Logo BeritaSatu

Hentikan Teror KKB di Papua

Minggu, 31 Juli 2022 | 11:37 WIB
Oleh : Nugie Tangkepayung, Yustinus Paat, Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Kelompok kriminal bersenjata (KKB) menembak belasan warga sipil di kampung Kampung Nagolait, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Sabtu (16/7/2022). Tercatat 11 warga meninggal dunia, termasuk tokoh agama.

Mereka yang tertembak dan meninggal, yakni Pdt Elias Serbaye (54), Yulius Watu, (23), Habertus Goti (41), Daenk Maramli (41), Taufan Amir (42), Johan (26), Alex (45), Yuda Hurusinga, Has Jon (41) dan Sirajudi (27). Sementara, seorang korban tewas lainnya bernama Roy Manampiring (42) ditemukan warga dua hari setelah kejadian atau pada Senin (18/7/2022) di tanjakan adu mama dua yang lokasinya tak jauh dari lokasi pembantaian di kampung Nagolait, Distrik Kenyam. Keesokan harinya, personel gabungan mencoba mengevakuasi korban. Namun, upaya tersebut tak berjalan mulus, karena personel gabungan sempat terlibat kontak senjata dengan KKB. Proses evakuasi baru bisa dilakukan setelah KKB melarikan diri.

“Jenazah kemudian kita evakuasi ke Rumah Sakit Nduga di Kenyam dan setelah diidentifikasi diketahui jenazah tersebut bernama Roy Manampiring (42), warga sipil yang berprofesi sebagai operator sensor, yang saat itu sedang membantu mengerjakan proyek pembangunan bandara baru di Distrik Kenyam,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Achmad Mustofa Kamal, belum lama ini.

Hentikan Teror KKB di Papua
Grafis Kelompok Kriminal Bersenjata Papua.

Dari hasil pemeriksaan terhadap beberapa warga setempat, diketahui saat pembantaian terjadi pada hari Sabtu (16/7/2022), korban tidak mengetahui bahwa KKB sedang melakukan aksinya di Kampung Nogolait.

“Berdasarkan keterangan warga, saat itu korban berjalan kaki dari camp-nya yang berada di area pembangunan bandara baru menuju ke Distrik Kenyam bersama dengan beberapa warga setempat. Namun saat tiba di daerah tanjakan adu mama dua mereka bertemu dengan KKB. Melihat ada KKB warga setempat yang saat itu bersama korban langsung kabur ke dalam hutan,” kata Kamal.

Pembantaian KKB pimpinan Egianus Kogoya di Nduga ini menambah panjang daftar korban pembantaian KKB. Sebelumnya, Polda Papua mencatat dalam kurun enam bulan atau dari Januari hingga Juni 2022, KKB di Papua makin beringas. Selama semester pertama 2022 dilaporkan sebanyak 44 kasus gangguan keamanan yang dilakukan KKB di Papua. Dari 44 kasus tersebut, 20 orang dilaporkan tewas, dan dari pihak KKB empat orang tewas.

“Selama semester pertama tahun 2022 ini gangguan KKB mengalami peningkatan sebanyak 10 kasus dibanding periode yang sama ditahun 2021,” ungkap Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri saat pemaparan kinerja Kepolisian Daerah Papua semester I tahun 2022 di Mapolda Papua, Kamis (30/6/2022).

Baca selanjutnya
Sebanyak 44 kasus gangguan KKB itu terdiri dari aksi penembakan, kontak ...


hal 1 dari 5 halaman

Halaman: 12345selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

DPR Pertanyakan Serapan Beras Bulog

Persediaan beras nasional mencapai 8.727.752 ton, stok ini cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun.

EKONOMI | 7 Desember 2022

BNPT Duga Pelaku Bom Polsek Astana Anyar Tak Bekerja Sendiri

BNPT menduga pelaku bom Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, tidak bekerja sendiri saat melancarkan aksi teror tersebut.

NEWS | 8 Desember 2022

Mantan Bawahan Ferdy Sambo Tak Tahu Soal Surat Penyelidikan Kasus Brigadir J

Mantan staf pribadi Ferdy Sambo, Novianto Rifai mengklaim tidak tahu-menahu mengenai surat perintah penyelidikan kasus dugaan pembunuhan berencana.

NEWS | 8 Desember 2022

Pemkab Cianjur Terjunkan Alat Berat Percepat Pembersihan Material Rumah

Pemkab Cianjur akan menerjunkan alat berat dan truk untuk mempercepat pembersihan material rumah warga yang ambruk akibat gempa Cianjur.

NEWS | 8 Desember 2022

Iran Hukum Gantung Pendemo Aksi Protes Mahsa Amini

Iran pada Kamis (8/12/2022) mengumumkan, telah mengeksekusi mati dengan hukum gantung pendemo aksi protes kematian Mahsa Amini.

NEWS | 8 Desember 2022

Kasus Suap di MA, KPK Tahan Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK menahan Hakim Agung Gazalba Saleh yang menjadi tersangka kasus dugaan suap terkait penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA). 

NEWS | 8 Desember 2022

Dilarang Dipakai di Pernikahan Kaesang, Batik Parang Simbol Strata Sosial

Batik motif parang dilarang dipakai di pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran. Ini penjelasan mengenai larangan tersebut.

NEWS | 8 Desember 2022

PBB Soroti UU KUHP yang Tak Sesuai Kebebasan Fundamental dan HAM

PBB menyoroti sejumlah bagian dari UU KUHP yang direvisi yang dinilai tidak sesuai dengan kebebasan fundamental dan hak asasi manusia (HAM).

NEWS | 8 Desember 2022

Kebakaran di Kemenkumham, Satu Pegawai Terluka

Satu pegawai Kemenkumham terluka akibat memecahkan kaca saat kebakaran melanda gudang lantai lima, Kamis pagi.

NEWS | 8 Desember 2022

Ibu Kota China Mulai Melonggarkan Kebijakan Keras Covid-19

Ibu Kota China Beijing pada Rabu (7/12/2022) mulai melonggarkan kebijakan keras Covid-19 mereka yang telah memukul sektor ekonomi dan memicu aksi protes.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menkes Ingatkan Masyarakat Pentingnya Menjaga Kualitas Udara

Menkes Ingatkan Masyarakat Pentingnya Menjaga Kualitas Udara

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE