itu mungkin sama sekali tidak berbahaya.

Menurut outlet negara Global Times, pesan itu merujuk pada peringatan Tentara Pembebasan Rakyat yang akan datang dan kalimat dari pidato Presiden Xi Jinping.

Satu pesan yang hanya berisi dua karakter dalam bahasa Mandarin telah diposting pada Jumat di halaman Weibo Grup Tentara ke-80 PLA, yang bermarkas di Weifang, provinsi Shandong. Pesan dengan cepat menghasilkan lebih dari 300.000 reaksi positif dan hampir 20.000 komentar.

Ungkapan tersebut dapat diterjemahkan sebagai “bersiap untuk perang” atau “siap untuk berperang.” Namun Global Times mengatakan terjemahan yang benar adalah “Bersiap untuk perang!”

Xi sebelumnya mengatakan bahwa hanya mereka yang mampu berperang yang dapat menghentikan pertempuran dari awal, dan hanya mereka yang siap untuk perang yang tidak harus tersandung. Pesan itu digaungkan Global Times yang merupakan anak perusahaan berbahasa Inggris dari People's Daily, surat kabar resmi dari Partai Komunis Tiongkok yang berkuasa.

Kelompok Angkatan Darat ke-80 memberikan konteks tambahan dalam satu komentar, dengan mengatakan bahwa “kita harus mengingat tanggung jawab mendasar untuk mempersiapkan perang dan memimpin perjalanan pasukan yang kuat.”

Tanggal 1 Agustus akan menandai peringatan 95 tahun pendirian PLA, dan militer Tiongkok sibuk bersiap untuk merayakannya. Namun, postingan Weibo muncul hanya sehari setelah panggilan telepon antara Xi dan Presiden AS Joe Biden, di mana pemimpin Tiongkok mengirim pesan yang sangat tajam ke AS.

“Mereka yang bermain api akan binasa karenanya. Diharapkan AS akan melihat dengan jelas tentang ini, ”kata Xi kepada Biden, menurut isi pembicaraan telepon oleh Tiongkok.

“Beijing dengan tegas menentang separatisme Taiwan dalam bentuk apa pun,” tambah Xi.

Meskipun menegaskan kebijakan AS mengenai pulau itu tidak berubah, Biden tidak menyangkal rumor bahwa Ketua DPR Nancy Pelosi berniat mengunjungi Taiwan pada Agustus.

Pentagon dilaporkan telah mempersiapkan "rencana darurat" untuk mengirim kapal dan jet tempur tambahan ke wilayah tersebut, sementara Tiongkok telah mengancam AS dengan "konsekuensi yang tak tertahankan" jika kunjungan itu dilanjutkan. Beberapa pakar melangkah lebih jauh dengan menganjurkan Tiongkok untuk menyerang Taiwan dalam menanggapi "provokasi" semacam itu.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rusia Klaim Ratusan Tentara Asing Tewas di Ukraina

Rusia mengklaim ratusan tentara asing tewas di Ukraina. Moskwa mengumumkan tentara bayaran tersingkir dalam serangan rudal di pusat penyebaran.

NEWS | 25 September 2022

Satu dari Lima Pemuda Perkotaan Tiongkok Menganggur

Satu dari lima pemuda di Perkotaan Tiongkok dalam status menganggur. Tingkat pengangguran telah berulang kali mencapai level tertinggi baru tahun 2022.

NEWS | 25 September 2022

Biden Anugerahi Medali Kemanusiaan pada Elton John

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Jumat (23/9/2022) memberi Sir Elton John Medali Kemanusiaan Nasional.

NEWS | 25 September 2022

Temukan "Harta Karun Batavia", Ini yang Akan Dilakukan MRT

MRT Jakarta berusaha menyelamatkan dan memastikan agar cagar budaya tersebut tidak rusak dan bisa selamat.

NEWS | 25 September 2022

BBM Naik Bukan Hambatan Wisatawan, Jalur Puncak Tetap Macet

Pascakenaikan harga BBM naik, arus kendaraan di kawasan Jalur Puncak terpantau macet di beberapa titik.

NEWS | 25 September 2022

Bangkitkan Wisata, Perusahaan Ini Donasikan Cat untuk Pecinan Kembang Jepun

Wisata Pecinan Kembang Jepun merupakan representasi kembalinya budaya Arek yang lekat dengan nilai-nilai toleransi dan gotong royong yang kuat.

NEWS | 25 September 2022

Momen "Kalibata Fashion Week" ala Puan Maharani dan Cak Imin

Puan Maharani bersama Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sempat berjalan di zebra cross ala catwalk fashion week.

NEWS | 25 September 2022

Zelensky Klaim Ukraina Kehilangan 50 Tentara Per Hari

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pasukan Ukraina kehilangan 50 tentara per hari.

NEWS | 25 September 2022

Tawa Puan Ketika Johan Budi Sebut Dewan Kolonel Saat Ziarah

Puan Maharani tertawa terhadap celetukan Johan Budi soal Dewan Kolonel ketika ziarah bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

NEWS | 25 September 2022

Swedia Catat Tahun Kekerasan Senjata Paling Mematikan

Swedia mencatat tahun kekerasan senjata paling mematikan. Sejumlah 48 orang sejauh ini telah ditembak mati di Swedia pada tahun 2022.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ungkap Kesamaan PDIP dengan PKB, Puan: Partai Wong Cilik

Ungkap Kesamaan PDIP dengan PKB, Puan: Partai Wong Cilik

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings